Punya Model Baru, Harga Honda BR-V Bekas Kini Hanya Rp150 Jutaan

23/09/2022

Jual beli

3 menit

Share this post:
Punya Model Baru, Harga Honda BR-V Bekas Kini Hanya Rp150 Jutaan
Dengan model terbaru diperkenalkan pada akhir tahun lalu, harga Honda BR-V bekas yang dibanderol mulai dari Rp150 jutaan bisa jadi alternatif menarik.

Honda BR-V bekas memang masih populer di pasar otomotif Tanah Air meskipun PT Honda Prospect Motor (HPM) baru saja memperkenalkan edisi terbarunya di Indonesia. Harganya yang semakin terjangkau tentunya tambah membuatnya menarik untuk pengendaraan perkotaan. Sebelum membeli mobil ini, simak apa saja kelebihan dan kekurangan BR-V bekas yang patut diperhatikan.

Kelebihan Honda BR-V

SUV kompak milik Honda ini bersaing di segmen yang sama dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki BR-V yang menjadikannya salah satu alternatif SUV perkotaan Tanah Air, yaitu:

1. Kesan sporty dan stylish

Model SUV memang dikenal menawarkan kesan maskulin. Namun BR-V lebih mengedepankan tampilan sporty sekaligus stylish yang cocok untuk pengendaraan perkotaan. Desain luarnya terasa lebih atraktif dan agresif, apalagi bagi Anda yang memiliki BR-V tipe Prestige.

mobil bekas Honda BR-V di Indonesia
Model lawas Honda BR-V sebelum generasi kedua

2. Suspensi nyaman

Honda BR-V sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 sudah menggunakan sasis monokok. Sasis ini disebut lebih rigid dibandingkan dengan sasis ladder frame yang digunakan Rush dan Terios. Kekakuan tersebut membuat kenyamanan BR-V terbilang lebih baik, dimana mobil ini lebih minim guncangan dan body roll ketika berkendara di jalanan.

Perpindahan transmisi yang lebih mulus dari teknologi CVT yang sudah ditemukan pada BR-V bekas bisa memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Apalagi transmisi CVT disebut lebih efisien dan membuat konsumsi bahan bakar BR-V pun lebih baik daripada rivalnya.

3. Mesin bertenaga dan hemat BBM

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, konsumsi BBM BR-V terbilang baik karena beberapa teknologi yang sudah digunakan pada mobil ini. Seperti sistem CVT Earth Dream yang dikenal efisien. Catatannya mencapai 13,9 km/liter. Bandingkan dengan rivalnya yang hanya mencatatkan efisiensi 12 km/jam.

mesin Honda BR-V 2019 terbaru di Indonesia
BR-V menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter

Mesin 1.5 liter yang ditawarkan oleh BR-V pun lebih bertenaga daripada kedua rivalnya di tahun yang sama. Menghadirkan tenaga maksimal 118 hp dan torsi 145 Nm, kedua model rival hanya mampu mencatatkan daya 102 hp dan torsi 139 Nm. Akselerasi BR-V pun terbilang cepat, dengan catatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 11,8 detik.

4. Fitur keamanan lengkap

BR-V bisa dibilang menawarkan sistem keselamatan yang lebih lengkap dibandingkan pesaingnya. Dimana pengemudi dibantu oleh berbagai fitur keselamatan berkendara, seperti sistem pengereman ABS+EBD+BA yang sangat membantu dalam perjalanan ketika hujan, serta sistem Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist.

Selain itu, BR-V juga sudah dilengkapi dengan struktur rangka G-CON + ACETM yang lebih kokoh dan kaku, mampu menyerap benturan lebih baik ketika terjadi kecelakaan. Fitur lainnya yang sudah ditemukan pada BR-B termasuk Smart Entry, Immobilizer, dan Alarm System.

>>> All New Honda BR-V vs Mitsubishi Xpander Ultimate, Mana Lebih Menarik?

Kekurangan Honda BR-V

Tapi dari segala kelebihan mobil ini, masih ada beberapa kelemahan yang patut dipertimbangkan bagi Anda yang ingin membelinya, diantaranya yaitu

1. Sistem suspensi/kaki-kaki

Dibandingkan pesaingnya, BR-V bekas memang tidak memiliki ground clearance yang tinggi. Dengan hanya 205 mm, mobil ini lebih cocok sebagai pengendaraan perkotaan saja. Tak begitu mumpuni ketika harus dibawa di jalanan yang kasar atau bahkan di medan off-road seperti yang menjadi ciri khas sebuah SUV.

suspensi Honda BR-V 2019 di Indonesia
Suspensi Honda BR-V bekas masih sering dikeluhkan

Kekurangan lainnya pada bagian kaki-kaki adalah suspensi depan yang terkenal rewel. Hal ini tentunya sudah diperkirakan, mengingat BR-V menggunakan sistem penggerak roda depan atau Front-Wheel Drive (FWD). Dimana Rush atau Terios menggunakan penggerak roda belakang, sehingga kaki-kaki depan tidak terlalu banyak bekerja.

2. Kualitas interior

Mungkin ini merupakan salah satu keluhan yang sering ditemui pada pemilik Honda BR-V. Kualitas interior yang masih banyak menggunakan material plastik membuat kabin tidak terlalu kedap. Sehingga road noise masih bisa terdengar ketika berkendara. Terlebih ketika berkendara di jalanan macet yang penuh dengan kendaraan lain.

Road noise juga terasa karena pemilihan ban maupun peredaman kabin yang minimalis. Untuk mengantisipasi masalah ini, Anda bisa mengganti ban dengan kebisingan yang lebih kecil dibandingkan ban standar Honda BR-V. Anda juga bisa memasang peredam tambahan pada mobil untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

3. Fitur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, BR-V memang menawarkan fitur yang lengkap untuk membantu perjalanan. Tapi sayangnya beberapa fitur hanya bisa ditemukan pada tipe tertentu saja. Tidak semua varian mendapatkan fitur keselamatan yang sama.

komparasi Honda BR-V baru dan bekas
Perbedaan fitur dan harga Honda BR-V bekas terletak pada tipenya

Fitur Smart Entry, Vehicle Stability Assist untuk kestabilan berkendara, serta Hill Start Assist yang berguna ketika sedang menanjak hanya bisa ditemukan pada tipe tertinggi, yaitu Honda BR-V Prestige.

>>> Ini 4 Kelebihan dan Kekurangan Honda BR-V Terbaru di Indonesia

Harga Honda BR-V bekas

Dari semua kelebihan dan kekurangannya, mungkin yang membuat BR-V semakin terjangkau adalah harga jual kembali yang merosot. Depresiasi harga yang dialami BR-V turun cukup jatuh dibandingkan pesaingnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan Honda BR-V bekas dengan harga yang cukup ramah di kantong.

Misalnya saja harga Honda BR-V bekas generasi awal keluaran tahun 2016 saat ini sudah bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp150 jutaan saja. Sementara model keluaran tahun 2018, atau berumur 5 tahun sudah tersedia dengan harga mulai dari Rp180 jutaan.

Tapi sekali lagi, jangan terkecoh dengan harga mobil BR-V bekas yang terlampau murah. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi mobil sebelum membeli. Lakukan test drive untuk mengetahui bagaimana kondisi mesin, perpindahan transmisi, hingga kaki-kaki mobil agar terhindar dari membeli mobil yang memiliki banyak ‘penyakit’.

>>> Adu Mobil Keluarga 7-Seater: BR-V vs Sienta

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top