Pilihan Mobil Bekas Keluarga: Toyota Kijang Krista 2002 yang Melegenda

29/08/2019
Toyota Kijang bisa dibilang salah satu mobil keluarga terpopuler di masanya. Bagi Anda yang ingin membeli mobil ini, Anda bisa mencari Toyota Kijang Krista 2002, edisi terakhir dari Kijang yang dipasarkan di Indonesia.

Toyota Kijang Krista 2002 merupakan generasi terakhir yang mendapatkan facelift, sebelum Toyota memperkenalkan Toyota Innova untuk menggantikan ‘mobil sejuta umat’ ini. Dengan mengubah bentuk foglamp hingga melebar ke samping, lampu belakang juga diubah menjadi lebih segitiga.

Sebelas tahun bertahan. Toyota memperkenalkan generasi keempat Kijang dengan perubahan eksterior dan interior pada 1997. Menawarkan empat pilihan model dengan sasis panjang dan pendek varian termewah dinamai Kijang Krista untuk sasis panjang dan Rangga untuk sasis pendek. Sayangnya, Kijang Rangga hanya bertahan hingga tahun 1999.

bagian depan Toyota Kijang Krista 2002 berwarna perak 
Toyota Kijang Krista 2002 yang melegenda di jalanan Indonesia

Dengan derajatnya sebagai varian termewah dari Kijang kala itu, tentu tak mengherankan eksterior dan interior terlihat lebih mewah dibandingkan varian lainnya. Penambahan yang terlihat pada bagian luar Krista adalah over fender, warna bodi two-tone, serta interior yang lebih mewah dibandingkan varian di bawahnya.

>>> Review Toyota Kijang LGX EFI Facelift 2002, Kijang Terakhir Yang Benar-Benar 'Kijang'

Tips membeli Kijang Krista 2002

Spesifikasi mobil Kijang Krista 2002 menggunakan mesin 1.800 cc OHV 4 silinder segaris, cukup untuk membawa 7 orang penumpang. Bushing arm yang terbuat dari bahan yang elastis dan kuat juga memberikan kenyamanan ketika melewati jalanan berlubang. Dengan umurnya yang sudah berkepala dua, komponen-komponen ini harus diperhatikan.

Kijang yang disenangi karena kenyamanan di dalam berkat suspensi per daun yang bantingannya tergolong lembut pasti bekerja keras selama digunakan. Karena itu, waspadai sisi depan dan belakang kemungkinan per daun mobil melengkung atau masih kuat. Suspensi yang melengkung bisa menyebabkan mobil miring ke satu sisi.

>>> Nostalgia Bersama Keluarga, Ini Dia Harga Mobil Kijang LGX Bekas Bandung

interior Toyota Kijang Krista 2002 berwarna hitam dan merah 
Anda bisa mendapatkan interior yang sudah dimodifikasi

>>> Ingin membeli Toyota Kijang bekas? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Tak lupa, cek juga kondisi komponen fast moving, seperti kampas rem, busi, dan lainnya. Selain itu, pastikan kondisi karet bodi yang kerap aus. Jika Anda menemukan keausan, Anda harus rela mengeluarkan uang lebih untuk memperbaiki eksterior.

Untuk bagian dalam, beberapa pengguna melakukan modifikasi Kijang Krista 2002 dengan memberikan pelapis pada jok. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan mobil dengan jok yang sudah dilapis ulang. Walaupun ketika dibandingkan dengan mobil yang lebih baru, Kijang Krista memang memiliki fitur multimedia yang masih minim. Sedangkan fitur keselamatan hanya sebatas seatbelt.

>>> Mencari mobil Toyota lainnya? Anda bisa temukan beragam mobil di sini

Harga Kijang Krista tahun 2002

Dengan umurnya yang sudah cukup tua, Kijang Krista memiliki daya jual yang masih tinggi dengan harga yang tetap stabil. Alasannya? Masih banyak konsumen yang menginginkan Krista karena kenyamanannya ketika dibawa berkendara. Belum lagi mesin yang tangguh dan enak dibawa kemana saja.

bagian belakang Toyota Kijang Krista 2002 berwarna perak 
Harga Toyota Kijang Krista 2002 bekas yang tetap stabil

Bagi Anda yang ingin membeli mobil ini, harga Kijang Krista tahun 2002 bisa Anda dapatkan dengan rentang Rp70 jutaan hingga Rp100 jutaan. Dengan banyaknya Krista bekas dijual di sebagian daerah Tanah Air, Anda bisa memilih mobil dengan harga yang sesuai dengan Anda.

Tapi ingat, lakukan uji jalan untuk mengetahui pengendaraan dan rasa mengemudinya sebelum membeli. Jika bisa, tanyakan tentang perawatan berkala untuk memastikan kondisi kendaraan. Tapi dengan masih banyaknya Toyota Kijang Krista 2002 di jalanan, Anda tak perlu ragu untuk masalah sparepart hingga perawatan.

>>> Dapatkan berbagai tips Cintamobil.com lainnya hanya ada di sini!

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain