Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Keaslian Dokumen Kendaraan

15/06/2020

Jual beli
Share this post:
Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Keaslian Dokumen Kendaraan
Sebelum membeli mobil bekas, Anda perlu cek keaslian dokumen kendaraan. Jika dokumen kendaraan Anda palsu bisa dipastikan membuat Anda tak bisa membayar pajak.

Selain memperhatikan fisik dan mesin ketika membeli mobil bekas. Kelengkapan dan keaslian dokumen kendaraan juga sangat perlu diperhatikan. Mulai dari BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor) sampai STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

>>> Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Calya Sebelum Membelinya

Telitilah ketika memeriksa keaslian dari dokumen kendaraan. Sebab ada saja penjual mobil bekas yang mengakali dokumen. Alhasil. muncullah BPKB dan STNK palsu. Keaslian dari dokumen kendaraan menjadi penting karena terkait erat dengan legalitas mobil di mata hukum.

Oleh sebab itu jangan sampai terkecoh. Simak tips di bawah ini mengetahui keaslian dari dokumen Kendaraan.

1. Periksa Tinta STNK

Pertama Anda bisa coba cipratkan sedikit air pada STNK mobil yang akan dibeli. Lalu cobalah menggosoknya dengan tangan. Biasanya STNK palsu menggunakan tinta biasa sehingga tulisan jadi mudah luntur. Jika Anda gosok tulisannya masih terlihat jelas, keaslian dari dokumen kendaraan STNK yang akan Anda beli bisa diyakini keasliannya.

Gambar menunjukan STNK mobil

Pastikan data STNK sesuai dengan fisik kendaraan

2. Cocokan Antara STNK dan Fisik Mobil

Kedua coba cocokkan data yang tertulis di STNK dengan fisik kendaraan. Periksa mulai dari jenis kendaraan, merk, warna, kapasitas mesin, hingga nomor polisi. Pastikan juga kesamaan antara nomor rangka kendaraan dan nomor mesin di STNK. Jika tidak sesuai bisa dipastikan STNK mobil yang akan Anda beli palsu atau Anda mendapatkan dokumen tidak resmi.

3. Cek Langsung ke SAMSAT

Ketiga jika Anda ingin keaslian dokumen Kendaraan yang akan beli lebih pasti lagi, bisa dicek langsung ke SAMSAT dan diverifikasi apakah STNK pada mobil yang akan Anda beli asli atau tidak.

>>> 5 Penyakit Umum yang Sering Menjangkiti Mobil Matik

Gambar menunjukan BPKB mobil

Periksa dengan teliti keaslian BPKB

Selanjutnya yang tak kalah pentingnya periksa juga keaslian dokumen Kendaraan BPKB pada mobil yang akan Anda beli. Maka dari ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

1. Cek Bahan Material BPKB

Pertama periksalah halaman cover BPKB. Dokumen yang asli menggunakan bahan yang mengkilap. Sedangkan dokumen BPKB palsu menggunakan warna yang lebih buram

2.  Periksa Hologram BPKB

Kedua coba cek hologram pada halaman pertama BPKB. Saat Anda terawang warnanya tetap berwarna abu-abu, berarti dokumen tersebut asli. Namun jika warnanya berubah menjadi kekuningan, dokumen tersebut hampir bisa dipastikan palsu. 

3. Teliti Data BPKB

Terakhir Anda bisa Lihat di bagian identitas pemilik kendaraan. Pada BPKB palsu hanya mengubah data kendaraan saja sedangkan data pemilik kendaraan tidak berubah. Cermati juga halaman ke-14 BPKB, lambang Korlantas akan muncul jika diterawang dengan sinar ultraviolet. Selain itu tekstur kertas juga tidak halus cenderung kasar karena logo tersebut dibuat timbul.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual beli mobil yang berguna lainnya

Rahmat Fajar Nugraha
Share this post:

Berita lain

Lockdown Melonggar, Aturan Berkendara Malaysia Izinkan Mobil Diisi Penuh

15/06/2020

Event - Promosi

4 menit

Pemerintah Malaysia mulai melonggarkan aturan lockdown di negaranya. Kini aturan berkendara sudah berangsur-angsur normal karena mobil pribadi boleh diisi 100%.

Lihat juga

Panduan Naik Transjakarta Selama PSBB Transisi

15/06/2020

Pengemudian

5 menit

Sejumlah persyaratan diterapkan PT Transportasi Jakarta untuk warga yang ingin naik Transjakarta selama masa PSBB transisi baik di bus maupun halte keberangkatan.

Lihat juga

Dianggap Mirip Wrangler, Mahindra Roxor Dilarang Masuk AS

15/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Regulator AS memutuskan bahwa desain Roxor milik Mahindra Ltd India melanggar hak kekayaan intelektual merek Jeep Wrangler milik Fiat Chrysler Automobiles.

Lihat juga

Cuma 100 Unit di RI! Nissan Livina Sporty Package Dibanderol Rp 265 Jutaan

15/06/2020

Mobil baru

2 menit

Nissan Indonesia mengumumkan edisi terbatas Nissan Livina Sporty Package. Hanya 100 unit di Indonesia, mobil ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 265 jutaan.

Lihat juga

10 Pilihan Mobil Mini Murah Paling Bagus dari Cintamobil.com

18/06/2020

Jual beli

8 menit

Kali ini Cintamobil.com akan memberikan rekomendasi 10 mobil mini murah yang ada di Indonesia untuk Anda miliki, terutama yang butuh kendaraan harian.

Lihat juga