Salah Satu LMPV Favorit Di Indonesia, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan All New Suzuki Ertiga

29/08/2019
Pada generasi terbarunya, LMPV andalan Suzuki ini tak hanya tampil lebih atraktif, namun juga dengan efisiensi dan kualitas lebih baik

Pasar Low MPV atau LMPV di Indonesia memang sangat sengit. Sang Penguasa pasar pun selalu berganti antara Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Namun Suzuki Ertiga mampu hadir sebagai penantang dengan menghadirkan kualitas desain, performa dan efisiensi yang sangat kompetitif. Bahkan para generasi terbarunya, All New Suzuki Ertiga tampil all-out dengan menghadirkan desain lebih atraktif, performa lebih responsif sekaligus efisiensi dan kepraktisan yang lebih optimal.

>>> Artikel terkait lainnya:

foto suzuki ertiga facelift di gunung

All New Suzuki Ertiga tampil lebih atraktif dan mewah

Tak pelak, All New Suzuki Ertiga pun siap menjadi kuda hitam sekaligus favorit baru di kelas LMPV. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk meminang salah satu LMPV, Cintamobil.com akan membantu Anda dengan memberikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurang dari All New Suzuki Ertiga. Silakan simak ulasannya berikut ini.

Kelebihan 

1. Desain lebih elegan dan atraktif

Foto All New Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

All New Suzuki Ertiga Suzuki Sport yang tampil lebih agresif

All New Suzuki Ertiga dianugerahi dengan desain eksterior yang memancarkan sisi elegan. Lihat saja pada lampu depan yang sudah menggunakan proyektor serta memiliki desain lebih pipih dan tajam. Grill kini berlapis warna krom yang atraktif. Satu lagi, cover fog lamp yang menggunakan desain ala “C” shape membuat All New Suzuki Ertiga juga mampu bermain lebih agresif. Sementara di belakang, desain lampu belakang LED yang memanjang vertikal namun dengan garis melebar dan tajam di bagian bawahnya ini membuatnya terlihat lebih cantik. 

>>> Dapatkan Suzuki All New Ertiga dengan harga promosi di sini

2. Desain interior lebih mewah dan nyaman

Foto dasbor dan interior All New Suzuki Ertiga
Interior tak hanya lebih mewah namun juga posisi duduk yang nyaman

Interior All New Suzuki Ertiga tak hanya tampil lebih mewah dengan menonjolkan paduan two tone-nya. Namun pada dasbor, desain grill AC horizontal tampil lebih minimalis, khas tren dasbor mobil premium masa kini. Selain itu, desain floating head unit dan AC panel digital memberikan sentuhan ala kekinian. Keunggulan lainnya adalah posisi duduk yang sangat nyaman untuk sebuah LMPV, baik di jok depan maupun tengah. bagi pengemudi, posisi duduk All New Suzuki Ertiga memberikan pantauan lebih luas sekaligus lebih rileks. Sehingga mudah lelah ketika mengemudi jarak jauh.

>>> Test Drive All New Suzuki Ertiga: Kami Berhasil Menorehkan Konsumsi Bahan Bakar Teririt

3. Ketersediaan fitur 

Foto fitur dua SRS airbag di All New Suzuki Ertiga

Fitur dual SRS Airbags menjadi salah satu fitur keamanan pada All New Suzuki Ertiga

All New Suzuki Ertiga juga dilengkapi dengan beberapa fitur terkini, seperti dual SRS airbag serta rem ABS dan EBD. Namun sayang fitur brake hold hanya bia dijumpai pada varian All New Ertiga Suzuki Sport dengan transmisi otomatis. Namun beberapa fitur lainnya juga hadir seperti jok dengan desain pengunci ISOFIX, steering audio & phone control, rear parking sensor serta door open stoppers yang memudahkan Anda keluar-masuk di parkiran yang sempit.

>>> Komparasi Suzuki All New Ertiga GL 2019 vs Toyota Avanza G 2019, pilih mana?

4. Performa mesin K15B yang responsif sekaligus efisien

Mesin K15B bawaan All New Suzuki Ertiga

Mesin K15B yang dgunakan pada All New Suzuki Ertiga dan All New Suzuki Jimny

Pada generasi terakhir, Ertiga dibekali dengan mesin K15B dengan kapasitas lebih besar, yakni 1.500 cc. Hal tersebut mampu memberikan impak seperti performa yang cukup responsif, baik ketika dipasangkan pada transmisi manual 5 percepatan atau otomatis dengan 4 percepatan. Mesin yang sama seperti yang digunakan pada All New Suzuki Jimny ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 104 hp @ 6.000 RPM dan tosi sebesar 138 Nm @ 4.000 RPM. Performanya pun cukup mumpuni baik ketika diajak commuter di padatnya jalanan Ibukota atau saat perjalanan ke luar kota. Efisiensi mesin ini juga patut diapresiasi. Kami pun membuktikan efisiesi konsumsi bahan bakar All New Suzuki Ertiga pada sesi media test drive All New Suzuki Ertiga Tripventure beberapa waktu lalu.

>>> Ini Lho 5 Hal Yang Bikin New Suzuki Jimny Jago Off-Road

5. Mudah dimodifikasi dan ketersediaan aksesori cukup lengkap

Foto All New Suzuki Ertiga Suzuki Sport

All New Suzuki Ertiga Suzuki Sport menjadi jawaban Suzuki bagi calon konsumen All New Ertiga yang suka tampilan lebih personal

Mirip dengan panduhulunya, All New Suzuki Ertiga juga terkenal sebagai salah satu mobil favorit modifikasi. Ketersediaan akesorinya pun cukup lengkap mulai dari pelek hingga audio. Bahkan PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) juga menyediakan varian All New Ertiga Suzuki Sport yang hadir dengan body kit keren dan kualitas audio lebih baik. Bahkan pemilik All New Suzuki Ertiga juga bisa melakukan up-grade ke varian All New Ertiga Suzuki Sport dengan membeli beberapa aksesori secara terpisah.

>>> Modifikasi Pelek All New Suzuki Ertiga Paling Pas Pakai Ring 17

Kekurangan

1. Absennya fitur ESP

Foto All New Ertiga sedang berakselerasi di jalan tol

Sayangnya fitur ESP absen pada All New Suzuki Ertiga 

Salah satu kekurangan dari All New Suzuki Ertiga adalah absennya fitur Electronic Stability Programme (ESP). Fitur ini sebelumnya tersedia pada Suzuki Ertiga generasi sebelumnya dengan varian Ertiga GX ESP. Fitur yang mampu membantu pengemudi dalam mengontrol mobil saat bermanuver ini cukup berpengaruh pada aspek keselamatan saat berkendara.

>>> Upgrade Audio Suzuki Ertiga GL 2019, Mulai Dari Rp 1,5 Jutaan!

2. Kualitas audio dan akustik kabin

Foto floating head unit pada All New Suzuki Ertiga

Sayangnya kualitas head unit yang cukup baik tak diimbangi dengan kualitas suara yang dihasilkan dan akustik kabin

Meski sudah terbilang memiliki kabin senyap untuk segmen LMPV, banyak pemilik Suzuki Ertiga generasi terbaru yang masih mengeluhkan kualitas audio dan akustik kabin. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Namun Anda bisa menyiasatinya dengan melakukan up-grade sistem audio atau memperbaiki akustik kabin dengan mengaplikasi peredam aftemarket. 

>>> Klik di sini untuk artikel tips & trik perawata hingga modifikasi mobil

Pratomo FJ

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
17

berita lain