Pertimbangkan 10 Hal Ini Sebelum Memutuskan Membeli Mobil Listrik

07/05/2019

Jual beli
Share this post:
Pertimbangkan 10 Hal Ini Sebelum Memutuskan Membeli Mobil Listrik
Bukan hanya mobil konvensional saja yang perlu pertimbangan matang saat membelinya, mobil listrik juga demikian. Anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan membeli mobil listrik agar di kemudian hari tidak mengalami hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Mobil listrik menjadi tren baru di industri otomotif global. Selain perkembangannya yang kian masif, penjualan di berbagai negara juga mengalami peningkatan yang cukup pesat. Di Indonesia mobil listrik sedang menuju masanya, dan belum benar-benar dimulai. Meski demikian, bukan berarti mobil listrik belum dijual. Beberapa importir umum telah menjual mobil listrik macam Tesla, BMW i8 dan yang lain dengan jumlah yang terbatas.

Foto mobil listrik BMW i8 dari samping depan

Mobil listrik BMW i8 saat diperkenalkan di IIMS 2018

Nah, jika di kemudian hari mobil listrik benar-benar 'mengaspal' di tanah air dan Anda sudah berencana untuk membeli mobil listrik sejak saat ini, ada banyak hal yang mesti pertimbangkan mengingat mobil ini berbeda dengan mobil konvensional.

1. Berapa panjang jarak yang bisa ditempuh dalam kondisi baterai penuh?

Mobil listrik berhubungan dengan kenyamanan. Anda harus bisa mengetahui seberapa jauh jarak yang bisa ditempuh mobil listrik yang ingin Anda beli dalam kondisi baterai penuh, 150 km, 250 km, atau bisa sampai 500 km. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan di daerah mana mobil bakal kehabisan daya dan bisa mempersiapkan diri.

>>> Beda Kelas SUV Wuling Almaz vs Glory 560, Siapa Paling Layak Dibeli?

2. Apakah sesuai dengan kebutuhan?

Seperti halnya mobil konvensional, membeli mobil listrik juga harus mempertimbangkan kapasitas penumpang dan juga bagasi barang. Jika yang Anda butuhkan adalah mobil keluarga, Anda harus menyesuaikannya dengan memilih mobil listrik yang punya konfigurasi tempat duduk sebagaimana mobil keluarga serta bagasi lapang untuk membawa barang bawaan. Tapi jika mobil listrik hanya dipakai untuk pulang pergi ke tempat kerja yang lokasinya dekat, mobil listrik berdimensi kecil macam Wuling E100/E200 atau Smart Fortwo sudah mencukupi.

3. Lebih baik menyewa atau membeli?

Mau menyewa atau membeli mobil listrik, itu tergantung dari seberapa sering Anda menggunakannya. Jika dimungkinkan mobil jarang dipakai karena aktifitas Anda tidak terlalu membutuhkan kendaraan, lebih baik Anda menyewa saja di saat butuh ketimbang membeli, seperti memanfaatkan layanan taksi online atau rental. Tapi kalau tiap hari Anda butuh mobil untuk transportasi jarak dekat atau penunjang aktifitas sehari-hari, membeli mobil listrik layak dipertimbangkan.

>>> Temukan tips jual beli mobil lainnya di sini

Foto Hyundai Ioniq yang dioperasikan sebagai taksi online Grab

Pilih opsi paling menguntungkan antara membeli mobil listrik atau menyewa

4. Berapa daya listrik di rumah?

Baterai istrik butuh daya, begitu pula dengan mobil listrik. Butuh daya yang sesuai dengan spesifikasi baterai. Pertimbangkan apakah listrik di rumah mumpuni dipakai isi ulang daya baterai mobil. Jika tidak mampu, seperti listrik rumah yang hanya 1.300 watt, tentu ini akan merepotkan di kemudian hari.

5. Adakah stasiun pengisian umum di lokasi paling dekat?

Pertimbangkan juga ketersediaan stasiun pengisian umum di lokasi yang dekat dengan rumah atau tempat kerja seperti di tempat parkir umum, di parkir mall, di diler mobil baru, di sudut-sudut kota, atau stasiun pengisian umum yang disediakan pabrikan seperti yang dimiliki Tesla di berbagai wilayah Amerika.

6. Bagaimana mengurangi beban biaya listrik?

Jika tidak ada tempat pengisian umum terdekat alias Anda harus mengisi sendiri daya baterai dengan listrik rumah berarti Anda harus bersiap mengeluarkan dana lebih besar dan itu cukup membebani. Hal ini harus benar-benar Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan membeli mobil listrik.

>>> [INFOGRAFIK] Tak Selamanya Bagus, Ini Dia 5 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Foto proses pengisian mobil listrik menggunakan listrik di rumah

Pengisian mobil listrik butuh daya listrik yang besar

7. Berapa lama usia baterai?

Membeli dan menggunakan mobil listrik sama halnya dengan Anda menggantungkan hidup pada baterai. Seberapa lama baterai itu bisa digunakan sepanjang itulah Anda bisa menggunakan mobil listrik. Di Amerika usia baterai mobil listrik diatur oleh pemerintah. Pabrikan wajib menggaransi baterai minimal delapan tahun atau 100.000 mil (160.000 km). Pada prakteknya pabrikan memang menerapkan garansi yang berbeda-beda. Hyundai misalnya, pabrikan Korea Selatan ini memberikan garansi seumur hidup buat Hyundai Kona EV. Pabrikan lain seperti BMW, Chevrolet, Nissan, Tesla (Model 3) dan Volkswagen memberikan garansi jika kapasitas baterai ternyata lebih rendah (di bawah 60%-70%) dari yang seharusnya.

Tanpa adanya garansi Anda butuh dana yang besar untuk mengganti komponen paling penting ini, mulai dari $5.000 hingga $15.000 tergantung model dan mereknya.

8. Berapa besar biaya asuransinya?

Ini juga harus dipertimbangkan sebab biaya asuransi mobil listrik umumnya lebih besar dari mobil konvensional. Padahal risiko kecelakaan di jalan raya tidak memandang mobil listrik atau mobil konvensional dan Anda harus menyiapkan polis perlindungan agar biaya yang timbul tidak memberatkan.

>>> Perhatikan Dengan Seksama, 6 Hal Berikut Membuat Klaim Asuransi Ditolak

9. Haruskah punya baterai cadangan?

Kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan saat menggunakan mobil konvensional bisa lebih mudah dihindari karena ketersediaan SPBU amat banyak dimana-mana, tapi mobil listrik tidak demikian. Kehabisan daya di tengah jalan bisa jadi sangat merepotkan. Lalu apakah Anda harus memiliki baterai cadangan? Bisa iya bisa tidak.

Masing-masing punya konsekuensi. Jika Anda merasa harus memiliki baterai cadangan, ada biaya tambahan yang cukup besar untuk membelinya. So, dari pada buat beli baterai lebih baik disiasati dengan mengukur seberapa kemampuan mobil menempuh jarak dan jangan dipaksakan ke lokasi yang lebih jauh.

Foto Stasiun pengisian listrik mobil Tesla, memberi kemudahan kepada banyak pelanggan

Berhemat mengisi daya mobil listrik di stasiun pengisian umum

10. Lebih baik membeli mobil listrik baru atau bekas?

Ini tak jauh berbeda dengan mobil konvensional, membeli mobil listrik baru harganya pasti lebih mahal dari yang bekas. Keuntungannya Anda akan mendapatkan garansi secara penuh serta mendapatkan kenyamanan merasakan mobil baru. Namun jika keputusan Anda adalah membeli mobil bekas, Anda mendapatkan keuntungan dari sisi biaya sebab dana yang harus Anda keluarkan jauh lebih ringan dari pada membeli mobil baru.

Silahkan dipertimbangkan agar keputusan Anda membeli mobil baru di kemudian hari jadi keputusan terbaik.

>>> Mau beli mobil baru atau bekas, di Cintamobil.com saja. Koleksinya banyak harga menguntungkan!

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Perusahaan Swiss Kembangkan Baterai Mobil Listrik Yang Dapat Menempuh 1000 Kilometer

15/04/2019

Pengemudian

Tak bisa dipungkiri lagi, elektrifikasi adalah masa depan dunia otomotif. Namun demikan, masih ada beberapa hal yang menjadi kekhawatiran khalayak umum, salah satunya daya tempuh baterai mobil listrik.

Lihat juga

Genjot Elektrifikasi, Porsche Buka Kemungkinan Buat Hypercar Listrik

26/03/2019

Pasar mobil

Porsche semakin getol dalam program elektrifikasi mereka, setelah Taycan dan Cross Turismo, pabrikan Stuttgart itu tidak menutup kemungkinan untuk menyulap generasi terbaru 918 menjadi mobil listrik.

Lihat juga

Dari Mobil Listrik Hingga D-Cab, Inilah 5 Bintang Bangkok International Motor Show 2019

27/03/2019

Event - Promosi

Gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS) ke-40 telah digelar mulai dari 26 Maret hingga 4 April mendatang. Beragam mobil-mobil baru pun dipamerkan oleh para pabrikan. Dari 32 merek mobil yang ada, kami merangkum 5 bintang BIMS yang menjadi menjadi pusat perhatian pengunjung.

Lihat juga

Mobil Listrik Berpotensi Beri Dampak Serius Bagi Pertamina

11/04/2019

Pasar mobil

Kebijakan mobil listrik tidak sepenuhnya baik, ada juga beberapa dampak serius yang harus diperhatikan oleh Pemerintah Indonesia. Salah satunya terhadap Pertamina Lubricants yang selama ini menjadi industri pelumas bagi dunia usaha otomotif.

Lihat juga

Begini Cara Agar Harga Mobil Listrik di Indonesia Jadi Murah

22/03/2019

Pasar mobil

Harga mobil listrik di Indonesia memang masih dua kali lipat harga mobil bermesin konvensional. Padahal jika pemerintah mau menerapkan kebijakan yang disarankan oleh KPBB ini, maka harga mobil listrik bisa jauh lebih murah.

Lihat juga
 
back to top