Produk Andalan PT Toyota Astra Motor Di Kelas LCGC Hatchback, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Agya 1.2 TRD-S AT

18/06/2019

Jual beli

7 menit

Produk Andalan PT Toyota Astra Motor Di Kelas LCGC Hatchback, Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Agya 1.2 TRD-S AT
Setelah kami mencoba lebih dari 3000 kilometer jauhnya mobil Toyota Agya 1.2 TRD-S AT ini, inilah kelebihan dan kekurangan Toyota Agya 1.2 TRD-S AT menurut Cintamobil.com

Pada saat libur lebaran 2019 lalu, kami mendapatkan kesempatan istimewa dari PT Toyota Astra Motor untuk merasakan mobil LCGC (Low Cost Green Car) kompak andalan mereka yakni Toyota Agya 1.2 TRD-S AT. Awalnya kami sempat skeptis dengan mobil ini, maklum saja tester Cintamobil.com yang biasa mencoba mobil ini tidak terlalu terbiasa dengan mobil dengan ukuran kompak. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Agya 1.2 TRD-S AT ini? Yuk, simak ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Agya 1.2 TRD-S AT ini.

Tampak Logo Toyota Agya TRD-S

Apa saja kelebihan dan kekurangan Toyota Agya 1.2 TRD-S AT?

Kelebihan Toyota Agya 1.2 TRD-S AT :

1. Kabin Lega

Salah satu Kelebihan Toyota Agya 1.2 TRD-S AT Lega

Meski dimensinya kompak namun kelegaan kabin mobil ini menyenangkan kami

Salah satu kelebihan dari mobil Toyota Agya 1.2 TRD-S AT yang kami tes lengkap ini adalah kabinnya yang lega. Kami jamin 5 orang dewasa dengan ukuran tubuh normal tidak akan kesempitan ketika berada di dalam LCGC kompak keluaran geng Astra ini. 

2. Fitur Safety Lengkap

Tampak Modul ABS Toyota Agya TRD-S AT

Mengerem mendadak tidak akan jadi masalah karena ada modul ABS di semua varian Toyota Agya

Hal kedua yang menjadi kelebihan dari mobil Toyota Agya 1.2 TRD-S AT ini adalah fitur keselamatannya yang tergolong oke punya. Semua kursi sudah dilengkapi dengan seatbelt ELR 3 titik, lalu pintu mobil sudah ada side impact beam, serta rem sudah mengadopsi teknologi ABS.

>>> Komparasi Bekas vs Baru: Toyota Kijang Innova Reborn 2.0 G vs All New Toyota Rush TRD, Harga Beda Tipis Mending Mana?

3. Radius Putar Juara

Tampak Ban dan pelek Toyota Agya TRD-S AT

Radius putar mobil ini sangat memadai dan memudahkan manuver dipadatnya ibu kota

Radius putar juga jadi kelebihan dari mobil Toyota Agya 1.2 TRD-S AT ini. Karena kami merasakan sendiri mudahnya berputar balik dengan mobil kompak ini. Maklum saja, dengan penggerak roda depan, maka ackermann steering angle mobil ini dapat dimaksimalkan. Radius putar mobil ini sendiri adalah 4,7 meter.

4. Akselerasi Memadai

Tampak Mesin 3NR-VE Toyota Agya TRD-S AT

Tenaga 88 PS dan torsi 104 Nm pada mobil ini membuat performa mobil ini cukup memadai

Meski kapasitas mesinnya hanya 1.200 cc, namun Anda jangan sekali-sekali meremehkan performa yang dihasilkan mobil ini. Karena, dengan bobot ringan dibawah 1 ton, membuat akselerasi mobil ini memadai. Bahkan kami sempat coba top speed mobil ini mampu menyentuh 165 km/jam dengan mobil diisi 3 orang dewasa.

5. Konektivitas Bluetooth

Tampak Head Unit Toyota Agya TRD-S AT

Meski tidak ada layar sentuhnya, namun konektivitas bluetooth cukup membantu 

Hal terakhir yang jadi kelebihan dari Toyota Agya 1.2 TRD-S AT ini adalah konektivitas bluetooth pada head unit-nya. Meski terkesan jadul tanpa adanya monitor, namun menurut kami hal ini sudah cukup untuk mobil yang dilego dengan harga tidak sampai Rp 160 juta ini.

>>> Waspada, Menggunakan Semprotan Nyamuk di Kabin Mobil Bisa Berbahaya

Kekurangan Toyota Agya 1.2 TRD-S AT :

1. Relatif Kurang Hemat BBM

Cara Isi BBM Toyota Agya TRD-S AT

Sayangnya meski kompak dan mesinnya bertenaga ia tidak lebih irit BBM dari rival terdekatnya

Sayangnya bodi kompak dan mesin bertenaga tidak terlalu menjadikan mobil ini hemat BBM. Bila dibandingkan dengan rival terdekatnya, mobil Toyota Agya TRD-S AT ini masih lebih boros baik untuk konsumsi BBM dalam kota maupun tol. Kami rasa perlu revisi pada transmisi mobil ini agar lebih pintar atau sekalian pasang CVT.

2. Bagasi Kecil

Tampak Bagasi Toyota Agya TRD-S AT

Bagasi mobil ini juga tidak seluas rival terdekatnya sesama buatan Jepang

Memang, mobil ini didesain kompak untuk keperluan dalam kota. Namun sayangnya ini jadi salah satu kekurangan Toyota Agya 1.2 TRD-S AT, karena ruang kargo mobil ini lagi-lagi lebih kecil dari rivalnya dan kurang praktis. Kami rasa PT Toyota Astra Motor akan merevisi kelemahaan ini pada versi facelift.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

3. Kurang Fun To Drive

Tim Cintamobil.com sedang Mengemudi Toyota Agya TRD-S AT

Harusnya mobil kecil dengan mesin besar bisa fun to drive tapi yang ini tidak

Satu lagi yang menjadi kelemahan krusial mobil LCGC kompak ini adalah kurangnya unsur fun to drive. Setirnya luar biasa hambar dan tidak menggugah dikemudikan seperti rival terdekatnya. Kami sangat berharap PT Toyota Astra Motor melakukan ubahan teknis agar menambah unsur fun to drive mobil ini.

>>> Ingin membeli mobil Toyota baru? Dapatkan daftarnya di sini

4. Transmisi Otomatis Kurang Pintar

Transmisi Konvensional Toyota Agya TRD-S AT

Sebaiknya PT TAM mempertimbangkan untuk memasang transmisi CVT pada LCGC kompak andalannya ini

Kelemahan pada poin keempat ini menjadi pemicu kelemahan poin sebelumnya. Transmisi otomatis konvensional 4 percepatan yang diusung Toyota Agya TRD-S AT ini memang halus, namun sayangnya ia kurang pintar membaca kemauan pengemudi maupun kondisi jalan. Saran kami, pakai CVT saja untuk versi terbarunya.

5. Pengaturan AC Sederhana

Tampak Pengaturan AC Toyota Agya TRD-S AT

Tuas pengatur AC seperti ini membuatnya terlihat kuno

Bila dibandingkan dengan rival terdekatnya yang kantornnya berdekatan dengan geng Sunter ini, tombol pengaturan AC dari Toyota Agya TRD-S AT ini terlalu sederhana. Pun begitu dengan fungsinya, tidak ada pengaturan arah semburan ke kaki apalagi pemanas kaca belakang.

>>> Tips dan trik lainnya bisa Anda dapatkan hanya di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top