Rolls-Royce Ghost Dari Spofec Mengubah Kemewahan Menjadi Sporty

26/08/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Spofec baru-baru ini memamerkan Rolls-Royce Ghost garapan mereka yang mengubah kemewahan khas pabrikan asal Goodwood menjadi sporty dengan body kit & tune ECU.

Mungkin nama Spofec sedikit asing bagi sebagian dari Anda. Mereka adalah anak perusahaan dari tuner spesialis Supercar asal Jerman, Novitec. Spofec sendiri adalah singkatan dari Spirit of Ecstassy, lambang ikonik yang biasa Anda temukan pada mobil-mobil mewah dari Rolls-Royce.

Anak perusahaan Novitec ini melakukan modifikasi pada Rolls-Royce Ghost yang biasa tampil anggun menjadi lebih sporty. Seperti apa detail ubahannya?

Body Kit Agresif Dari Serat Karbon

Dengan pendekatan yang serupa dari perusahaan induknya, Spofec membekali Rolls-Royce Ghost ini dengan serangkaian body kit sporty yang "bersahaja" dan tentunya terbuat dari serat karbon.

>>> Rolls-Royce Ghost Mansory Cocok Buat Sultan Penyuka Kecepatan

Gambar Rolls-Royce Ghost Spofec

Bagian fascia depan kian sporty dengan lubang udara lebih besar

Perubahan tersebut dapat Anda temukan pada fascia depan yang mengusung bumper dengan lubang udara yang lebih besar, fender depan dengan side vent, side skirt, dan lip spoiler belakang.

Modifikasi Rolls-Royce Ghost yang cukup halus ini juga menggunakan satu set velg 22 inci dari Vossen yang secara desain tampak seperti sesuatu yang diproduksi di Goodwood.

Untuk menyempurnakan stance-nya, Spofec membekali mobil ini ban berprofil tipis dan modul suspensi CAN-Tronic yang dikalibrasi untuk bekerja dengan set roda yang baru.

>>> Mewah! Dua Sejoli Rayakan Ulang Tahun Pernikahan dengan Rolls-Royce Kustom

Modul ini juga menurunkan postur kendaraan sebanyak 4 cm pada kecepatan hingga 140 kilometer per jam yang membuat lingkar fender terisi dengan penuh.

Gambar Rolls-Royce Ghost Spofec

Desain velg baru tak jauh dari bahasa desain Rolls-Royce

Performa Mesin Ikut Ditingkatkan

Tak hanya eksterior, Spofec juga meningkatkan performa Rolls-Royce Ghost melalui tuning ECU. Dengan setelah baru, mesin V12 6.750 cc twin-turbocharged bawaan Ghost dapat menghasilkan tenaga 685 HP dan torsi 958 Nm.

Peningkatan performa tersebut digenapkan dengan knalpot sport stainless rancangan Spofec beserta exhaust flap yang dikontrol secara aktif. Hasilnya, mobil bongsor ini dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 4,5 detik.

>>> Ferrari 812 GTS N-Largo Dari Novitec, Mesin NA Tembus 800 HP

Gambar Interior Rolls-Royce Ghost

Ubahan di interior cukup simpel namun tetap mempermanis tampilannya

Upgrade terakhir yang ditawakan adalah bagian interior mobil, Spofec membebaskan konsumen untuk memilih tema interior yang sesuai dengan keinginan. Salah satu opsinya hadir dalam nuasa gelap berlapis kulit hitam yang dipadu aksen oranye di jok, dasbor dan konsol tengah.

Sayangnya, sang tuner tidak merinci secara detail harga untuk modifikasi Rolls-Royce Ghost ini. Mengetahui target pasar sang merek, pastinya calon pembeli harus mengeluarkan dana yang cukup besar.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top