Penggemar Toyota Supra Keluhkan Harganya Mahal, Apa Benar Begitu?

23/01/2019

Jual beli
Penggemar Toyota Supra Keluhkan Harganya Mahal, Apa Benar Begitu?
Kehadiran Toyota Supra di acara Detroit Auto Show 2019, merupakan sebuah momen yang ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Tentu, sebagai mobil legendaris yang sudah terhitung 17 tahun tak kunjung diberikan pembaruan, membuat peluncuran generasi terbarunya menjadi perbincangan di dunia otomotif internasional. Namun, sayangnya ada banyak kritik harus diterima oleh pihak Toyota akan model terbaru Supra khususnya dalam hal harga yang cenderung kemahalan. Mengapa Toyota Supra 2019 dianggap kemahalan ole

Seakan berbeda dengan pendahulunya yang cenderung ikonik, kini Supra merupakan bentuk kerjasama antara Toyota dengan pihak BMW. Hal ini terbukti dari mesin misalnya yang menggunakan spesifikasi serupa BMW Z4 M40i. Banyak pihak kecewa akan keputusan tersebut yang mana esensi historis dari Toyota Supra seakan hilang dan bahkan beranggapan bahwa Supra adalah versi Rebadged dari BMW Z4.

Toyota Supra 2019 banyak dikeluhkan karena ia mengadopsi banyak hal dari BMW Z4

Kehadiran Toyota Supra 2019 banyak menuai kritik dari penggemarnya terkait kemiripannya dengan BMW Z4

Di acara peluncurannya, Toyota mengumumkan bahwa Supra dibanderol mulai $50.000 atau setara Rp. 711 jutaan. Mungkin jika dibandingkan dengan Toyota Mirai $58.500 atau Toyota Land Cruiser $84.765, Supra cenderung lebih terjangkau dari segi harga. Namun, bagaimana jika dengan pesaing sekelasnya? Apakah Toyota Supra 2019 mahal?

>>> Review Toyota Supra 2019: Bangkitnya Legenda Toyota

Pesaing Toyota Supra 2019

Di rentang harga jual Supra, banyak sekali kompetitornya yang cenderung menawarkan hal lebih baik. Seperti halnya, BMW Z4 sDrive30i yang menggunakan mesin 2.0 Liter berdaya 255 HP. Memang, model satu ini tidak secepat Supra namun segala hal pada interior-nya sudah dilengkapi teknologi terkini serta menawarkan kesan elegan. Model satu ini dibanderol $49.700  atau setara Rp. 706 jutaan untuk trim standar-nya.

BMW Z4 sDrive30i dibanderol lebih murah di angka $49.700 daripada Toyota Supra 2019

Nyatanya, model BMW Z4 sDrive30i dibanderol lebih terjangkau

Di sisi lain, Porsche 718 Cayman juga bisa menjadi pilihan. Dibanderol sedikit lebih mahal dari Supra yakni $56.900 setara Rp. 809 jutaan. Meski begitu, mobil satu ini adalah besutan Porsche yang mana menggunakan mode Mid-Engine serta mesin berdaya 300 HP. Meski Output mesinnya masih lebih baik Supra namun Porsche 718 Cayman dikenal akan Handling-nya yang mumpuni di trek balap.

Porsche 718 Cayman dibanderol lebih mahal di angka Rp. 800 jutaan namun lebih handal dalam hal handling

Meski lebih mahal, Porsche 718 Cayman bisa menjadi opsi yang menarik

Jika Anda ingin sesuatu yang mengesankan, tersedia juga Mercedes-Benz SLC yang menyediakan mesin 3.0 Liter V6 berdaya 362 HP. Akselerasi 0-100 Km/Jam hanya ditempuh dalam waktu 4,6 detik saja, lebih lambat 0,3 detik dari Supra. Namun jangan salah, model satu ini dibanderol hanya $48.950 atau Rp. 696 jutaan, yang tentu saja lebih terjangkau dari Supra.

Mercedes-Benz SLC300 menjadi pilihan alternatif yang tak kalah menarik sebagai pesaing Toyota Supra

Mercedes-Benz SLC300 dibanderol lebih terjangkau daripada Supra, namun bisa Anda amati betapa mengesankan model satu ini

Pilihan menarik berikutnya adalah Chevrolet Corvette Stingray yang dibanderol $55.900 setara Rp. 795 jutaan. Mesinnya tampil memukau dengan kapasitas 6.2 Liter Naturally Aspirated V-8. Tak butuh waktu lama baginya untuk meraih 0-100 Km/Jam yang ditempuh dalam 3,8 detik. Berbeda dengan Toyota Supra yang hanya mencatatkan rekor 4,3 detik. Adapun nuansa klasik yang dibawa Corvette Stingray menjadi unsur pemikat bagi para pecinta mobil Coupé..

Chevrolet Corvette Stingray mampu memberikan akselerasi 0-100 Km/Jam dalam tempo 3,8 detik

Jika Anda ingin performa lebih garang, tersedia Chevrolet Corvette Stingray yang lebih mahal $5.000 dibanding Supra

>>> Simak harga model Toyota terbaru yang dijual di Indonesia berikut ini

Kesimpulan

Jujur saja, nyatanya terdapat banyak sekali pilihan mobil menarik di rentang harga jual Toyota Supra 2019 yang dibanderol mulai $50.000. Banyak penggemarnya mengeluhkan akan masalah harga Toyota Supra yang kemahalan dan terkesan kecewa akan keputusan Toyota mengadopsi banyak hal dari BMW Z4. Tak heran jika esensi historisnya terkesan menghilang karena ada campur tangan BMW pada generasi terbaru Supra.

Dalam hal ini, kami menangkap bahwa Toyota kurang bisa menangkap minat dari fans Supra. Telah terhitung 17 tahun para fans menunggu sebuah penerus dari legenda Supra. Namun cukup disayangkan, yang hadir malah sentuhan kental ala BMW Z4 yang justru menghilangkan guratan eksotis Jepang. Bahkan dari segi harga, terlihat Supra tak lagi mendominasi dalam hal spesifikasi karena banyak pesaing lainnya menawarkan hal lebih nyaman khususnya dalam interior serta performa mesin dengan harga yang sedikit lebih mahal.

>>> Ikuti terus informasi menarik seputar otomotif yang selalu Up to Date hanya di situs Cintamobil.com

 
back to top