Punya Kabin Luas, Simak Tips Lengkap Membeli Nissan Serena Bekas

16/11/2018
Pilihan Medium MPV dengan desain boxy di Indonesia tidak terlalu banyak, salah satunya yang masih eksis adalah Nissan Serena. Mempunyai keunggulan kabin yang luas, sebelum membeli kondisi bekasnya simak dulu tips lengkapnya.

Popularitas mobil berdesain mengotak (boxy) memang tidak terlalu bagus. Sebagai contoh PT Honda Prospect Motor (HPM) yang pernah menghadirkan Freed di Indonesia saat ini tidak lagi menjualnya. Marketing and Aftersales Director PT HPM, Jonfis Fandy pernah mengatakan bahwa konsumen Indonesia tidak terlalu suka dengan desain mobil mengotak. Tapi untuk segmen medium MPV, mobil desain boxy justru punya pangsa pasar yang cukup besar. Terlihat dari Nissan yang masih memasarkan Serena hingga saat ini.

>>> Baca juga: Tampilan ala SUV, Berikut Tips Lengkap Membeli Nissan Grand Livina X-Gear Bekas

Namun untuk membeli kondisi barunya saat ini tergolong mahal. Tipe terendahnya yakni Nissan Serena 2.0L X dibanderol Rp 390 jutaan. Sementara tipe tertingginya yakni Autech mencapai Rp 480 jutaan. Bila Anda tertarik dengan Nissan Serena ini, solusinya adalah membeli kondisi bekasnya. Dalam listing Cintamobil.com, Nissan Serena produksi 2015-2016 berkisar Rp 270 jutaan hingga Rp 330 jutaan tergantung kondisi dan lokasi mobil.

Tampak belakang Nissan Serena yang mengotak

Nissan Serena mempunyai desain bodi yang mengotak dan bukan selera banyak orang

Salah satu kelebihan dari Nissan Serena ini adalah kabinnya yang luas. Jarak legroom pada semua baris terasa lega dengan akses yang mudah. Salah satu yang menarik dari Nissan Serena ini adalah bangku tengah pada baris ketdua bisa digeser ke depan dan membuatnya menjadi captain seat. Sehingga Anda bisa memilih apakah ingin membuat baris kedua untuk dua penumpang atau tiga penumpang.

>>> Baca juga: Bukan Hanya Odometer, Inilah Tips Memeriksa Usia Dan Kondisi Pakai Mobil Bekas

Nissan Serena dibekali mesin berkode MR20 dengan kapasitas 1.997 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 147 dk pada 5.600 rpm dan torsi 206 Nm di 4.400 rpm.Mesin tersebut cukup bertenaga untuk sebuah medium MPV dengan dimensi yang cukup besar. Namun untuk efisiensi BBM tidak terlalu irit tapi Anda bisa mengoptimalkan melalui fitur ECO Mode. Pun ketika melalui jalanan menanjak atau membutuhkan tenaga lebih untuk mendahului mobil di depan bisa mengubahnya ke Sport Mode melalui tombol di tuas perseneling. Lantas apa saja yang harus diperiksa dan diperhatikan ketika membeli Nissan Serena bekas?

Kelebihan Nissan Serena luas

Nissan Serena mempunyai keunggulan kabin yang luas dan cocok untuk keluarga

Teknis

Ketika Anda berencana membeli Nissan Serena bekas, salah satu yang wajib diperhatikan adalah kondisi mesin. Meski masih berusia muda dibawah 5 tahun, lakukan test drive untuk memastikan saat melaju tenaga mesin merata pada setiap putaran. Usahakan melintas di jalanan menanjak dan posisikan tuas perseneling di L (low), pastikan mobil bisa melaju dengan baik yang artinya kondisi mesin masih bagus. Buku servis juga bisa menjadi panduan bahwa pemilik sebelumnya melakukan perawatan berkala dengan tertib di bengkel resmi.

>>> Mungkin Anda tertarik: 4 Pilihan Mobil Bekas Minivan Terbaik di Listing Cintamobil.com Dibawah Rp 150 juta

Bila Anda tidak terlalu mengerti soal teknis mobil, bawa ke bengkel resmi bersama pemilik sebelumnya untuk dilakukan general check. Cukup membayar sekitar Rp 600 ribuan, seluruh komponen akan diperiksa oleh bengkel resmi dan Anda juga bisa mengetahui histori Nissan Serena incaran tersebut. Komponen apa saja yang pernah diganti dan rusak sehingga tidak lagi mengeluarkan biaya banyak kedepannya.

Periksa mesin Nissan Serena untuk memastikan dalam kondisi baik

Pemeriksaan mesin menjadi hal wajib, bila perlu lakukan general check ke bengkel resmi

Hal teknis lainnya yang juga harus Anda perhatikan adalah fitur-fitur menggunakan sistem elektrik. Seperti pintu geser yang bisa dibuka dan ditutup oleh pengemudi melalui tombol di samping setir pastikan bisa dioperasikan. Selain itu juga panoramic roof untuk tipe Autech, cek apakah berfungsi dengan baik saat dibuka dan ditutup. Fitur elektrik lainnya adalah pengatur spion (electric mirror). Saat Anda melakukan test drive, coba mengatur spion dengan tombol electric mirror dan juga cek buka tutup spion secara elektrik bisa berfungsi dengan baik.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Non-teknis

Berbicara kenyamanan, bantingan suspensi yang empuk khas Nissan bisa dirasakan pada Serena. Sayangnya untuk tipe tertinggi yakni Autech dengan adanya tambahan body kit membuat ground clearance menjadi lebih rendah. Anda harus berhati-hati ketika melintasi jalanan berkontur kasar atau rusak seperti lubang atau gundukan tinggi. Kolong bumper atau side skirt bisa tergores karena menyerempet bebatuan atau aspal.

Sebagai mobil keluarga yang mempunyai meja makan pada baris kedua, pastikan kondisi interior tidak terlalu kotor. Periksa secara mendetail, seperti kolong bangku hingga lipatan karpet. Aktivitas makan di mobil tentu tidak terelakkan untuk sebuah mobil keluarga. Terlebih ketika pemilik sebelumnya mempunyai anak balita yang cara makannya mungkin belum terlalu apik sehingga ada remahan2 kue atau biskuit yang bertebaran. Selain itu bahan fabric pada jok kulit dan door trim dari pabrik juga rawan akan sobek. Pastikan semua dalam kondisi baik.

Nissan Serena cukup banyak menggunakan karet pada bagian-bagian pintu untuk meredam saat pintu ditutup. Cek apakah karet masih dalam kondisi baik tidak aus dan tidak robek. Karena bila ada karet yang sudah aus dan sobek, bisa menimbulkan bau pada mobil karena air mudah masuk ke dalam kabin. Karet-karet yang sudah aus dan sobek itu pun harus diganti dan Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0