Perhatikan Komponen Aus Pada Interior Saat Membeli Mobil Bekas

03/05/2019
Saat membeli mobil bekas khususnya usia tua, maka beberapa komponen mengalami keausan. Termasuk beberapa komponen interior. Lantas komponen aus pada interior mana saja yang harus diperiksa?

1. Setir

Bagian setir bisa aus karena sering bergesekan dengan tangan

Setir menjadi salah satu komponen yang bisa aus karena sering terkena gesekan tangan

Biasanya setir mobil Eropa atau mobil mewah dilapisi dengan bahan suede, belede, kulit hingga Alcantara. Pada bagian ini termasuk komponen aus pada interior akibat gesekan dengan tangan dalam waktu lama. Kerusakan yang umum terjadi adalah warna kulit yang memudar, bahan pelapis yang robek, atau pada bahan Alcantara yang menipis. Cara perbaikannya pun berbeda-beda. Misal untuk bahan kulit yang warna memudah, bengkel spesialis interior biadanya melakukan pengecatan ulang dengan warna serupa. Sedangkan untuk bahan Alcantara bisa ditambah bulu dengan bahan kimia sehingga tidak terlalu terlihat aus.

>>> Menjelang Bulan Puasa, Simak 6 Tips Membeli Mobil Bekas Bagi Pemula

2. Jok dan Plafon

Meski hanya bergesekan dengan celana atau kain, jok bisa aus

Bahan kulit atau fabric pada jok bisa mengalami aus

Kerusakan atau komponen aus pada interior yang kerap terjadi pada jok umumnya karena ada kerutan, retak, robek dan noda pada bahan kulit atau fabric. Sedangkan pada bagian plafon biasanya terkena bara api bila pengemudi kerap merokok saat di perjalanan. Semua kerusakan itu bisa diperbaiki dengan catatan area yang dikerjakan tidak lebih dari 10 cm luasnya. Tahap pertama biasanya dibersihkan lalu ditambal dengan melakukan penambahan jika ada bahan yang bolong. Langkah terakhir adalah pengecatan untuk mengembalikan warnanya.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

3. Tombol Panel Lengket

Bila tombol lengket maka gejala aus sudah terjadi

Tombol pada panel-panel di mobil juga bisa alami aus dengan gejala lengket

Pada beberapa mobil mewah seperti mobil Eropa, sudah berumur 10 tahun lebih biasanya sering ditemui beberapa tombol panel yang lengket. Ini memang termasuk dalam komponen aus pada interior. Baik pada tombol panel berbahan plastik atau kulit saat dipegang terasa lengket. Misalnya tombol-tombol atau panel dasbor di sekitar kisi AC. Ada yang mengungkapkan keausan ini karena material interior tidak tangguh untuk melawan iklim tropis di Indonesia. Untuk kondisi ini, perbaikan yang dilakukan adalah mengelupas permukaan panel-panel di interior tersebut. Setelah itu melapisinya dengan cat untuk memberikan permukaan baru dan warna yang sesuai.

>>> Cari mobil bekas berkualitas dan banyak pilihan? Di sini tempatnya

4. Warna Panel Memudar

Logo pada tombol panel bisa memudar seiring waktu

Tombol pada panel di dasbor bisa memudar atau terkelupas seiring waktu

Salah satu contoh komponen aus pada interior adalah tulisan atau simbol pada tombol fitur juga terhapus. Sebut saja tombol di setir, AC atau pada tuas sein, lampu atau wiper. Hal itu disebabkan seringnya terkena gesekan dengan tangan hingga cat memudar. Untuk memperbaiki simbol tersebut, bengkel spesialis interior bisa mendesain ulang untuk membuat pola dan melakukan pengecatan.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Mahmudi Restyanto

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain