Pilih Yang Mana: Mobil Baru atau Bekas?

24/05/2017

Jual beli
Share this post:
Pilih Yang Mana: Mobil Baru atau Bekas?
Pilih mobil bekas atau mobil baru adalah pertanyaan yang sering membuat kita bingung. Harga mobil bekas lebih murah namun kualitasnya tidak terjamin. Mobil baru harganya tinggi dan kualitas pun bagus dan terjamin. Jadi pilih yang mana? Mobil bekas atau mobil baru?

Pilih mobil bekas atau mobil baru? Apa saja yang harus pertimbangkan supaya tidak rugi? Beberapa orang memilih mobil bekas karena harganya  lebih murah. Sementara itu beberapa orang lain membeli mobil baru karena ia memiliki beragam keuntungan. Pilih mobil apa, baru atau bekas? Hal ini mungkin membuat Anda bingung. Berikut ini adalah empat pertimbangan yang dapat membantu Anda dalam memilih mobil yang sesuai.

3 mobil dengan warna berbeda membuat orang bingung dalam memilih
Pilih yang mana ya? Mobil bekas atau mobil baru?

1. Dana Untuk Membeli

Dana adalah hal pertama yang harus Anda pertimbangan. Jika Anda memiliki dana untuk membeli mobil secara tunai atau mampu membayar cicilan mobil Anda bisa membeli mobil baru. Namun, jika dana yang Anda miliki terbatas, mobil bekas adalah pilihan yang tepat  karena harganya lebih murah, baik dibeli secara tunai ataupun kredit.

2. Harga Jual Kembali

Satu  pertanyaan  yang harus Anda pertimbangkan  lagi adalah  bagaimana harganya bila Anda ingin menjual kembali? Harga mobil akan  turun dari tahun ke tahun . Biasanya, harga mobil akan terkena depresiasi bahkandi tahun-tahun pertama.

Jika dibandingkan, mobil baru bisa mengalami penurunan harga 20 sampai 30 persen di tahun-tahun pertama. Bahkan  ada yang terkena depresiasi hingga 50 persen di tiga tahun pertama. Sementara mobil bekas tidak mengalami depresiasi sebesar mobil baru.


>>> Baca juga: Top 10 model mobil dengan harga jual kembali tertinggi dalam tahun 2017

Staf montir dari Toyota sedang memeriksa mesin mobil
Perawatan mobil Toyota 

3. Perawatan

Perawatan mobil  menjadi  hal ketiga yang Anda harus perhatikan Jika membeli mobil baru Anda tidak perlu pikir terlalu banyak tentang soal perawatan dan servis kendaraan karena terdapat layanan servis berkala yang gratis sampai kilometer tertentu. Selain itu, mobil baru selalu didukung dengan mesin dan suku cadang yang baru jadi Anda tidak usah khawatir tentang kualitasnya.

Jika membeli mobil bekas Anda tidak mendapat  layanan servis berkala dan jika mesin atau suku cadang mengalami masalah berarti Anda harus menggantinya sendirian. Namun bukan semua mobil bekas juga seperti itu, masih ada mobkas dengan mesin masih bagus. Bahkan jika mobil bekas yang dibeli merupakan kendaraan keluaran baru, Anda bisa mendapatkan jaminan garansi suku cadang karena beberapa perusahaan mobil mempunyai garansi suku cadang 3-5 tahun.

Jam diding berwarna merah, uang dolar dan mobil
 

>>> Klik sini untuk membaca tips dan trik jual beli mobil dari para ahli
 

4. Waktu Membeli

Yang terakhir adalah pertanyaan yang paling simpel yakni waktu membeli.  Membeli mobil dianggap sama dengan memilih pasangan, tidak ada orang membeli mobil dalam kondisi sibuk atau gara-gara membelinya. Jika Anda tidak punya waktu banyak disarankan untuk membeli mobil baru, sementara  Anda memiliki waktu senggang Anda bisa memilih mobil bekas.

Jadi sekarang Anda sudah bisa menentukan untuk membeli mobil bekas atau mobil baru ya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sobat-sobat yang masih bingung dalam memilih mobil bekas atau mobil baru. Semoga cepat mendapat mobil idaman.
>>> Klik untuk membaca artikel lain tentang pengalaman

Share this post:
 
back to top