Naksir Honda Civic Wonder? Simak Dulu Kekurangannya

10/09/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Naksir Honda Civic Wonder? Simak Dulu Kekurangannya
Meski sudah berumur lebih dari 30 tahun, pamor Honda Civic Wonder justru tengah naik dan digemari. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan sebelum meminang mobil satu ini, apa saja?

Hadir di Indonesia antara tahun 1983-1987, Honda Civic Wonder saat ini masih jadi alternatif menarik bagi yang mencari mobil harian dengan harga super miring, atau sekadar mobil hobi.

>>> Hatchback murah dengan harga menarik, sekeren apa sih Honda Jazz S 2010?

Ada dua varian Civic Wonder yang masuk Indonesia, model hatchback tiga pintu dengan kode SB3, identik dengan sebutan Wonder Setrika karena bagian belakang yang rata, atau sedan empat pintu dengan model yang lebih normal.

Honda Civic Wonder versi Mugen Sport

Civic Wonder bisa jadi bahan yang menarik untuk proyek modifikasi

Meski sudah tidak muda lagi, Civic Wonder justru kembali diminati masuk di usia lebih dari 30 tahun. Khususnya model hatchback yang bisa jadi alternatif menarik dari Civic Estillo yang harganya sudah ora umum.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Belum lagi soal melimpahnya spare part mobil, baik itu yang asli ataupun imitasi, dan mudahnya perawatan mobil. Namun demikian, ada beberapa penyakit umum yang mesti Anda pertimbangkan saat ingin membeli Civic Wonder, apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

Rawan terkena karat

Sebagai mobil yang sudah berumur 30 tahun lebih, penyakit klasik di Civic Wonder adalah karat yang mudah menempel. Apalagi jika pemilik mobil termasuk yang malas merawat mobil.

Jika ingin membeli Honda Civic Wonder, pastikan mobil yang akan dibeli bebas karat, mulai dari panel body, apalagi rangka. Karena jika bagian itu sudah keropos akibat karat, akan memakan biaya perbaikan yang tidak murah.

Mesin masih karburator

Honda Civic Wonder masih menggunakan mesin inline-4 SOHC 1.500cc 12 Valve berkode D15A1 dan masih menggunakan karburator. Secara umum, mesin jenis ini memiliki penyakit di karburatornya dibandingkan mobil dengan sistem injeksi.

Mesin Honda Civic Wonder

Mesin Civic Wonder masih menggunakan sistem pembakaran karburator

Bagian atas karburator sering melengkung akibat usia pakai dan panas mesin. Alhasil, terlalu banyak angin yang masuk ke dalam angin dan membuat suara mesin jadi cukup berisik. Solusinya, pakai paking karburator yang tebal atau pantat karburator bagian atas diratakan lagi.

Engsel pintu sering turun

Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan pemilik Civic Wonder adalah masalah engsel pintu yang sering turun. Biasanya saat terbuka akan sedikit jatuh, dan untuk menutupnya kembali jadi sulit.

>>> Tips & trik memilih, membeli mobil dengan harga murah dan berkualitas

Ini biasanya karena engsel pintu sudah cukup berumur, dan tak bisa menahan beban pintu yang cukup berat. Karena sebagai catatan pintu Honda Civic Wonder, khususnya yang dua pintu, berukuran cukup besar.

Engine mounting, dasbor bergetar

Penyakit lain di Civic Wonder yang juga harus diperhatikan adalah engine mounting mobil. Jika rusak atau aus, getaran mesin saat idle cukup besar saat mobil dinyalakan. Getarannya bahkan bisa dirasa hingga ke dalam kabin.

Interior Honda Civic Wonder

Karena termakan umur, Interior Civic Wonder rentan kendor

Selain itu, dasbor mobil Civic Wonder juga seringkali bergetar. Selain karena engine mounting, hal ini disebabkan kondisi dasbor yang sudah tidak rapat lagi dengan dudukannya. Untuk mengakalinya adalah membongkar dasbor, lalu diganjal busa pada bagian yang renggang.

Kaki-kaki ringkih

Penyakit bawaan Honda Civic Wonder lain yang perlu diperhatikan adalah bagian kaki-kaki karena cukup krusial terhadap sistem kemudi mobil. Hal ini wajar karena usianya yang tak mudah lagi dan sudah ribuan kilometer yang ditempuh.

Sebaiknya, periksa kondisi fisik sokbreker, ball joint, dan bushing arm. Perhatikan apabila ada bunyi abnormal pada bagian kaki-kaki saat dilakukan uji jalan. 

>>> Pengalaman, tips & trik merawat dan servis mobil di Indonesia

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Minat Koleksi Mobil Pintu 2 Honda? Ini Pilihannya

12/09/2020

Jual beli

8 menit

Mobil pintu 2 entah mengapa lebih banyak diincar para kolektor dibanding mobil berpintu 4. Ini membuat mobil 2 pintu harganya juga lebih tinggi. Padahal beberapa produsen otomotif di Indonesia pernah memperkenalkan mobil-mobil berpintu 2, diantaranya Honda.

Lihat juga

Mobil Bekas Pilihan: Honda Jazz S MT 2010

08/09/2020

Jual beli

4 menit

Pernah berjaya di segmennya, dapatkan berbagai tips membeli mobil bekas Honda Jazz 2010 Tipe S MT dari Cintamobil TV bagi penggemar mobil bekas di Indonesia.

Lihat juga

Harga Mobil Honda Bekas Dibawah Rp 100 Juta Tahun Muda

11/09/2020

Jual beli

8 menit

Mencari harga mobil Honda bekas dibawah Rp 100 juta ternyata bukan cuma mobil-mobil berusia sepuluh tahun ke atas. Namun banyak juga mobil bekas Honda tahun muda yang kini harganya sudah amat terjangkau.

Lihat juga

Kencang Serta Irit, Ini Kelebihan Dan Kekurangan Honda Civic Turbo Sedan

04/09/2020

Jual beli

5 menit

Sedan lansiran PT Honda Prospect Motor ini cukup menggemparkan di awal kemunculannya tahun 2016 silam, inilah kelebihan dan kekurangan Honda Civic Turbo Sedan

Lihat juga

Ini Penyebab Harga Honda Civic Estilo Bekas Nyaris Rp 200 Juta

02/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Tidak semua mobil bekas harganya turun. Honda Civic Estilo misalnya, meluncur tahun 1992 dengan harga Rp 60 juta saat ini mobil bekasnya dibanderol Rp 200 juta.

Lihat juga