Sering Tertukar, Ketahui Perbedaan Muscle Car dan Pony Car

15/03/2019

Jual beli
Share this post:
Sering Tertukar, Ketahui Perbedaan Muscle Car dan Pony Car
Istilah muscle car dan pony car kerap tertukar dalam percakapan para penggemar otomotif roda empat. Biar makin paham, simak artikel berikut yang membahas perbedaan muscle dan pony car. Mulai dari fakta-fakta historis hingga hal teknis yang membedakannya.

Wujud mobil klasik Ford Mustang generasi pertama.

Wujud Ford Mustang generasi pertama yang lahir tahun 1964.

“Mobil impian saya itu muscle car, seperti Ford Mustang atau Chevrolet Camaro,” ucap seorang kawan CintaMobil.com ketika ia diminta menyebutkan mobil terbaik versi dirinya. Mendengar tipe-tipe mobil yang ia sebut, dirinya terlihat memiliki perhatian besar terhadap dunia otomotif. Karena setidaknya tahu kehebatan mobil-mobil itu hingga bisa menempel di kepalanya. Walau bisa dibilang ia tak memiliki gambaran pasti akan perbedaan muscle car dan pony car.

Mendengar hal itu saya terdorong membuka sejumlah literatur lama untuk kembali membedah perbedaan muscle car dan pony car. Untuk selanjutnya kami suguhkan kepada Anda dalam bentuk artikel ini.

>>> Tampil Kece Dengan Hatchback Eropa, Tips Beli VW Polo Bekas

Pengertian Pony Car

Pertama-tama kita akan mencari tahu pengertian pony car. Untuk itu saya akan mengajak Anda kembali ke tahun 1964 ketika Ford Mustang generasi pertama lahir menggebrak ranah otomotif Amerika. Hadir dengan desain bodi ringkas dan mesin bertenaga, Mustang tak butuh waktu lama untuk menjadi mobil terbaik di mata anak muda di sana. Minat konsumen pun kian besar karena harga Ford Mustang yang relatif terjangkau saat itu.

Ford Mustang sukses menjadi pionir kelas Pony Car saat peradaban otomotif di Amerika mengagungkan muscle car dengan bodi dan mesin berkapasitas super besar. 

Mustang sukses besar di pasar dan berhasil menjadi pioner untuk segmennya sendiri, yaitu pony car. Nama itu digunakan karena alasan yang amat sederhana; “Mustang” adalah “kuda” dan bentuknya tergolong kecil maka disebut pony. Nah, secara natural pabrikan lain juga ingin mencicipi manisnya kue segmen tersebut. Maka muncul kompetitor-kompetitornya semacam Chevrolet Camaro atau Playmouth Barracuda.

Kala itu semuanya membawa racikan formula serupa, meliputi mesin small block V8 atau bahkan V-6 dan dimensi body yang ringkas. Secara garis besar, itu bisa dijadikan batasan definisi pony car. Atau kalau boleh disimpulkan, pony car adalah Ford Mustang dan para kompetitor langsungnya. Sederhana, bukan? Lalu bagaimana dengan perbedaan muscle car dan pony car?

>>> Kunjungi juga review kami yang selalu membahas mobil-mobil menarik di seluruh dunia

Pengertian Muscle Car

Di lain sisi, muscle car adalah mobil-mobil yang memiliki dimensi ekstrior jauh lebih besar dan menggunakan big block V8, semacam Dodge Charger, Ford Galaxie, atau Chevrolet Impala. Perancangan mobil-mobil ini sangat mengacu pada performa mesin, terutama tarikan di lintasan lurus. Brand seolah-olah berusaha menancapkan mesin paling bertenaga yang mereka punya ke dalam body sebuah coupe.

Sampai di sini mungkin sudah terlihat jelas perbedaan muscle car dan pony car. Menurut penilaian kami, kedua istilah ini sering tertukar karena memang penampilan muscle car dan pony car sekilas terbilang mirip.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap di sini

Wujud ekstrior Chevrolet Camaro 2019 warna biru.

Chevrolet Camaro 2019 dinilai lebih pantas disebut sportscar.

Di era modern ini ada anggapan cukup menarik yang melihat pembagian kategori atau perbedaan muscle car dan pony car tak lagi relevan. Alasannya, mobil-mobil di segmen tersebut kini sudah “keluar” dari pakem-pakem dasarnya. Pengadopsian teknologi otomotif terkini membuatnya justru lebih pantas disebut sportscar.

>>> Cari tahu tips dan trik lainnya di CintaMobil.com

Share this post:
 
back to top