Refinancing Mobil, Solusi Kesulitan Cicilan Kredit

30/11/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Refinancing Mobil, Solusi Kesulitan Cicilan Kredit
Kesulitan dalam membayar cicilan kredit bukan hal baru dan refinancing sering jadi solusi. By the way Anda mau refinancing mobil, pahami dulu ketentuannya!

Solusi berupa refinancing diberikan perusahaan pembiayaan untuk debitur atau customer yang berhutang saat kesulitan mengangsur kredit, seperti kredit mobil. Dengan refinancing mobil ini diharapkan kredit tetap berlanjut namun pembayaran menjadi lebih ringan.

Pertanyaannya seberapa penting cara ini, apa manfaat dan konsekuensi yang harus ditanggung, serta bagaimana ketentuannya?

Sudah maklum jika mobilitas tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Orang perlu beraktivitas, berpindah dari satu tempat ke tempat lain, serta memindahkan sesuatu dari satu tempat ke tempat yang lain pula. Karena alasan itu kendaraan bermotor seperti mobil menjadi cukup penting. Bahkan sangat penting bagi sebagian orang karena yang dijalani hanya bisa ditunjang oleh keberadaan mobil.

Kredit Mobil

Keinginan memiliki mobil sendiri juga bukan tanpa alasan. Dengan memiliki mobil tidak hanya aktivitas pribadi yang terbantu, melainkan juga aktivitas keluarga. Sayang, mobil bukan barang murah, harganya ratusan juta hingga miliaran rupiah. Hanya sekitar 20 persen orang Indonesia yang membelinya secara tunai. Sisanya, lebih banyak yang membeli secara kredit.

Sudah barang tentu, kredit mobil punya konsekuensi yang harus dijalani serius berupa kewajiban membayar angsuran setiap bulan dengan tepat waktu. Jumlah berapa dan waktunya berapa lama tergantung yang disepakati dalam perjanjian. Bagaimana jika kesulitan membayar?

Yang namanya situasi selalu tidak menentu. Kondisi ekonomi terkadang juga tidak sesuai dengan yang direncanakan. Begitu pun dalam kredit, sangat mungkin di tengah perjalanan mengalami kesulitan membayar angsuran. Karena alasan PHK, sakit dan tidak bekerja, hingga usaha mengalami kemunduran.

Jika itu terjadi, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan customer. Salah satunya melakukan refinancing, yaitu pengajuan pinjaman baru yang bunganya lebih rendah untuk melunasi pinjaman lama.

>>> Ini Syarat Kredit Mobil Baru atau Bekas Terlengkap

Foto membeli mobil baru di dealer

Sekitar 80 persen pembelian mobil baru dilakukan secara kredit

Keuntungan refinancing mobil

Banyak yang beranggapan cara ini semakin menjerat orang ke lubang hutang yang lebih dalam. Padahal, tidak selalu demikian. Beberapa keuntungan refinancing kredit mobil diantaranya sebagai berikut:

  1. Hutang lama lunas; ini adalah tujuan utama. Dengan refinancing kredit lama secara otomatis ditutup menggunakan dana baru yang diajukan.
  2. Mendapat dana segar; platform pinjaman bisa mencapai 60-75 persen dari harga mobil saat itu atau menyesuaikan kondisi kendaraan. Misalnya jika mobil ditaksir seharga 250 juta. Maka dana segar refinancing bisa mencapai Rp 187,5 juta.
  3. Tenor lebih lama; selain dana besar tenor yang ditawarkan bisa lebih lama (3-5 tahun) sehingga angsuran semakin rendah.
  4. Proses lebih cepat; terutama jika dilakukan di leasing lama dimana data pelanggan serta kendaraannya sudah tersimpan secara lengkap.

Dengan manfaat di atas, refinancing mobil tak hanya bermanfaat di saat sulit bayar kredit. Tapi juga bermanfaat mendapatkan dana segar untuk berbagai kebutuhan, seperti biaya sekolah anak, tambahan modal usaha, hingga renovasi rumah. Refinancing kredit untuk tujuan ini biasanya sering dilakukan jelang kredit lama selesai. Tujuannya agar penerimaan dana baru bisa maksimal karena tidak terpotong banyak untuk pelunasan.

>>> Auto2000 Tawarkan Program Kredit Pembelian Mobil Baru Diskon Cicilan 50%

Gambar ilustrasi beban angsuran mobil

Ada kewajiban mengangsur bulanan jika pembelian mobil dilakukan secara kredit

Syarat Refinancing Mobil

Mempertimbangkan keuntungan di atas refinancing memang jadi salah satu solusi. Namun refinancing kredit mobil tidak serta merta mudah jika syarat dan ketentuan tidak terpenuhi. Jadi, sebaiknya perhatikan benar-benar fasilitas refinancing ini dari sejak awal memutuskan membeli mobil secara kredit.

  • Pertama; memiliki riwayat kredit yang baik. Syarat pertama ini bersifat mutlak. Pihak bank atau leasing tidak akan mengabulkan permohonan kredit baru jika riwayat kredit lama pemohon buruk. Misalnya, sering tidak tepat waktu di bulan yang sama, atau bahkan telat hingga bulan berikutnya.
  • Kedua; jaga kondisi kendaraan. Yang kedua ini untuk menjaga nilai jual mobil tetap tinggi sehingga dana refinancing kredit bisa cair lebih besar atau maksimal.
  • Ketiga; lengkapi data dan dokumen yang dibutuhkan. Pelanggan yang mengajukan kredit di leasing lama biasanya proses lebih cepat karena data sudah tersimpan berikut jaminannya yang berupa Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Namun demikian tetap harus mengisi formulir permohonan kredit baru serta penutupan kredit lama.

Jika pengajuan refinancing kredit mobil dilakukan di bank / leasing yang berbeda itu pun bisa. Pelanggan melengkapi data dan dokumen yang dibutuhkan dan leasing baru akan melunasi kredit di leasing lama. Sisanya setelah dipotong biaya lain-lain akan dikembalikan kepada pemohon.

Keempat; menunggu survey dan pencairan dana. Sebelum pengajuan refinancing kredit disetujui, pihak bank atau leasing akan melakukan survey terhadap mobil yang dijaminkan. Lama waktunya tergantung kebijakan masing-masing leasing. Namun biasanya kurang dari 7 hari.

>>> Tips Mempertahankan Nilai Jual Kembali Mobil Anda

Foto menunjukkan Mobil Bekas Carro Automall

Pastikan mobil dalam kondisi terawat agar nilai jual tetap tinggi

Simulasi refinancing mobil

Simulasi bukan syarat utama dalam refinancing. Namun sebaiknya simulasi ini dimanfaatkan. Dan mengingat kebijakan refinancing mobil berbeda antara satu bank / leasing dengan yang lain, sebaiknya Anda berkunjung kesana dan meminta penjelasan secara mendetail kepada customer service-nya.

Kesimpulan

Seberapa penting refinancing mobil tergantung situasi, kondisi, dan keyakinan. Dari sisi keuntungan bisa jadi cukup banyak, namun ada juga yang perlu dipertimbangkan. Terutama jika kondisi tidak mendesak sebaiknya tidak melakukan refinancing.

>>> Baca tips dan trik jual beli mobil lainnya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top