Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard yang Membuat Harganya Juga Beda

20/05/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Perbedaan Toyota Vellfire Vs Alphard yang Membuat Harganya Juga Beda
Meski mirip namun ada beberapa diferensiasi antara Toyota Vellfire vs Alphard yang bisa ditemui. Perbedaan inilah yang membuat harga kedua mobil itu juga tak sama

Sampai saat ini mungkin perdebatan antara Toyota Vellfire dan Toyota Alphard masih terus terjadi. Hal yang sama juga muncul pada produk kembar lainnya misal Toyota Avanza vs Daihatsu Xenia, Toyota Calya dengan Daihatsu Sigra, atau Toyota Agya dibanding Daihatsu Ayla.

Jika perbandingan yang disebutkan tadi ada pada produk dari dua merk mobil yang berbeda, maka khusus untuk kasus Vellfire dengan Alphard terjadi pada lingkup satu brand, yaitu Toyota. Lalu mengapa Toyota memasarkan produk yang sama di segmen yang serupa? Apakah ini tidak memunculkan kanibalisme produk?

Pastinya Toyota sudah memperhitungkan hal itu masak-masak sejak mobil ini diperkenalkan pertama kali pada 2002 silam. Kedua model ini pun sukses berada di puncak penjualan MPV mewah di beberapa negara termasuk di Indonesia. Lalu apa saja perbedaan pesaing Honda Elysion dan Nissan Elgrand tersebut? Berikut Toyota Vellfire vs Alphard ala Cintamobil.com

1. Desain Eksterior Jelas Berbeda

Toyota Vellfire

Vellfire selalu menampilkan bentuk wajah yang jauh lebih egresif dibandingkan Alphard

Jelas sekali untuk melihat perbedaan antara Toyota Vellfire vs Alphard ada pada sisi eksteriornya. Sejak generasi pertamanya, Vellfire selalu memiliki bahasa desain yang lebih agresif dibanding Alphard. Indonesia sendiri mengenal Toyota Vellfire pada 2008 yang saat itu dimasukkan melalui importir umum di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Dan dari model ini bisa dilihat perbedaan karakteristik desian dari Vellfire dibandingkan saudara kembarnya Alphard.

Vellfire memiliki desain yang futuristik dan cenderung lebih agresif dibanding Alphard. Perbedaan paling mecolok bisa dilihat dari bentuk gril depan dan juga lampu utama. Jika Alphard sejak pertama kali muncul selalu khas dengan gril besarnya yang membentang vertikal, maka untuk Vellfire lebih mengikuti kontur bemper depan.Uniknya, bentuk lampu utama juga displit jadi dua selaras dengan bentuk gril. Ini menjadikan para Vellfire cenderung lebih agresif dibandingkan Alphard yang kalem.

Toyota Alphard 2008

Desain Alphard cenderung lebih kalem

Kemudian pada bagian belakang Toyota Vellfire vs Alphard juga terlihat ada perbedaan. Lagi-lagi utamanya pada bentuk lampu dan bemper. Lampu stop kombinasi pada Vellfire menggunakan mika bening sementara pada Alphard didominasi warna merah. Selain itu bentuk bemper Vellfire juga sedikit ada lekukan-lekukan pada pada bagian sudutnya yang membuat berbeda dibanding Alphard.

Dengan bahasa desain yang berbeda ini Vellfire cenderung ditujukan buat generasi muda mapan atau mereka yang masih berjiwa muda. Sementara Alphard rasanya lebih pantas untuk mereka yang ingin tmapil formal dan klimis disetiap kesempatan. Tak heran, di beberapa kontes modifikasi dunia, khususnya Jepang, lebih banyak yang muncul adalah modifikasi Toyota Vellfire dibanding Alphard.

>>> Review Toyota Vellfire Z 2010: Bukan Saja Mewah Ala Konglomerat, Tapi Juga Pas Di Kantong

2. Interior Beda Ornamen

Toyota Vellfire Interior

Interior Vellfire bernuansa hitam

>>> Review dan Spesifikasi Lengkap Toyota Vellfire 2015

Menemukan perbedaan antara Toyota Vellfire vs Alphard juga bisa dari ruang kabinnya. Sepintas antara kedua mobil ini memiliki layout kabin yang amat mirip jika dilihat dari konfigurasi dan tata letak komponen di dalamnya. Namun sebenarnya tetap saja ada yang berbeda dari keduanya.

Toyota Vellfire lebih menyajikan nuansa kabin serba hitam, baik pada material pembungkus jok, dasboard, doortrim hingga plafon. Kalau pun ada aksen warna lain, Vellfire menggunakan hanya sedikit warna silver atau aluminium. Dan ornemen lainnya lebih dipilih warna black gloss atau black wood.

Toyota Alphard interior

Interior Alphard

Berbeda dengan Toyota Alphard, beberapa ornamen di ruang kabin menggunakan aksen kayu yang dibairkan natural berwarna cokelat. Misalnya aksen pada lingkar kemudi, doortrim, hingga konsol tengah atau armrest jok penumpang belakang. Demikian pula pelapis joknya, Toyota menyediakan warna beige yang lembut dan menenangkan.

>>> Jangan Asal Mewah, Perhatikan Tips Lengkap Beli Toyota Alphard 2012 Bekas

3. Varian Tipenya Berbeda

Toyota Vellfire 2019

Saat ini Toyota hanya menyediakan satu varian Vellfire

Selanjutnya hal yang berbeda antara Toyota Vellfire vs Alphard adalah dari varian tipe yang disediakan. Di negara asalnya, Vellfire hadir dengan tipe X, Z, ZA, dan ZG, sementara untuk Alphard hadir dalam trim varian 2.5 G, 2.5 X,d an 3.5 Q. Bahkan untuk Alphard generasi terbaru juga disodorkan ragam Alphard Hybrid.

