Setahun Facelift, Simak Lagi Perbedaan Avanza Tipe E dan G

19/03/2020

Jual beli

3 menit

Setahun Facelift, Simak Lagi Perbedaan Avanza Tipe E dan G
Dalam waktu setahun setelah facelift, Toyota Avanza mempertahankan tempatnya sebagai jawara LMPV Tanah Air. Bagi Anda yang kesulitan membedakan kedua varian yang ditawarkan, berikut perbedaan Avanza Tipe E dan G yang ada di Indonesia.

Toyota Avanza masih tegap menjadi pemenang dalam segmen LMPV Tanah Air. Nama besar Toyota serta durabilitas yang terjaga hingga saat ini menjadi salah satu alasan konsumen Indonesia membeli mobil ini. Dengan facelift yang dilakukan Toyota tahun lalu, intip lagi perbedaan Avanza Tipe E dan G yang bisa Anda dapatkan

1. Eksterior

Berada pada segmen LMPV, kedua tipe memiliki tampang yang hampir mirip. Perbedaan mulai terlihat pada bagian atas grille, dimana Avanza tipe E menggunakan aksen silver sedangkan tipe G menawarkan tampilan yang lebih mewah dengan aksen chrome. Lekukan di samping grille juga menawarkan aksen chrome, meniru tampilan Toyota Alphard.

tampilan depan Toyota Avanza berwarna hitam 
Tampilan depan Toyota Avanza Tipe G dengan aksen chrome

Beralih ke bagian samping, Avanza Tipe E hanya menggunakan pelek kaleng, dimana Tpie G sudah dilengkapi pelek alloy dan dipercantik dengan hadirnya side body moulding. Anda juga sudah mendapatkan lampu sein pada spion samping yang sudah menggunakan pengaturan elektrik pada Avanza Tipe G.

Di belakang, shark fin antenna bisa ditemukan pada semua varian, namun hanya Avanza Tipe G yang sudah mendapatkan high mount stoplamp, rear spoiler, sensor parkir hingga reflektor. Sama seperti bagian depan, ada list chrome pada Avanza Tipe G. Untuk membedakan kedua tipe ini, ada logo ‘E’ dan ‘G’ yang membedakan kedua tipe ini.

2. Interior

Masuk ke bagian dalam, sekilas tak ada perbedaan Avanza Tipe E dan G. Tetapi tentu saja dengan rentang harga yang mencapai belasan juta rupiah, ada sebagian fitur dan tampilan yang dihilangkan. Contohnya saja Avanza Tipe G terdapat fitur spion elektrik pada dashboard sebelah kanan pengemudi.

dashboard Toyota Avanza berwarna hitam dan beige
Head unit 2DIN masih sama, tapi memiliki layar yang berbeda

Namun dari sisi tombol hingga pengaturan pada dashboard, keduanya masih berbagi warna beige dipadukan dengan material plastik. Namun pada setir, Tipe E terlihat polos tanpa tombol. Dimana Toyota akan memudahkan Anda mengatur sebagian fitur pada setir Avanza Tipe G. Konsol tengah Avanza G mendapatkan glovebox, namun Tipe E hanya memiliki tiga cupholder disamping rem tangan.

>>> Jadi Mobil Sejuta Umat, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Avanza

3. Fitur

Kesan mewah lebih diutamakan pada Tipe G, ketika Toyota menawarkan head unit dengan tampilan layar sentuh. Walaupun Tipe E juga sudah mendapatkan layar sentuh tanpa tombol-tombol yang menonjol, tapi tampilan dalamnya hanya bergaya monokrom dengan layar untuk radio dan pemutar audio. Tapi keduanya sudah mendapatkan pengaturan AC digital.

Namun jangan khawatir dengan fitur keselamatan yang diberikan. Karena Toyota masih mempertahankan semua fitur keselamatan yang diberikan pada kedua tipe. Mulai dari Dual SRS airbag, seatbelt tiga titik dengan pretensional serta force limiter, seatbelt warning bagi penumpang di depan, sistem pengereman ABS, hingga side impact beam.

>>Ini Perbedaan Toyota Avanza Transmover dengan Avanza Tipe Lain

4. Mesin

Toyota membagi mesin pada kedua tipe sama baiknya. Keduanya masih menggunakan mesin 1.3 L 4-silinder berkapasitas 1.329 cc yang sudah menggunakan teknologi Dual VVTi. Baik Tipe E maupun Tipe G akan menghasilkan tenaga 96.5 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 120 Nm pada 4.200 rpm. Kapasitas penyimpanan tercatat hingga 45 L.

Mesin Toyota Avanza berwarna hitam dan perak
Avanza 1.5 G mendapatkan mesin yang lebih bertenaga

Bagi Anda yang ingin mendapatkan tenaga lebih ketika berkendara, bisa membeli Toyota Avanza 1.5 G yang menawarkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm melalui mesin 2NR-VE 4-silinder segaris berteknlogi dual VVT-i. Namun varian tertinggi Avanza ini hanya dilengkapi dengan transmisi manual.

5. Harga

Dibandingkan ketika pertama kali mendapatkan perubahan Februari tahun lalu, harga Toyota Avanza Tipe E dan G telah mengalami perubahan. Bagi Anda yang tertarik membeli mobil ini, berikut harga masing-masing tipe Avanza.

Tipe

Harga

Toyota Avanza 1.3 E MT

IDR 198.150.000

Toyota Avanza 1.3 E AT

IDR 209.350.000

Toyota Avanza 1.3 G MT

IDR 216.000.000

Toyota Avanza 1.3 G AT

IDR 226.700.000

Toyota Avanza 1.5 G MT

IDR 228.300.000

Dilihat dari segi harga, perbedaan Grand New Avanza E dan G memang memiliki rentang harga yang cukup tinggi. Dimana perbedaan antara Avanza tipe 1.3 E MT dengan 1.3 G MT berkisar hampir Rp18 jutaan. Tentu saja, hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda yang ingin memilih kedua tipe berdasarkan fitur dan tampilan yang Anda inginkan.

Ketika dilihat dari eksterior luar hingga ke dalam kabin, ada beberapa perbedaan yang bisa Anda rasakan. Meskipun begitu, Bagian fitur pun tak mendapatkan perbedaan yang signifikan. Jika Anda tertarik membeli mobil baru maupun bekas Toyota Avanza, dapatkan daftar lengkapnya hanya di Cintamobil.com.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top