Sebelum Memboyong Mobil Bekas 'Kilometer Rendah', Perhatikan Hal Ini Dulu

12/04/2019

Jual beli
Share this post:
Sebelum Memboyong Mobil Bekas 'Kilometer Rendah', Perhatikan Hal Ini Dulu
Saat mencari mobil bekas, tentu salah satu hal yang diperhatikan adalah jarak tempuh mobil, kita pasti ingin mobil dengan jarak tempuh kecil, atau yang biasa disebut kilometer rendah. Namun, ada hal lain yang harus diperhatikan, apa saja?

Tak bisa dipungkiri lagi, mobil bekas kilometer rendah adalah primadona bagi pencari mobil bekas, yang juga berdampak pada harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan mobil sejenis dengan jarak tempuh lebih tinggi.

>>> Beli mobil bekas dengan kilometer rendah, untung atau rugi?

Interior mobil Ferrari

Salah satu daya tarik mobil kilometer rendah adalah interior yang masih rapih bak mobil baru

Dengan jarak tempuh yang masih kecil, komponen mesin masih cukup prima, dan biasanya interior masih sangat rapih, sehingga mobil bekas kilometer rendah di anggap tidak kalah dengan yang baru keluar dari showroom.

>>> Temukan mobil idaman Anda di sini

Meski demikian, ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat memutuskan meminang mobil kilometer rendah. Salah satunya adalah kondisi baterai mobil yang lemah karena mobil jarang dinyalakan.

Patut diperhatikan juga kondisi kaki-kaki kendaraan, dalam hal ini tekanan angina ban yang bisa saja berkurang karena mobil jarang dipakai. Jangan lupa juga memeriksa kondisi oli mesin, karena jika pemilik sebelumnya sering absen dalam mengganti oli, maka oli akan rawan menggumpal dan menjadi sludge (berlumpur) di dalam mesin. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan uang tambahan untuk melakukan servis besar di kilometer tertentu. 

Teknisi memperbaiki mobil

Jika mendekati waktunya servis besar, siapkan kocek lebih banyak

Sebagai contoh, Anda membeli sebuah BMW 323i E46 2003 dengan jarak tempuh sekitar 37.000 km di odometer. Dengan jarak tempuh yang masih rendah, keputusan Anda membeli mobil ini terhitung cukup baik. Pun demikian, Anda harus siap-siap mengeluarkan biaya service besar untuk pertama kalinya, yang biasanya dilakukan pada 40.000 km.

>>> Sebelum membeli atau menjual mobil Anda, ada baiknya simak ini dulu

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, setelah menemukan mobil idaman Anda di berbagai tempat, termasuk Cintamobil.com, ada baiknya melakukan test drive, dan didampingi oleh mekanik handal dalam memeriksa kondisi mobil.

>>> Tips & trik otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Derry Munikartono
Share this post:

Berita lain

Ternyata Ini Urutan Penanganan Servis Di Bengkel Resmi

Saat melakukan servis di bengkel resmi, kebanyakan pemilik mobil hanya tahu kalau mobilnya sudah selesai ditangani dan kembali pada kondisi terbaiknya. Tapi tahu tidak kalau proses penanganan servis oleh para mekanik dilakukan secara berurutan?

Lihat juga

Awas! Ini Resiko Menjual Mobil Bekas Yang Masih Dalam Masa Kredit

30/03/2019

Jual beli

2 menit

Menjual mobil bekas yang masih dalam masa kredit bukan tidak mungkin dilakukan. Namun, langkah yang dilakukan lebih panjang dan sedikit lebih ribet dibandingkan mobil yang tidak dalam masa kredit. Awas, ini resiko menjual mobil bekas uang masih dalam masa kredit.

Lihat juga

Ini Skala Prioritas Perbaikan Pada Mobil Bekas, Mana Yang Harus Didahulukan?

26/03/2019

Jual beli

Mobil bekas idaman sudah ditangan, tentunya hati ini merasa senang bukan kepalang setelah meminang sang idaman. Namun, yang namanya mobil bekas, bukan berarti enggak ada PR (Pekerjaan Rumah). So, berikut Tim Cintamobil.com paparkan skala prioritas perbaikan pada mobil bekas, mana yang harus didahulukan?

Lihat juga

5 Cara Cepat Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas

06/03/2019

Jual beli

6 menit

Membeli mobil bekas memang agak tricky, ada trik khusus untuk mengetahui kondisinya. Berikut ini kami sajikan 3 cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas yang tidak lazim dilakukan orang. Namun, cara ini cukup ampuh untuk mengetahui kondisi mesin mobil bekas incaran Anda.

Lihat juga

Waspada Tertipu, Ini Tanda Airbag Mobil Bekas Sudah Mengembang

06/03/2019

Perawatan dan service

3 menit

Membeli mobil bekas tentu perlu pemeriksaan teliti agar tidak tertipu dikemudian hari. Salah satu fitur yang bisa menipu Anda adalah airbag yang sudah mengembang. Agar tidak tertipu berikut tips tanda airbag mobil bekas sudah mengembang.

Lihat juga