Pertarungan Panas Light Commercial Vehicle, Wuling Formo 1.2 Passenger Van vs Toyota Avanza 1.3 Transmover

12/11/2018

Jual beli
Pertarungan Panas Light Commercial Vehicle, Wuling Formo 1.2 Passenger Van vs Toyota Avanza 1.3 Transmover
Inilah pertarungan sesungguhnya di kelas light commercial vehicle, Toyota sebagai sang penguasa pasar harus menghadapi gempuran dari pendatang baru Wuling Motors. Hastag #MendingWuling digadang-gadang akan mematahkan dominasi dinasti sunter tersebut, benarkah demikian? Kami sajikan pertarungan panas light commercial vehicle, Wuling Formo 1.2 Passenger Van vs Toyota Avanza 1.3 Transmover

Tampak acara peluncuran Wuling Formo 1.2 Passenger Van dan Blind Van

Wuling Formo 1.2 Passenger​ Van serius membidik lawan utamanya, Toyota Avanza 1.3 Transmover

Wuling Motors melalui Agen Pemegang Merek (APM) nya, PT SGMW Motors Indonesia seakan mentabuh genderang perang terhadap sang penguasa pasar yakni Toyota. Minggu lalu, tepatnya hari Rabu (7/11) bertempat di ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat, Wuling meluncurkan Wuling Formo bermesin 1200 cc yang memiliki dua tipe, yakni Passenger Van dan Blind Van. Pemilihan tempat peluncuran mobil ini juga dipikirkan matang oleh pihak Wuling Indonesia, karena mobil ini benar-benar dikhususkan di pasar fleet. Berikut ini kami sajikan pertarungan panas light commercial vehicle, Wuling Formo 1.2 Passenger vs Toyota Avanza 1.3 Transmover.

>>> Baca juga: Review Wuling Formo 2018 Indonesia

Tampak sebuah taksi Bluebird dengan armada Toyota Avanza Transmover 1.3 sedang menunggu penumpang

Tampak sebuah taksi Express dengan armada Wuling Confero S 1.5 Standar sedang menunggu penumpang

Baik Toyota Avanza (atas) maupun Wuling Confero (bawah) sama-sama sudah diandalkan menjadi armada taksi

Ya, kami tahu Wuling sudah mengandalkan Wuling Confero S 1.5 Standar untuk digunakan sebagai armada taksi, namun nilai tukar rupiah terhadap dollar yang akhir-akhir ini memiliki tren melemah, kedepannya akan membuat para pengusaha jasa transportasi taksi konvensional maupun online berpikir ulang untuk terus menggunakan Wuling Confero S 1.5 Standar sebagai armadanya. Sesuai kecenderungan masyarakat Indonesia, 'harga enggak masalah yang penting murah'. Wuling Formo 1.2 Passenger Van ini bukan tidak mungkin kedepannya akan diminati pengusaha taksi maupun 'angkot nyaman' yang telah jadi program kerja beberapa kepala daerah konon termasuk DKI Jakarta.

Tampak acara peluncuran Toyota Avanza Transmover tahun 2016

Toyota Avanza 1.3 Transmover ini juga berada dikelas yang sama yaitu light commercial vehicle

Ada empat parameter yang jadi penilaian utama dari kami Cintamobil.com terhadap kedua mobil ini. Yang pertama adalah desain, mengapa? Karena pemilih mobil di segmen ini masih mementingkan sektor desain mobil yang apik atau tidak. Kedua adalah fitur, penumpang maupun pengemudi mobil dikelas ini juga masih mendambakan fitur meskipun tidak bisa berharap lebih. Ketiga adalah performa, seberapa hemat, dan hebat akselerasi mobil ini ketika dijalan, juga kami akan bandingkan dari kacamata teknik mobil ini, dan tentu saja yang terakhir adalah harga dan kesimpulan, so selamat menikmati pertarungan panas light commercial vehicle, Wuling Formo 1.2 Passenger Van vs Toyota Avanza 1.3 Transmover.

>>> Baca juga: Profil Dan Prediksi Toyota Avanza 2018 Terbaru Di Indonesia

Tampak logo Transmover di belakang mobilnya

Mampukah Wuling Formo 1.2 Passenger Van 'menjegal' Toyota Avanza 1.3 Transmover?

