Nostalgia, Yuk! Varian Toyota Kijang Kapsul & Harganya

30/04/2021

Jual beli

3 menit

Nostalgia, Yuk! Varian Toyota Kijang Kapsul & Harganya
Meskipun terbilang lawas, mobil Toyota Kijang Kapsul masih banyak dicari di pasar jual beli mobil bekas. Sempat booming pada zamannya, apa saja varian pada mobil ini?

Mobil bekas Toyota Kijang Kapsul menjadi salah satu mobil lawas yang banyak diincar di bursa jual beli mobil bekas. Bagaimana tidak, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) ini dijual dengan harga yang terbilang murah. Dengan budget Rp 26 jutaan, Anda sudah bisa membawa salah satu varian mobil Toyota Kijang.

Berbicara tentang varian mobil Kijang, mobil yang sudah hadir sejak tahun 1970-an ini merupakan hasil kerja sama Indonesia dengan Jepang. Awalnya mobil ini dibuat untuk kendaraan niaga yang berubah menjadi kendaraan MPV. Generasi pertama Toyota Kijang Buaya diluncurkan saat acara Pekan Raya Jakarta 1977 dengan total 1.168 unit yang menjadi pesaing Mitsubishi Colt.

Tampak depan Toyota Kijang generasi pertama orange

Toyota Kijang dibuat dari hasil kerja sama Indonesia & Jepang

Pada generasi kedua, Toyota Kijang KF20 alias Kijang Doyok dijual pada tahun 1981 menggunakan mesin 1.3L 4K yang dikembangkan pada tahun 1985 menjadi 1.5L 5K dengan transmisi 4 percepatan manual. Seiring dengan perkembangan teknologi, Toyota Kijang mendapatkan pengembangan dari sisi produksi, terbukti pada Kijang Super yang dirilis pada 1986 sebagai generasi ketiga. Mobil ini memiliki teknologi full pressed body yang hadir dalam dua versi, yakni sasis pendek KF40 dan sasis panjang KF50.

Generasi keempat, Kijang Kapsul mengaspal pada tahun 1997. Desainnya jadi lebih aerodinamis dengan lekukan yang halus dengan varian diesel dan transmisi otomotif. Terdapat 18 model varian dengan mesin diesel 2.400 CC tipe L. Di tahun 2000, Toyota menghadirkan Kijang dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi dengan dua tipe mesin berteknologi EFI (Electronic Fuel Injection) yakni 7K-E dengan kapasitas 1.800 cc dan 1RZ-E berkapasitas 2.000 cc.

Nah, barulah di tahun 2004 kehadiran Toyota Kijang Innova menjadi milestone yang menjelma menjadi MPV dengan sejumlah teknologi khas abad ke-21. Mulai dari mesin berteknologi VVT-I, diesel common rail, dan multi-information display serta airbag.

>>> Sabar! Daihatsu Rocky Baru Tersedia di Dealer Tanggal 30 April

Varian Mobil Toyota Kijang Kapsul

Tampak Samping Toyota Kijang Kapsul

Kijang Kapsul hadir dengan desain yang lebih aerodinamis

Mobil MPV menjadi pilihan banyak keluarga terbukti dengan banyaknya terlihat di jalan raya. Alasannya, MPV memiliki ruang kabin besar juga konfigurasi 7 penumpang yang rasanya pas untuk digunakan sebagai transportasi liburan bersama keluarga.

Sayangnya saat ini agak susah mendapatkan mobil MPV segmen LCGC dijual di bawah Rp 100 juta. Solusinya adalah dengan membeli mobil MPV bekas. Meskipun hadir di era 90-an, Toyota Kijang Kapsul masih menjadi dambaan. Desainnya tak begitu ketinggalan zaman dan kualitasnya pun lebih baik daripada varian sebelumnya. Ditambah lagi Kijang Kapsul memiliki varian yang banyak sehingga Anda bisa mendapatkan banyak alternatif.

Tampak mesin Kijang LGX

Mesin Kijang LGX memiliki transmisi otomatis 4 kecepatan

Sejak kemunculannya, mobil ini tersedia pilihan mesin 1.800 cc (7K) dan diesel 2.400 cc (2L), sempat juga mendapat revisi dari karburator menjadi injeksi. Mobil bekas Toyota Kijang Kapsul juga beragam dibedakan dari jenis sasinya. Untuk sasis panjang atau long wheelbase, tersedia tipe LX, LSX, LGX, dan Krista. Sementara untuk sasis pendek atau short wheelbase, tersedia tipe SX, SSX, SGX, dan Rangga. Berikut ini perbedaan varian Kijang Kapsul:

  • SSX dan LSX: Varian standar yang memiliki fitur minim seperti AC, tape player, dan power window.
  • SGX dan LGX: Varian teratas dengan fitur lengkap. Memiliki fitur pada SSX & LSX dengan tambahan double blower, velg alumunium, dan garnish dengan transmisi otomatis 4 kecepatan.
  • Rangga: Merupakan varian tertinggi versi short wheelbase dengan basis varian SSX yang dipasarkan dari tahun 1997 hingga 2000.
  • Krista: Merupakan varian tertinggi versi long wheelbase dengan basis varian LGX dengan banyak pilihan warna, seperti biru, merah, hitam, abu-abu, dan metalik.

>>> Masalah Karet Dudukan Rumah Saringan Udara Di Grand Livina Dan March

Harga Mobil Bekas Toyota Kijang Kapsul

Membeli mobil bekas Toyota Kijang Kapsul bisa jadi solusi untuk Anda yang memiliki budget terbatas. Harga Toyota Kijang bekas berbeda-beda tergantung dari kondisi dan kelengkapan yang tersedia. Berikut ini daftar harga mobil bekas Toyota Kijang di Cintamobil.com.

No.

Varian

Harga

1.

Kijang Kapsul SX

Rp 58 jutaan – Rp 80 Jutaan

2.

Kijang Kapsul SSX

Rp 43 jutaan – Rp 78 jutaan

3.

Kijang Kapsul SGX

Rp 43 jutaan – Rp 63 jutaan

4.

Kijang Kapsul LX

Rp 49 jutaan – Rp 70 jutaan

5.

Kijang Kapsul LSX

Rp 57 jutaan – Rp 89 jutaan

6.

Kijang Kapsul LGX

Rp44 jutaan – Rp 89 jutaan

7.

Kijang Kapsul Krista

Rp 45 jutaan – Rp 125 jutaan

>>> Jual beli mobil Toyota Kijang bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Kijang

Bagian Interior Toyota Kijang LGX 1997

Toyota Kijang LGX 1997 memiliki fitur yang yang minim

Sebelum membeli mobil bekas Toyota Kijang, ada baiknya untuk mengetahui dahulu sisi kelebihan dan kekurangan dari mobil ini. Salah satu kelebihan mobil Kijang adalah pada perawatan mesin yang relatif mudah, khususnya pada varian dengan mesin bensin 7K. Untuk mencari suku cadangnya pun mudah didapat dan harga tergolong terjangkau.

Sayangnya, konsumsi bahan bakar Kijang Kapsul tergolong boros dan kekedapan kabin yang kurang sehingga mesin bisa terdengar jelas. Jika dibandingkan dengan mobil MPV yang lebih modern, mobil ini tergolong minim fitur.

>>> 5 Pilihan Mobil Baru Merek Jepang 2021 yang Pas Untuk Bergaya Saat Lebaran

Tips Membeli Mobil Toyota Kijang

Meskipun harganya tidak begitu mahal, bukan berarti Anda asal membeli mobil Toyota Kijang bekas. Ada beberapa hal yang perlu diperiksa, khususnya pada komponen mobil mengingat Kijang menjadi mobil yang cukup lawas.

Tampak samping Kijang Kapsul Hijau

Cek komponen sebelum membeli mobil bekas Kijang Kapsul

Hal pertama yang harus Anda cek adalah bagian ring piston, apalagi jarak tempuh sudah mencapai 100.000 km. Pasalnya beberapa Kijang Kapsul tenaga mobilnya akan mulai lemah. Ciri-cirinya ditandai dengan knalpot yang ngebul.

Hal kedua yang perlu Anda cek adalah bagian kaki-kaki. Jarang tempuh yang sudah tinggi ditambah dengan kondisi jalan yang penuh lubang membuat kaki-kaki mobil jadi rusak. Cek bagian sokbreker, bushing arm, ball joint, dan sistem kemudi.

Selanjutnya cek bagian kopling, khususnya mobil dengan jarak tempuh melebihi 70 ribu km. Pasalnya plat kopling jadi lebih aus saat digunakan ke luar kota. Sementara untuk jarak dekat dekrup akan cepat rusak.

Nah, itu dia daftar harga mobil bekas Toyota Kijang. Varian manakah yang menjadi incaran Anda?

>>> Temukan harga mobil bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia hanya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga mobil Kijang Kapsul bekas?
Harga mobil bekas Kijang Kapsul berbeda tergantung dari kondisi, kelengkapan dokumen, dan tahunnya. Di Cintamobil,com, Kijang Kapsul bekas dijual mulai Rp 35 juta.
Di mana saya bisa beli Kijang Kapsul bekas?
Anda bisa beli di pasar jual beli mobil bekas seperti Cintamobil.com
Apakah saya bisa modifikasi Kijang Kapsul?
Tentu saja bisa. Anda bisa modifikasi Kijang Kapsul pada bagian interior dan eksterior mobil. Seperti mengganti jok mobil, velg, hingga setir.
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top