Pre Delivery Inspection, Langkah Wajib Saat Mobil Baru Tiba di Rumah

29/06/2019

Jual beli

4 menit

Pre Delivery Inspection, Langkah Wajib Saat Mobil Baru Tiba di Rumah
Melakukan Pre Delivery Inspection wajib Anda lakukan ketika mobil baru yang Anda beli tiba di rumah. Lakukan hal ini sebelum Anda menandatangani surat serah terima kendaraan.

Ketika mobil baru tiba di rumah Anda, tentu perasaan bahagia dan bangga akan muncul. Namun Anda tetap wajib waspada, ada beberapa hal yang patut diperhatikan saat pihak diler mengantarkan kendaraan impian Anda ke rumah.

>>> Pertama Kali Membeli Mobil, Pilih Mobil Bekas Atau Mobil Baru?

Langkah tersebut sering disebut Pre Delivery Inspection (PDI). Yakni sebuah pengecekan menyeluruh terhadap kendaraan yang baru diantar pihak diler ke rumah sebelum surat serah terima kendaraan ditandatangani kedua belah pihak.

Cek Fisik Mobil

seorang sedang cek kendaraan

Lakukan cek menyeluruh pada bagian eksterior dan interior mobil

Pada saat beli mobil baru dan mobil tiba di rumah dengan diantarkan oleh pihak diler, sebaiknya Anda langsung lakukan pengecekan fisik kendaraan tersebut. Walaupun ini adalah mobil baru, tetapi tetap lakukan pengecekan seperti Anda ingin membeli mobil bekas.

>>> Temukan promo beli mobil baru paling menarik disini

Periksa apakah ada bagian bodi yang baret termasuk bagian kaca, yang mungkin terjadi saat proses perjalanan mobil dari diler ke rumah Anda. Periksa ruang interior apakah masih mulus atau ada sedikit robek. Jika jok masih terbungkus plastik, minta pihak diler untuk membuka semua plastik itu agar pengecekan lebih jelas.

Buka juga bagian kap mesin, perhatikan kondisi mesin dan komponen-komponen pada mesin. Pastikan kondisi mesin tidak ada tanda-tanda sudah dilakukan pengantian, termasuk pada bagian aki. Langsung tanyakan ke pada pihak diler jika menemukan ada bekas oli atau rembesan air di ruang mesin.

Saat proses Pre Delivery Inspection, perhatikan juga odometer di kendaraan tersebut. Sewajarnya mobil dikirim ke rumah konsumen tidak lebih dengan jarak 10 km. Jika lebih dari itu, Anda berhak pertanyakan kepada petugas diler yang mengirim kendaraan tersebut.

>>> Listing mobil bekas berkualitas disini

Cek Kelengkapan Dokumen

interior mobil

Jika interior masih dibungkus plastik, minta pihak diler untuk membukanya

>>> Tips perawatan kendaraan ada disini

Kelengkapan dokumen juga wajib diperhatikan saat proses Pre Delivery Inspection. Pastikan nomor rangka dan nomor mesin pada STNK dan BPKB sesuai dengan nomor di kendaraan. Cocokkan juga nomor VIN (Vehicle Idetification Number) kendaraan antara di surat dengan kendaraan tersebut.

Jika Anda membeli secara kredit, pastikan saat Pre Delivery Inspection dokumen dari lembaga pembiayaan lengkap. Misalnya surat perjanjian kredit, polis asuransi, serta alamat kantor lembaga pembiayaan yang memfasilitasi kredit kendaraan Anda.

>>> Tips & trik menarik lainnya baca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top