Pinjam Uang Teman untuk Membeli Mobil? Hati-hati Tunggakan Berlipat

17/03/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Pinjam Uang Teman untuk Membeli Mobil? Hati-hati Tunggakan Berlipat
Pernahkah Anda terpikir pinjam uang teman untuk membeli mobil? Alih-alih dengan alasan tidak akan terkena bunga pinjaman, banyak yang menyepelekan mekanisme peminjaman uang seperti ini. Padahal jika tidak diperhatikan, Anda akan lebih tercekik utang sehingga tak sanggup membayarnya.

Kepemilikan mobil saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok. Mobil tidak lagi sebagai barang mewah, namun telah menjadi alat kebutuhan penunjang untuk aktifitas harian. Bahkan banyak yang menyamakan kebutuhan akan mobil pribadi sudah sama dengan kebutuhan akan rumah.

Lalu bagaimana jika dana yang Anda miliki tidak mencukupi untuk membeli sebuah mobil? Tentu solusinya bisa membeli dengan cara kredit. Tetapi perlu diperhatikan, dalam mekanisme kredit mobil juga butuh berberapa persyaratan. Diantaranya wajib memberikan uang muka (DP/Down Payment).

Nah, pada beberapa kasus, seseorang juga tidak memiliki dana cukup untuk membayar DP tersebut. Padahal ia amat membutuhkan sebuah mobil. Beberapa pihak pun menyarankan pada kasus seperti ini ada baiknya meminjam uang kepada pihak lain speerti teman atau keluarga. Tapi lagi-lagi, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan saat harus pinjam uang teman untuk membeli mobil.

Meminjam uang dari teman untuk beberapa keperluan seperti membeli mobil memang cukup fleksibel. Karena Anda tidak akan dikenai bunga pinjaman seperti jika meminjam dari bank atau leasing. Tetapi perlu diperhatikan juga, jangan sampai pinjaman dari teman ini malah membuat Anda sengsara karena tak mampu membayarnya.

1. Perhitungkan Besar Pinjaman

Gambar menunjukkan seorang yang sedang menghitung uang di amplop

Besarnya pinjaman jangan berlebihan agar tidak kerepotan saat membayarnya

Dikutip Cintamobil.com dari Tribunnews, ketika akan memaksakan diri untuk membeli mobil secara kredit namun tak mampu membayar uang muka, maka sebaiknya pinjam sebagian. Misalnya Anda memiliki kekurangan 15 persen dari besar uang DP yang harus dibayar, maka pinjam hanya sebesar yang dibutuhkan.

Contohnya, uang muka untuk pembelian mobil itu Rp100 juta, tetapi uang tabungan Anda baru Rp85 juta, maka sebaiknya pinjam hanya sebesar Rp15 juta. Ini tentu akan memperingan cicilan Anda nantinya.

>>> Penghasilan Cukup Tapi Kredit Mobil Ditolak? Mungkin Ini Penyebabnya

2. Pikirkan Cara Membayarnya

Gambar menunjukkan teman menyerahkan uang

Lebih baik hindari meminjam uang dari teman untuk membayar DP kredit mobil

Sementara itu dari tim Futuready malah menyarankan jika akan pinjam uang teman untuk membeli mobil apalagi membeli secara kredit sebaiknya dihindari. Karena dengan cara ini Anda akan memiliki dua tunggakan. Pertama tanggungan cicilan mobil tersebut yang ahrus Anda bayar tiap bulan, kedua cicilan hutang kepada teman yang memberikan pinjaman kepada Anda.

Ada baiknya bersabar dan menabung sampai uang yang Anda miliki cukup untuk membeli mobil. Paling tidak, uang itu cukup untuk membayar uang muka saat Anda membeli mobil secara kredit. "Sebaiknya untuk uang muka pembelian mobil adalah dari penghasilan bulanan yang sudah Anda sisihkan," tulis Futuready.

>>> Cari Kredit Mobil Tanpa Riba? Ini Dia 5 Lembaga Pembiayaan yang Bisa Anda Pilih

3. Lakukan Transaksi di Bank Atau Secara Virtual

Gambar menunjukkan tumpukan uang di bank

Hindari memegang fisik uang karena khawatir ada virus corona di uang tersebut

Nah kalau tips yang satu ini masih terkait dengan wabah virus corona yang saat ini masih menyerang Indonesia. Ketika Anda memutuskan untuk pinjam uang teman untuk membeli mobil, sebaiknya minta uang itu dikirimkan dengan cara transfer antar bank. Bisa di teller bank Anda atau melalui mobile banking. Begitupun ketika akan membayar mobil yang Anda ingin beli. Lakukan melalui transfer antar bank.

