Pentingnya Asuransi Untuk Mobil Baru

27/07/2019

Jual beli

3 menit

Dengan beragam risiko yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, asuransi untuk mobil baru menjadi sangat penting demi rasa aman dan nyaman berkendara.

Bukan rahasia jika setiap pembelian mobil baru secara kredit pihak leasing sering kali menyertakan paket asuransi, all risk atau Total Lost Only (TLO). Paket asuransi ini tidak bisa dipisahkan sebagai langkah antisipasi saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi beda halnya saat konsumen membeli mobil baru secara tunai, paket asuransi tidak masuk dalam paket yang disertakan.

Ilustrasi penanganan klaim asuransi oleh Garda OTO

Paket asuransi selalu diikutkan dalam setiap pembelian mobil baru

Terlepas dari pembelian kredit atau tunai, asuransi untuk mobil baru sama-sama penting. Keberadaannya memberi jaminan rasa aman dan nyaman terhadap pengendara. Maklum, beragam risiko buruk bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa memilah-milah antara mobil baru kreditan atau mobil baru tunai. Akan terasa sangat menyesakkan jika mobil yang baru dibeli dari diler tiba-tiba hilang dicuri orang atau terlibat kecelakaan dan tidak ada yang menanggung.

Berikut ini beberapa perlindungan yang diberikan asuransi untuk mobil baru maupun mobil lawas:

1. Melindungi dari Risiko Kehilangan (Tindak Pencurian)

Mobil baru masih jadi incaran favorit para penjahat karena nilai jualnya lebih besar dibanding mobil lawas. Di sisi lain untuk mendapatkan mobil baru Anda harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang sangat besar mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Jika mobil ini kemudian hilang, kerugiannya sangat besar.

Asuransi menjadi salah satu cara melindungi mobil yang hilang dicuri orang. Besarnya uang pengganti akan dihitung berdasarkan nilai taksir mobil tersebut yang ketentuannya sudah tertulis dalam surat perjanjian yang diputuskan perusahaan asuransi. Berapapun nominal uang pengganti yang diberikan sudah pasti cukup membantu melewati masa sulit dibanding tidak ada yang menanggung sama sekali.

>>> Apa Saja Kejadian yang Tidak Ditanggung Asuransi All Risk?

Foto menunjukkan mobil sedan Nissan Altima warna biru, tampak dari samping depan

Nissan Altima, mobil paling banyak dicuri di AS

2. Melindungi dari Risiko Kerusakan

Tidak ada jaminan mobil baru akan selalu baik-baik saja, suatu ketika bisa saja mengalami kerusakan yang tidak mengenakkan baik kerusakan besar yang membuat mobil gagal dioperasikan atau kerusakan kecil yang tidak terlalu parah. Seberapapun kerusakan yang ada, sudah pasti membuat mobil tidak lagi menarik dan untuk memperbaikinya butuh biaya tidak sedikit. Dengan memiliki asuransi Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan biaya perbaikan. Asuransi bisa mengatasi hal-hal buruk semacam ini seberapapun besar biaya yang dibutuhkan.

>>> Tips jual beli dari Cintamobil.com bisa Anda dapatkan di sini

3. Melindungi Kerusakan yang Dialami Oleh Pihak Ketiga

Insiden di jalan raya seringkali melibatkan pihak ketiga dan membuat Anda punya tanggung jawab lebih besar. Dengan asuransi biaya perbaikan atas kerusakan dialami pihak ketiga bisa ditanggung dengan nominal sesuai tingkat kerusakan yang ada. Di saat bersamaan asuransi juga bakal mengurus kerusakan mobil Anda dengan tepat.

Dengan berbagai manfaat besar tersebut di atas, asuransi untuk mobil baru sudah jelas sangat penting.

>>> 10 Penyebab Klaim Asuransi Ditolak, Nomor 5 Banyak Yang Tidak Tahu

Akibat menerobos lampur merah di kawasan simpang puncak jelutung, Jumat siang (27/10/2017), Satu unit mobil CRV Putih bernomor polisi B1532 NOG menabrak satu mobil dan tiga motor.

Pentingnya menyiapkan perlindungan karena hal-hal buruk bisa terjadi kapan saja dan dimana saja

>>> Tips & trik lainnya baca disini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top