Sebelum Membeli, Kenali 5 Perbedaan Mobil Jepang dan Korea

18/07/2019
Meski mobil di Indonesia masih didominasi oleh merek Jepang, masih ada beberapa konsumen yang penasaran dengan produk Korea. Harga yang lebih terjangkau dengan kualitas yang sama membuat beberapa konsumen tertarik untuk membeli mobil Korea. Lantas apa saja perbedaan mobil Jepang dan Korea?

Beberapa konsumen masih ada yang bingung dan bertanya ketika ingin membeli mobil baru/bekas, apakah memilih merek Jepang atau Korea? Kedua merek tersebut sebenarnya mempunyai keunggulan masing-masing sesuai dengan ragamnya kebutuhan konsumen. Namun bila bingung ada beberapa perbedaan yang bisa menjadi pengetahuan umum untuk Anda. Berikut 5 perbedaan mobil Jepang dan Korea.

Mobil sedan Jepang dan Korea

Ada beberapa perbedaan antara mobil Jepang dan Korea

1. Desain

Desain mobil mungkin bukan jadi pertimbangan utama ketika Anda membeli mobil. Bila Anda lebih mencari mobil baru yang mesinnya lebih teruji dan hemat bahan bakar, maka mobil Jepang pilihannya. Meskipun dari sisi desain tidak terlalu menawan dan sering dijumpai di jalan raya sehingga terasa kurang spesial.

>>> Jika Uang Terbatas Mending Mana? Pilih Mobil Bekas Mesin Bagus atau Bodi Bagus?

Tetapi bila Anda mencari mobil dengan desain ala Eropa, mobil merek Korea bisa memenuhi keinginan Anda. Perbedaan pada poin ini kembali pada selera setiap pembeli. Ada yang memang ingin tampil mewah ala Eropa ada yang menurutnya desain merek Jepang saat ini sudah cukup bagus. Pun dalam hal mesin saat ini mobil Korea cukup teruji dan irit bahan bakar juga.

Tampak depan Hyundai Santa Fe

Desain mobil Korea ada kemiripan dengan produk Eropa seperti halnya Hyundai Santa Fe ini

2. Handling Untuk Pemula

Pilihan mobil yang lebih banyak pada membuat handling menjadi perbedaan mobil Jepang dan Korea. Bila Anda adalah pengemudi pemula, mobil Jepang akan memenuhi kebutuhan Anda karena beberapa produknya cocok.  Meski begitu bukan berarti mobil Korea tidak mempunyai handling yang tidak nyaman. Namun beberapa mobil Korea mempunyai rasa berkendara yang kurang tajam atau bahkan sangat tajam sehingga perlu pengalaman lebih lama dalam mengemudi.

>>> Mending tukar tambah atau jual sendiri? Simak alasan dan pertimbangannya disini

3. Service Center

Berbicara tentang layanan purna jual, rasanya mobil Jepang lebih unggul meskipun tidak semua merek Jepang mempunyai jumlah bengkel resmi atau service center yang lebih banyak. Kehadiran bengkel resmi dalam perbedaan mobil Jepang dan Korea mungkin bisa menjadi pertimbangan yang cukup penting. Terlebih bila Anda sering berpergian keluar kota, maka mobil merek Jepang punya sedikit keunggulan.

Logo mobil Jepang seperti Toyota, Honda dan Nissan

Mobil Jepang sudah lebih lama hadir di Indonesia sehingga mempunyai keunggulan di layanan purna jual

4. Ketersediaan Suku Cadang

Suku cadang adalah komponen penting dalam setiap mobil. Setiap komponen yang ada di mobil khususnya mesin mempunyai daya tahan yang berbeda-beda. Sudah semestinya Anda mengutamakan hal ini ketika membeli mobil. Mengingat mobil Jepang sudah lama ada di pasar otomotif Indonesia maka ketersediaannya lebih mudah dicari dibandingkan mobil Korea. Meski begitu ada sisi negatif dari banyaknya suku cadang yang beredar di pasaran, yakni produk palsu atau tiruan yang membuat konsumen rugi. Tentu daya tahan antara produk asli dan palsu berbeda sehingga konsumen dituntut harus jeli.

>>> Temukan tips jual beli mobil lainnya di sini

5. Harga Suku Cadang

Mengingat banyak bengkel umum atau resmi dan juga toko yang menjual suku cadang untuk mobil Jepang maka harga yang ada pun bersaing. Harga yang lebih murah tidak menjamin keaslian serta kualitas suku cadang tersebut lebih baik. Berbeda dengan suku cadang mobil Korea meski harganya memang cukup mahal tetapi jarang ditemukan kualitas palsunya. Nah, jadi sudah jelas bukan perbedaan mobil Jepang dan Korea sebagai panduan Anda untuk membeli mobil.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada di Cintamobil.com

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain