Rekomendasi 3 Pilihan SUV Kompak Terbaru yang Bisa Anda Miliki

22/03/2021

Jual beli

5 menit

Berikut ini merupakan 3 pilihan mobil SUV kompak terbaik yang bisa Anda miliki. Beberapa diantaranya merupakan SUV terbaru yang belum lama diluncurkan.

SUV berukuran kompak menjadi salah satu pilihan favorit konsumen mobil di Indonesia karena menawarkan fleksibilitas dan kepraktisan yang cukup baik. Selain itu SUV juga dibekali dengan dimensi yang pas sebagai mobil keluarga bahwa untuk kaum muda lajang.’

Jika Anda saat ini tengah mencari SUV kompak untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut di bawah ini 3 rekomendasinya.

>>> Daftar Pilihan SUV Rp 200 Juta yang Bisa Anda Miliki

1. All New Corolla Cross 

Gambar menunjukan Corolla Cross

Tampilan All New Corolla Cross

All New Corolla Cross resmi meluncur di Indonesia pada awal semester kedua tahun lalu. Mengusung konsep Simple & Stylish with Urban Sleek Look, All New Corolla Cross hadir dengan style SUV yang sporty dan elegan, pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Selain itu All New Corolla Cross hadir sebagai SUV kompak juga telah dilengkapi teknologi modern yang mengagumkan, serta nilai fungsionalitas tinggi sehingga pas dipakai oleh keluarga muda perkotaan yang ingin selalu tampil penuh gaya dan berkelas.

All New Corolla Cross juga dilengkapi mesin berukuran 1.798 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i yang mampu menghasilkan daya hingga 140 PS dan torsi 17,5 Kgm. Lalu pilihan kedua adalah unit hybrid 2ZR-FXE berukuran 1.798 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i yang sanggup menghasilkan daya 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan daya sebesar 72 PS dan torsi sebesar 16,6 Kgm.

Kemudian untuk fitur kenyamanan sudah dilengkapi dengan sunroof, setir yang dapat diatur tilt dan telescopic yang dipadukan dengan tombol pengatur audio, MID dan juga cruise control. Serta fitur Automatic Power Back Door yang dapat memudahkan Anda ketika membuka pintu bagasi.

Sementara itu untuk fitur keselamatannya sudah dilengkapi dengan rem bersistem Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, dan Brake Assist serta Emergency Brake Signal, Hill Start Assist serta Vehicle Stability Assist. 

Lalu itu harga salah satu SUV kompak terbaik milik Toyota ini untuk harga Corolla Cross Hybrid dijual Rp 513.480.000  juta sedangkan varian bensin dijual Rp. 458.510.000 on the road DKI Jakarta. 

>>> Keunggulan 3 SUV Nissan yang Ada di Tanah Air

2. Nissan Magnite

Gambar menunjukan Nissan Magnite

Tampilan Nissan Magnite

PT Nissan Motor Distributor Indonesia selaku Agen Pemegang Merek Nissan di Indonesia  akhir tahun lalu perkenalkan Nissan Magnite 2021. SUV kompak ini bisa menjadi pilihan menarik yang bisa Anda miliki.

Nissan Magnite dibekali dengan mesin 3 silinder HRAO berkapasitas 1.000 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 98,5 daya kuda pada putaran 5.000 rpm serta 160 Nm antara 2.800 - 3.600 rpm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan tersebut disalurkan kedua roda depan melalui transmisi X-TRONIC CVT khas milik Nissan.

Kemudian untuk menunjang kenyamanan di dalam kabin Magnite telah dilengkapi  panel instrumen 7 inci TFT dengan Drive Assist Display. Lalu untuk lingkar kemudinya juga sudah  multifungsi dengan adanya fitur cruise control. Tak ketinggalan ada juga fitur infotainment dengan layar sentuh 8 inci yang dapat dihubungkan ke ponsel pintar.

Selanjutnya untuk fitur keselamatannya SUV kompak Nissan ini telah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, Hydraulic Brake Assist, Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, Hill Start Assist, hingga airbag ganda SRS dengan sabuk pengaman pretensioner dan load limiter untuk pengemudi dan penumpangnya.  Semakin lengkap, Magnite juga telah didukung dengan Tire Pressure Monitoring System yang memudahkan pengemudi memantau kondisi keempat ban. 

Lalu untuk harganya saat ini SUV kompak murah Magnite ditawarkan dengan harga yang cukup menggoda yakni untuk Magnite Upper MT dijual Rp 208,8 juta, Nissan Magnite Premium MT Rp 226,3 juta dan tertinggi Nissan Magnite  Premium CVT dijual Rp 238,8 juta.

>>> Inspirasi Modifikasi KIA Seltos Bergaya Off-Road Penjelajah

3. KIA Seltos

Gambar menunjukan Kia Seltos

Tampilan Kia Seltos

PT Kreta Indo Artha selaku Agen Pemegang Merek KIA di Indonesia awal tahun lalu meluncurkan All-New KIA Seltos. Hadirnya SUV kompak dari pabrikan mobil asal Korea Selatan ini sekaligus membuktikan eksistensi merek mobil KIA di Tanah Air

KIA Seltos  telah dibekali dengan mesin 4-silinder berkapasitas 1.353 cc yang mampu memuntahkan tenaga 140 Ps atau sekitar 138,5 Hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 242 Nm sejak putaran 1.500 rpm hingga 3.200 rpm.

Kemudian untuk kenyamanannya SUV kompak miliki KIA ini telah dilengkapi dengan setir dengan beragam tombol multifungsi, sebut saja fitur cruise control, pengaturan audio dan panggilan telepon. Sementara itu Untuk pengaturan posisi setirnya sudah tersedia tilt maupun telescopic. Tak ketinggalan juga ada sunroof yang dapat dioperasikan secara elektrik.

Selanjutnya untuk menunjang pengalaman berkendara yang menayangkan KIA Seltos juga telah dilengkapi dengan  6 pilihan mode berkendara yang dapat menyesuaikan kebutuhan dan kondisi jalan. Terdapat 6 pilihan modeyakni Normal, Eco, Sport, Mud, Sand & Snow. 

Lalu untuk keamanannya struktur bodi All-New Kia Seltos telah dibuat dari campuran besi dan aluminium yang rigid namun tetap ringan. Kemudian ada juga enam titik airbag untuk semua penumpang. Semakin lengkap SUV kompak ini juga telah dilengkapi Electronic Stability Control,  Hill Start Assist, Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, Traction Control System dan empat titik sensor parkir.

Lalu untuk harga SUV kompak All New Kia Seltos saat ini dijual seharga Rp 295 juta untuk varian E dan EX dijual Rp 325 juta. Sedangkan untuk varian tertinggi EX+ KIA Seltos dibanderol Rp 360 juta.

>>> Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Compact SUV Turbo dengan Transmisi Kopling Ganda Termurah di Indonesia

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top