Jangan melakukan transaksi dalam bentuk fisik tunai. Karena boleh jadi di setiap lembaran uang itu terdapat virus corona yang jika tersentuh tangan Anda, maka Anda bisa terinfeksi virus tersebut. Kalau terpaksa menyentuh uang, segera bersihkan tangan Anda menggunakan sabun atau hand sanitizer. Jangan sampai virus terlanjur menyebar ke bagian tubuh Anda yang lain seperti muka atau pakaian.

>>> Pilihan Kredit Mobil, Melalui Bank Atau Lembaga Pembiayaan?

4. Trik Membeli Mobil dengan Harga Murah

Gambar menunjukkan seorang membeli mobil bekas sedang mendengar saran dari konsultan mobil di dealer

Cukup beli mobil bekas kalau dana yang ada terbatas

>>> Takut Tertular Virus Corona, Yuk Manfaatkan Beli Mobil Secara Online

Membeli mobil dengan cara meminjam uangnya dari teman sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan pembelian mobil itu dilakukan secara tunai, bukan kredit. Dikutip dari Cermati, ada beberapa tips untuk bisa mendapatkan mobil dengan harga terbaik jika dana yang Anda miliki terbatas.

  • Beli Mobil Bekas Berkualitas

Saat akan memiliki mobil tapi dana yang Anda punya terbatas atau bahkan Anda perlu meminjam uang teman dahulu demi mempunyai sebuah mobil, maka sebaiknya cari mobil bekas saja bukan mobil baru. Karena mobil bekas pasti harganya sudah lebih murah dibanding mobil baru. Bahkan ada mobil bekas yang harganya bisa separuh di bawah mobil barunya.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap dengan harga paling murah ada disini

  • Beli Mobil dari Pemiliknya Langsung

Gambar menunjukkan sebuah unit mobil dijual

Beli mobil bekas dari pemilik langsung memiliki beberapa keuntungan

>>> Anda berencana untuk membeli mobil? Jangan tinggal beberapa tips dan trik yang bermanfaat dari ahli otomotif di sini

Saat memilih untuk membeli mobil bekas, sebaiknya beli dari pemiliknya langsung bukan dari dealer atau showroom mobil bekas. Ada beberapa keuntungan dengan membeli dari pemiliknya langsung. Antara lain kondisi mobil bisa dilihat secara real, tanpa ada polesan yang ditutupi yang biasanya sering dilakukan pihak dealer. Selain itu Anda juga bisa nego harga jual mobil tersebut, langsung dari pemiliknya. Sering kali sang pemilik akan menerima penawaran harga yang cocok, jika mereka melihat calon pembelinya akan merawat mobil tersebut.

  • Ajukan Peminjaman Setelah Mobilnya Dapat

Ketika memutuskan untuk membeli mobil, pastikan Anda terlebih dahulu mendapatkan mobil yang diicar, baru mengajukan pinjaman ke teman atau keluarga Anda. Karena dengan begitu, dana yang dipinjamkan oleh teman tersebut akan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai kurang atau berlebihan ya...!

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar otomotif ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tertarik Membeli Mobil? Berikut Tips Menghitung Simulasi Kredit Mobil Bekas

08/12/2019

Jual beli

3 menit

Jika tidak diperhitungkan secara jeli, membeli mobil bekas secara kredit bisa menjadi masalah di kemudian hari. Oleh karena itu, Cintamobil.com mengajak Anda menghitung simulasi kredit mobil bekas.

Lihat juga

Ingin Membeli Mobil Baru, Pahami Dulu Perbedaan DP dan TDP

17/01/2019

Jual beli

6 menit

Sebagian besar dari kita hanya mengetahui DP yang dibayarkan ketika membeli mobil dengan sistem cicilan. Namun ternyata masih ada TDP. Lalu, apa sebenarnya perbedaan DP dan TDP?

Lihat juga

Hati-hati Membeli Mobil Impor, Tidak Semua Diterima Asuransi

Membeli mobil melalui importir umum (IU) yang tidak dijual oleh agen pemegang merek (APM) memang memberi kesan eksklusif tersendiri. Tapi hati-hati, karena tidak semua mobil impor diterima oleh perusahaan asuransi ketika Anda mengajukannya.

Lihat juga

Review Toyota Avanza S 2006

15/12/2018

Editor rate:

Toyota Avanza tipe S hadir pada tahun 2006 sebagai jawaban atas hadirnya Suzuki APV dan Mitsubishi Maven. Apakah mobil ini mampu memikat hati konsumen Indonesia yang cinta akan mobil keluarga?

Lihat juga

Harga mobil X-Trail: Daftar Harga Nissan X-Trail & Promo Terbaru 2020

01/09/2020

Nissan

Dalam kategori Sport Utility Vehicle (SUV), Nissan juga memiliki produk unggulan ternama yang dirilis pada tahun 2014. Kendaraan yang memadukan tampilan eksterior maskulin serta performa unggul di beragam medan ini, diberi nama Nissan X-Trail. Apa saja fitur-fitur terbarunya? Berapa harga Nissan X-Trail ini?

Lihat juga