Sering Disebut Satu Model, Ini Perbedaan Honda HR-V dan Honda XR-V

18/09/2018
Walaupun berasal dari satu model yang sama, yaitu Honda Vezel, ternyata perbedaan Honda HR-V dan Honda XR-V membuat keduanya tidak bisa disamakan. Apa saja perbedaannya?

Nama kendaraan terkadang membingungkan. Tidak hanya orang awam, tapi mereka yang sudah lama berada dalam industri otomotif seringkali salah sebut atau mengenali beberapa model yang terlihat sama. Seperti halnya dengan perbedaan Honda HR-V dan Honda XR-V, banyak yang mengatakan keduanya hanya berbeda nama, sebenarnya lebih banyak bedanya.

Gambar yang menunjukan dua mobil Honda XR-V dan Honda Vezel berdampingan

Ketika Honda XR-V dan Vezel berdampingan (Foto: Flickr)

Sejak awal, Honda HR-V dan XR-V berada dalam satu lini keluarga Honda Vezel yang dijual di Jepang. Ketika diekspor, Vezel pun memiliki nama lain. Ketika diperkenalkan untuk bule-bule Amerika Utara pada April 2014, Vezel mendapatkan nama baru, HR-V. Sama seperti di Indonesia. Namun di Cina, subcompact crossover ini diberi nama XR-V.

Sebenarnya perubahan nama untuk pasar Cina tidak hanya karena beda negara. XR-V merupakan hasil kolaborasi dari Dongfeng-Honda. Honda XR-V lalu mendapatkan perbedaan desain depan dan belakang dari Honda Vezel yang dijual oleh Quangqi Honda.

>>> Jangan Sembarangan Beli, Berikut Adalah Mobil yang Rawan Ditolak Asuransi

Gambar yang menunjukan perbedaan Honda HR-V dan XR-V dari depan

Perbedaan Honda HR-V dan XR-V dari depan (Foto: Autofreak)

Jika dilihat lebih jauh, bentuk gril Honda XR-V tidak melebar layaknya HR-V dan Honda menyebutnya lebih sporty, serta dipermak dengan merek dagang bermotif Honda. Sedangkan perbedaan lainnya terletak pada foglamp yang dibuat terpisah dan terintegrasi dengan bumper depan. Dari sisi depan, XR-V tampak lebih atletis dibanding saudaranya di Indonesia.

>>> Lihat kembali review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 di sini

XR-V juga tidak mau menyerupai HR-V dari sisi belakang. Kesan yang lebih ramping disebabkan oleh desain lampu belakang yang saling terintegrasi di kiri dan kanan. Bumper belakang juga mendapatkan perubahan serta dirancang ulang.

Gambar yang menunjukan perbedaan Honda HR-V dan XR-V dari belakang

Perbedaan HR-V dan XR-V pada bagian belakang (Foto: Autofreak)

Tapi berbeda dengan keterangan Paultan, XR-V malah disebut berada di bawah segmen HR-V. Meskipun pada dasarnya XR-V juga tersedia dalam dua varian mesin, yaitu 1.5 liter dan 1.8 liter yang sama dengan pilihan Honda HR-V di Tanah Air. Tapi jelasnya, perbedaan Honda HR-V dan Honda XR-V bisa dilihat dari tempat perantauan dua anakan Vezel tersebut.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0