1. Desain

Tampak depan sebuah Toyota Avanza 1.3 Transmover

Tampak belakang sebuah Toyota Avanza 1.3 Transmover

Jujurlah pada diri sendiri, memang tampilan eksterior Toyota Avanza Transmover sudah membosankan sejak 2015 masih begini modelnya

Mari kita mulai dari desainnya, jujur saja kami dari Tim Cintamobil.com sudah merasa bosan dengan tampilan konvensional Toyota Avanza, tak terkecuali dengan tipe Transmover yang didaulat jadi volume maker Toyota di kelas fleet. Sebenarnya, tampilan Wuling Formo 1.2 Passenger Van ini juga membosankan tak ubahnya dengan Avanza. Namun, karena masih agak jarang ditemui dijalan, tampilannya masih menyenangkan untuk dilihat. Sama seperti Wuling Formo 1.2 Passenger Van, grill depan Avanza termurah ini masih menggunakan warna dasar saja dan langsung disemprot clear. Peleknya juga sama-sama menggunakan besi yang ditengarai lebih kuat namun ringan. Secara umum, desain Wuling Formo 1.2 Passenger Van sedikit lebih oke secara visual dibandingkan dengan Avanza yang mulai terasa membosakan.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Tampak depan sebuah Wuling Formo 1.2 Passenger Van

Tampak belakang sebuah Wuling Formo 1.2 Passenger Van

Wuling Formo memberi tampilan yang lebih segar bila dibandingkan rivalnya asal Jepang tersebut

2. Fitur

Tampak layout interior Wuling Formo 1.2 Passenger Van

Tampak Wiper belakang Toyota Avanza 1.3 Transmover

Untuk fitur kesenangan pengemudi Wuling Formo (atas) lebih unggul, tapi bicara fitur keselamatan, Avanza Transmover (bawah) begitu jumawa

Untuk urusan fitur Wuling Formo 1.2 Passenger Van bisa dikatakan imbang dibandingkan dengan Toyota Avanza Transmover 1.3. Para driver dari Toyota Avanza Transmover mungkin akan merasa iri dengan pengemudi Wuling Formo 1.2 Passenger Van karena sudah dilengkapi head unit audio. Memang kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan electronic power steering, dan power window. Sayangnya untuk faktor perlindungan pasif keselamatan, nampaknya pabrikan asal negeri tirai bambu ini harus banyak belajar dari Toyota. Selain enggak ada headrest di bangku baris kedua dan ketiga yang membuat ketika mobil ditabrak dari belakang, penumpang seketika menemui ajal. Begitu juga ketika menabrak tidak ada fitur SRS Airbag seperti pada Transmover yang membuat kemungkinan cedera lebih minim.

>>> Baca juga: Komparasi Wuling Formo 1.2 Blind Van vs Rival, Apa Iya Masih #MendingWuling?​

3. Performa

Tampak mesin 1NR-VE Toyota Avanza Transmover

Tampak mesin Wuling Formo 1.2 Passenger Van

Mesin Toyota Avanza Transmover (atas) lebih bertenaga dan irit bahan bakar dibandingkan mesin Wuling Formo (bawah) 

Disektor performa, Wuling Formo 1.2 Passenger Van harus tunduk pada Toyota Avanza Transmover 1.3. Selain karena tenaga dan torsinya lebih unggul si Transmover, juga mesin 1NR-VE bawaan Transmover ini dikenal halus. Bahkan saking halusnya, kami dari tim Cintamobil.com menduga bahwa mesin ini memang dirancang khusus untuk mobil dengan penggerak roda depan. Dan saat kami merasakan performa mesin ini di Daihatsu Sirion anyar yang notabone berformat penggerak depan, mesin ini sangat halus. Bagaimana dengan Formo? Jujur kami belum bisa menilai karena belum mencoba langsung dijalan. Namun sepengalaman kami mencoba Chevrolet Aveo (mesin P-TEC 1206 cc Formo ini dicangkok dari Aveo lawas) mesin ini cukup kencang. Tapi ceritanya akan berbeda apabila disematkan pada Formo yang memiliki bobot lebih berat. Oh ya, untuk radius putar Avanza lebih baik dengan 4,7 meter, sementara Formo 5,4 meter.

4. Harga dan Kesimpulan

Toyota Avanza 1.3 Transmover 2018 berwarna putih

Anda penghusaha? Belilah Toyota Avanza, mobil yang paling menguntungkan diajak berbisnis

So, which one the car you choose? Dengan harga off the road Rp 138,8 juta (on the road-nya bisa Rp 145 juta) memang Toyota Avanza Transmover 1.3 lebih mahal dari Wuling Formo 1.2 Passenger Van yang dibanderol 'hanya' Rp 135,8 juta on the road. Namun, jika Anda pengusaha rental mobil kami sangat menyarankan Anda mengambil Toyota Avanza. Mengapa? Bukan karena mereknya saja yang lebih menjamin dalam hal purnajual, namun fitur keselamatannya lebih lengkap meski audioless, apalagi fitur SRS Airbag, ISOFIX dan seatbelt ELR 3 titik tidak bisa dipasang menggunakan barang aftermarket. Tapi kalau Anda hanya ingin menggunakan mobil ini untuk usaha antar jemput anak sekolah, maka Wuling Formo 1.2 Passenger Van sudah cukup.

Untuk ulasan lebih lengkap, simak tayangan eksklusif dari tim video Cintamobil TV pasca peluncuran resmi di Jakarta berikut:

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top