Pilihan Kredit Mobil, Melalui Bank Atau Lembaga Pembiayaan?

09/05/2019

Jual beli
Share this post:
Pilihan Kredit Mobil, Melalui Bank Atau Lembaga Pembiayaan?
Banyak pilihan untuk melakukan kredit kendaraan bermotor. Kelebihan dan kekurangan menjadi tolak ukur untuk memilihnya. Bila Anda bingung pada pilihan kredit mobil, melalui Bank atau Lembaga Pembiayaan? Berikut penjelasannya.

Banyak cara untuk bisa memiliki mobil pribadi. Paling sering dilakukan oleh konsumen adalah melakukan pembayaran secara tunai atau mengandalkan lembaga pembiayaan untuk melakukan kredit. Menggunakan lembaga pembiayaan paling sering digunakan oleh konsumen mengingat semakin tingginya harga mobil saat ini.

>>> Ingin mobil bekas dengan usia tua? Simak tips lengkapnya disini

Selain melalui lembaga pembiayaan atau dikenal leasing, juga bisa melalui bank. Umumnya bank menyediakan bantuan untuk melakukan kredit yang dinamai KKB (Kredit Kendaraan Bermotor). Baik lembaga pembiayaan maupun bank punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut penjelasannya.

1. Down Payment (DP)

Dalam Surat Edaran Bank Indonesia BI No. 15/40/DKMP tanggal 23 September 2013 mengatur bahwa syarat uang muka kendaraan bermotor melalui bank, yaitu KKB minimal 25% untuk kendaraan roda dua (sepeda motor) dan 30% untuk kendaraan roda tiga atau lebih (mobil) untuk tujuan non-produktif. Sedangkan untuk kendaraan produktif dalam hal ini kendaraan niaga, dinas atau angkutan umum dikenakan DP 20% dari harga keseluruhan.

Konsumen memperhatikan besaran DP dan jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulannya

Sudah ada peraturan dimana membeli mobil harus membayar uang muka (DP) sekitar 20% hingga 30%

Sedangkan DP dari lembaga pembiayaan atau leasing menurut Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 43/PMK.010/2012 adalah minimal 20% untuk kendaraan roda dua atau tiga dan 25% untuk kendaraan roda empat atau lebih. Adapun DP minimal untuk kendaraan roda empat atau lebih untuk tujuan produktif adalah 20% dari harga keseluruhan untuk pilihan kredit mobil.

>>> Ingin kredit mobil, perhatikan 5 hal penting ini

2. Bunga Kredit

Deretan mobil bekas yang bisa Anda kredit juga mempunyai bunga kredit yang bervariasi

Bunga kredit melalui bank umumnya lebih rendah dibandingkan leasing

Bank biasanya menawarkan layanan pembiayaan KKB dengan bunga yang rendah. Sebagai contoh, bila kredit melalui bank saat ini rata-rata bunga berkisar 3% sampai 7% tergantung dari kebijakan bank masing-masing dengan pilihan tenor 1 hingga 5 tahun. Sementara juka melalui lembaga pembiayaan atau leasing berkisar 4% hingga 15% per-tahun. Namun pilihan tenor saat ini beberapa lembaga pembiayaan ada yang bisa sampai 7 tahun dalam pilihan kredit mobil.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

3. Proses Kredit

Proses dan persetujuan kredit melalui bank biasanya lebih sulit

Bila Anda ingin proses singkat, melalui leasing umumnya lebih cepat

Dari sisi pelayanan, mengajukan kredit kendaraan bermotor di bank umumnya lebih sulit. Hal ini dikarenakan banyak persyaratan yang dibutuhkan. Begitu juga dengan waktu persetujuan, bank membutuhkan waktu lebih lama antara 3 sampai 6 minggu. Berbeda dengan leasing dimana persyaratan yang dibutuhkan tidak sebanyak kredit melalui bank. Sehingga untuk proses persetujuan sendiri beberapa lembaga pembiayaan ada yang cukup satu hari jika persyaratan sudah lengkap dan tidak ada masalah sebagai pilihan kredit mobil.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

4. Asuransi

Asuransi menjadi kewajiban untuk setiap mobil yang dibeli secara kredit

Lembaga pembiayaan baik bank atau leasing mewajibkan konsumen kredit mobil mengambil asuransi baik TLO maupun komprehensif

Umumnya setiap mobil baru yang dibeli dengan kredit baik oleh bank atau leasing diwajibkan untuk ikut asuransi, baik asuransi TLO (total loss only) ataupun komprehensif. Tergantung kesepakatan dengan pihak bank atau leasing masing-masing. Selain untuk perlindungan nasabah, fungsi asuransi juga untuk jaminan pertanggung jawaban perusahaan finance atau bank apabila terjadi kehilangan. Sudah jelas bukan kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan kredit mobil? Semoga membantu!

>>> Temukan banyak pilihan mobil bekas dari berbagai merek, tipe dan tahun hanya disini

Share this post:

Berita lain

Kredit Mobil, Enaknya Pilih Kredit Syariah Atau Konvensional?

27/04/2019

Jual beli

Membeli mobil adalah menjadi sebuah kebutuhan tersendiri bagi banyak keluarga. Tak jarang, masyarakat juga lebih cenderung menyukai pembelian mobil secara kredit ketimbang tunai. Selain karena cicilan yang ringan, alasan lain memilih sistem kredit mobil dikarenakan dapat memudahkan perencanaan finansial ke depannya. Selanjutnya, pertanyaan yang sering ditemui adalah lebih nyaman memilih kredit mobil syariah atau konvensional?

Lihat juga

Bakal Ada Syarat Baru Kredit Mobil Harus Bebas Denda Tilang

15/01/2019

Jual beli

Surat atau denda tilang yang tak diurus tak hanya bakal berbuah pemblokiran dokumen kendaraan, tapi bakal menimbulkan kesulitan lain. Si pelanggar bakal kesulitan saat mengajukan kredit mobil di perbankan dan dealer.

Lihat juga

Tak Punya Dana Cash? Beli Mobil dengan Memilih Kredit Mobil Terbaik

10/05/2018

Jual beli

Beberapa konsumen akan menghabiskan hari-hari mereka untuk mencari harga terandah dari mobil yang dijual. Tapi, banyak konsumen atau calon konsumen yang lalai berbelanja untuk memilih kredit mobil terbaik.

Lihat juga

Waspada! Ada Biaya Tambahan Saat Kredit Mobil Lunas

14/06/2017

Jual beli

Ketika Anda membeli mobil dengan cara kredit mobil, Anda harus memperhatikan kapan waktu kredit mobil lunas.

Lihat juga

Ingin Kredit Mobil, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

24/05/2017

Jual beli

Carilah tipe mobil yang sesuai kebutuhan, perhatikan harga beli mobil dan harga jual kembali, perbandingan beberapa dealer dan perusahanan leasing, lihat harga total yang harus Anda bayarkan, tentukan masa cicilan adalah hal-hal yang Anda harus perhatikan sebelum kredit mobil.

Lihat juga
 
back to top