Pedagang: Jarang Banget Ada Mobil Lawas Bekas Di Jakarta Dalam Kondisi Baik

09/10/2019

Jual beli

3 menit

Pedagang: Jarang Banget Ada Mobil Lawas Bekas Di Jakarta Dalam Kondisi Baik
Mobil lawas sering kali jadi incaran para penggemar mobil klasik dan para kolektor. Hanya saja untuk mendapatkannya lebih susah dibanding mencari mobil baru. Bahkan di Jakarta yang punya populasi mobil paling besar sangat jarang ada mobil lawas bekas dalam kondisi baik.

Dibutuhkan perjuangan dan kesabaran lebih kalau ingin mencari mobil lawas bekas tahun 90-an, 80-an atau yang lebih berumur dalam kondisi baik. Penggunaan yang cukup lama dan material yang termakan usia membuat kualitasnya menurun tajam. Selain itu, unit yang masih ada jumlahnya juga sangat sedikit.

Foto Toyota Corolla 1989 warna putih tampak dari samping depan

Mobil lawas bekas jarang ditemukan dalam kondisi baik

>>> Beli Mobil Bekas, Siapkan Biaya Tambahan Berikut Ini

Karena alasan itu pula jarang orang bermain di bisnis ini dengan alasan efisiensi. Dibanding jual beli mobil lawas bekas, diler lebih memilih menjual mobil bekas yang usianya relatif muda dengan batasan tahun tertentu. Kondisi ini diamini pemilik showroom mobil klasik Malique - Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan, Bimo Maliki. Menurutnya kebanyakan orang enggan berburu mobil lawas karena sulit menemukan mobil yang kondisinya prima.

“Mungkin masih ada tapi kondisinya sudah banyak yang jelek, entah dimodifikasi, atau karena tidak dirawat,” tutur Bimo, seperti dikutip dari Kompas, (5/10/2019).

Di Malique sendiri menurut Bimo, untuk bisa terus bertahan dia harus berburu ke luar Jakarta bahkan sampai ke luar Jawa hingga Papua. Memang dari sisi harga mobil lawas bekas di luar Jakarta lebih mahal, tapi itu cukup sebanding sebab unit yang didapat biasanya banyak yang masih dalam kondisi baik, tidak pernah kebanjiran atau dimodifikasi macam-macam.

>>> Hatchback Terjangkau Dibawah Rp 100 juta, Simak Tips Beli Mazda2 Bekas

Foto mobil lawas di Malique Selatan Djakarta

Dalam kondisi terawat mobil lawas bekas punya nilai jual cukup tinggi

Dicontohkan Toyota Great Corolla, mobil yang dipasarkan mulai tahun 1992 hingga 1996 dalam kondisi baik di Jakarta harganya sekitar Rp 60 juta - Rp 70 juta. Namun di daerah bisa selisih hingga Rp 10 jutaan. “Paling jauh saya pernah ke Kalimantan Barat, dan Papua juga pernah. Tapi yang bagus banyak dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, sepengalaman saya paling bagus dari daerah itu,” katanya.

>>> Dapatkan berbagai tips & trik seputar otomotif dari Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top