Karena awalnya di Indonesia Vellfire masuk melalui pengimpor umum, maka cukup sulit mendeteksi keseluruhan tipe yang dipasarkan di Indonesia. Namun jika melihat Vellfire maupun Alphard yang saat ini dijual PT Toyota Astra Motor (TAM) maka Vellfire hanya tersedia dalam tipe 2.5 G. Sementara Alphard tersedia dalam tipe 2.5 G, 2.5 X, 3.5 Q, dan Hybrid.

>>> Spesifikasi Toyota Alphard Hybrid 2015: Mewah Dan Ramah Lingkungan

4. Lebih Panjang Alphard

Toyota Alphard sliding door

Ternyata Alphard sedikit lebih panjang dari Vellfire

Sementara itu apabila membandingkan Toyota Vellfire vs Alphard dari segi dimensi mobil, maka ternyata Alphard sedikit lebih panjang dari Velfire. Total panjang Alphard 4.945 mm sementara Vellfire 4.935 mm. Namun untuk lebar, tinggi, jarak sumbu roda, dan ground clearance kedua mobil ini serupa yaitu masing-masing 1.850 mm, 1.895 mm, 3.000 mm, dan 160 mm. Pun demikian dengan ukuran ban yang dipakai sama, yakni 235/50R18.

>>> Cek harga mobil baru Toyota lainnya dengan diskon dan promo menarik disini

5. Alphard Punya Mesin Lebih Kuat

Toyota Alphard engine

Alphard ada yang memakai mesin 3.500 cc 6 silinder

Sekarang soal mesin yang dipakai, untuk beberapa tipe, antara Toyota Vellfire maupun Toyota Alphard menggunakan mesin yang sama. Misalnya pada Vellfire 2.5 G dengan Alphard 2.5 G. Sama-sama memakai mesin 2.500 cc 4 silinder DOHC Dual VVT-i berkode 2AR-FE. Karenanya klaim tenaga yang dihasilkan pun tetap setara, yakni 180 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 234 Nm pada 4.100 rpm.

Namun yang menarik, ternyata TAM menawarkan Alphard dalam varian mesin berbeda-beda. Yaitu ada pula yang memakai mesin 3.500 cc V6 berkode 2GR-FKS yang bertenaga 300 PS. Mesin ini dipakai pada Alphard tipe 3.5 Q. Kemudian ada juga Alphard yang menggunakan mesin hybrid 2AR-FXE pada tipe Alphard 2.5 G Hybrid.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual beli mobil lainnya

6. Harganya Lebih Mahal Alphard

Harga Toyota Alphard 2020

Harga Alphard lebih mahal dari Vellfire

Terakhir perbandingan antara Toyota Vellfire vs Alphard adalah dari sisi harga. Menariknya walau desainnya lebih agresif, harga Vellfire sedikit di bawah Alphard. Berikut rinciannya:

  • Toyota Vellfire 2.5 G : Rp1.177.600.000
  • Toyota Alphard 2.5 X : Rp. 1.025.200.000
  • Toyota Alphard 2.5 G : Rp. 1.179.600.000
  • Toyota Alphard 3.5 Q : Rp. 1.952.100.000

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil bisa Anda baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Toyota Himbau Pemilik Alphard dan Vellfire untuk Melakukan Penggantian Seat Belt

06/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Demi menghadirkan “Peace of Mind” yang lebih bagi pelanggan, Toyota ajak pemilik kendaraan Alphard dan Vellfire untuk melakukan penggantian seat belt.

Lihat juga

Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Baru untuk Toyota Alphard dan Vellfire 2020

19/02/2020

Mobil baru

2 menit

Toyota Alphard dan Toyota Vellfire 2020 mendapatkan berbagai penambahan pada fitur keselamatan dan kenyamanan untuk memberikan rasa berkendara yang lebih baik.

Lihat juga

[Infografik] Toyota Alphard vs Mercedes-Benz Vito, Pesaingan MPV Premium Di Bawah Rp1 Miliar

30/01/2020

Mobil baru

2 menit

Dua MPV premium di bawah Rp1 miliar bersiang di pasar otomotif Indonesia, Toyota Alphard dan Mercedes-Benz Vito. Bagaimana perbandingkan kedua mobil ini?

Lihat juga

Lexus LM 300h, Versi Premium Toyota Alphard Resmi Diluncurkan

17/04/2019

Mobil baru

Bocoran diluncurkannya MPV mewah Lexus yang beredar beberapa waktu lalu jadi kenyataan. Devisi mobil mewah Toyota tersebut resmi meluncurkan Lexus LM 300h di Shanghai Auto Show 2019, Selasa (16/4/2019).

Lihat juga

Review Lexus RX 350L 2018: Kini Hadir Dengan Kapasitas 7 Penumpang

13/06/2018

Editor rate:

Untuk menjangkau lebih banyak lagi keluarga di Indonesia yang menginginkan SUV 7 penumpang namun tetap merasakan kemewahan, Lexus meluncurkan RX 350L untuk memenuhi itu semua. Pada rekor penjualan SUV Lexus sebelumnya, berdasarkan data Gaikindo yang menyebutkan bahwa, model RX lah yang paling laris, terjual hingga 975 unit pada tahun 2017. Ini review Lexus RX 350L 2018.

Lihat juga
 
back to top