Panduan Proses Perpanjangan STNK

02/08/2017

Jual beli
Panduan Proses Perpanjangan  STNK
STNK kendaraan baik mobil maupun motor juga perlu diperpanjang masa berlakunya. Perpanjangan STNK ada 2 macam, yakni perpanjangan tahunan dan perpanjangan 5 tahunan (ganti plat nomor). Dari kedua macam perpanjangan STNK ini tentu akan ada sedikit perbedaan dalam prosesnya. Untuk tahu lebih jelas tentang proses perpanjangan STNK, silahkan Anda simak tulisan berikut ini.

Gambar formulir perpanjangan STNK mobil satunya perpanjangan 1 tahunan dan satunya perpanjangan selama 5 tahunan
Perpanjangan tahunan dan perpanjangan 5 tahunan

1. Perpanjangan Tahunan

  • Langsung pergi ke loket

Langkah pertama dalam proses perpanjangan STNK adalah pergi ke loket untuk minta formulir permohonan perpanjangan STNK. Setelah petugas memberikan Anda formulir, Anda mengisi formulir itu dengan lengkap.

  • Lampirkan formulir dan dokumen

Setelah formulir diisi dengan lengkap, Anda menyerah formulir permohonan perpanjangan STNK ini serta beberapa dokumen yaitu: STNK Asli dan Fotokopi, fotokopi BPKB (jika Anda membeli secara kredit, minta fotokopi BPKB ke leasing dengan legalisir),  KTP asli dan Fotokopi (alamat dan data diri lainnya harus sama dengan alamat dalam STNK dan BPKB).
>>> Baca juga: Cara mengurus STNK hilang dan biayanya

orang sedang lampirkan semua dokumen kepada polisi untuk melakukan perpanjangan STNK mobilnya
Lampirkan dokumen

  • Bayar pajak kendaraan

Setelah menyerahkan formulir dan lampiran- lampirannya, Anda akan diberikan slip pembayaran pajak kendaraan tahunan. Anda melakukan pembayaran pajak di loket kasir. Kemudian Anda akan memperoleh slip untuk membuktikan pelunasan pembayaran pajak. Bukti tersebut untuk diserahkan ke loket selanjutnya untuk pengambilan STNK yang baru.

  • Tunggu STNK baru

Setelah selesai membayar pajak, sekarang Anda hanya menunggu sampai nama Anda dipanggil untuk menggambil STNK baru saja. STNK baru ini pun sudah diperpanjang selama satu tahun ke depan. Mudah bukan?
>>> Baca juga: Cara balik nama STNK kendaraan

Gambar sebuah banner dengan tulisan perpanjangan 5 tahunan warna hitam dan warna kuning
Perpanjangan 5 tahun

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman jual beli mobil

2. Perpanjangan 5 Tahunan

Persyaratan untuk perpanjangan STNK 5 tahunan tidak jauh berbeda dengan perpanjangan STNK tahunan. Namun untuk perpanjangan STNK 5 tahunan Anda harus melakukan proses cek fisik pada kendaraan Anda.

  • Cek fisik

Bawalah kendaraan Anda ke bagian cek fisik kendaraan, para petugas di sana sudah menunggu dan siap membantu Anda. Petugas akan mengeluarkan kertas yang ditempel ke nomor rangka dan nomor mesin kendaraan Anda, lalu digosok menggunakan pensil sampai nomornya muncul.

Gambar menunjukkan tempat khusus untuk memperpanjangan STNK 5 tahunan di Samsat Jakarta Indonesia
Proses perpanjangan STNK 5 tahun

  • Proses perpanjangan STNK

Setelah proses cek fisik selesai, proses selanjutnya sama dengan proses perpanjangan tahunan. Namun ada sedikit tambahan yaitu ketika Anda menerima STNK baru yang berlaku untuk 5 tahun ke depan, Anda juga akan diberi nomor antrian untuk ke loket pengambilan plat nomor kendaraan yang baru. Anda akan datang ke loket pembuatan plat nomor yang terpisah dari loket penerimaan STNK. Setelah menerima plat nomor tersebut maka selesai sudah proses perpanjangan STNK 5 tahunan Anda beserta penggantian plat nomornya.

Demikianlah proses perpanjangan STNK tahunan dan lima tahunan dari awal sampai akhir yang cintamobil.com hendak memperkenalkan. Semoga bermanfaat untuk sobat-sobat!
>>> Untuk lanjut membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil, klik sini

Jika Anda masih bingun tentang cara perpanjangan STNK, silahkan menonton video di bawah ini

 
back to top