MPV Bergaya Station Wagon, Inilah Tips Lengkap Beli Honda Odyssey 2012 Bekas

26/03/2019

Jual beli
Share this post:
MPV Bergaya Station Wagon, Inilah Tips Lengkap Beli Honda Odyssey 2012 Bekas
Umumnya MPV premium saat ini tinggi dan lebar bahkan cenderung mengotak. Bila Anda bosan dengan desain tersebut, Honda Odyssey 2012 yang mengadopsi mobil station wagon bisa jadi opsi menarik. Inilah tips lengkap beli Honda Odyssey 2012 bekas.

Honda Odyssey pertama kali hadir pada 2004 dengan dimensi yang panjang dan lebar. Saat itu MPV yang mempunyai model mirip station wagon ini sudah memasuki generasi ketiga. Hingga akhirnya pada tahun 2009 PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan full model change meski sekilas bentuknya masih mirip generasi sebelumnya.

Desain eksterior Honda Odyssey 2012 sekilas seperti station wagon

Honda Odyssey 2012 memiliki desain yang memanjang dan lebar sehingga mirip seperti station wagon

Sementara pada tahun 2012, ada penyegaran di eksterior dan interior. Bentuknya yang pipih serta memanjang rupanya disukai oleh konsumen. Bila Anda tertarik beli Honda Odyssey 2012 bekas, siluet yang melandai membuat posisi menyetirnya mirip sedan serta lebih stabil saat kecepatan tinggi. Pada eksterior perubahan terjadi pada grill, lampu utama, bumper, lampu belakang serta pelek. Kesan modern muncul dengan garis krom tegas di grill dipadu lampu yang menyipit. Lekukan pada bumper dan bodi juga menampilkan kesan sporty pada Honda Odyssey.

>>> Anda Pencinta Honda? Inilah 5 Pilihan MPV Honda Bekas

Sementara pada interiornya, Honda melakukan penambahan beberapa fitur. Seperti mode ECON dengan tombol besar berwarna hikau bila ingin berkendara hemat bahan bakar. Suasana yang lebih berkelas dengan warna jok kulit yang helap disertai motif kayu pada dasbor dan pintu. Kemewahan kabin tetap dijaga dimana salah satunya ialah  mempertahankan fitur pelipatan bangku secara elektrik. Fitur ini memudahkan penumpang ketika ingin memasukkan barang ke kabin.

Desain yang cukup modern dengan fitur berlimpah

Tampilan interior Honda Odyssey terlihat elegan dengan dominasi warna hitam

Dalam hal performa, Honda masih menggunakan mesin berkapasitas 2.354 cc 4-silinder i-VTEC bertenaga 180 dk. Bila Anda ingin memboyongnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja yang harus dicek baik dari sisi teknis dan non-teknis sebelum beli Honda Odyssey 2012 bekas? Simak tipsnya berikut ini.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Teknis

Hal teknis pertama yang harus Anda periksa saat beli Honda Odyssey 2012 bekas adalah bagian katup valvematic transmisi. Komponen ini salah satu yang vital karena biaya pergantiannya mencapai Rp 25 juta. Untuk mengeceknya bisa dengan cara injak pedal rem sekeras-kerasnya, masukkan tuas perseneling ke D dan injak gas sambil tetap menginjak pedal rem. Apabila putaran mesin beebrapa saat mendadak turun, ada kemungkinan katup transmisinya rusak.

Periksa bagian mesin khususnya transmisi saat berencana membeli Honda Odyssey 2012 bekas

Teknologi mesin Honda Odyssey sudah canggih, periksa bagian mesin dan transmisi untuk memastikan dalam kondisi prima

Komponen lain yang harus diperiksa ketika Anda hendak beli Honda Odyssey 2012 bekas adalah bagian kaki-kaki. Bantingan suspensi Honda Odyssey cukup empuk dan stabil. Namun dengan kondisi jalan di Indonesia yang cukup banyak rusak, pastikan suspensi masih dalam kondisi baik. Dengarkan dengan seksama apakah ada bunyi dari suspensi ketika melakukan test drive.

>>> Mau mencari mobil Honda bekas? Temukan banyak sekali pilihannya disini

Salah satu fitur andalan Honda Odyssey adalah pelipatan bangku secara elektrik. Karena memakai sistem elektrik, pastikan fitur ini  masih berjalan normal. Karena ketika Anda beli Honda Odyssey 2012 bekas dan ada kerusakan pada fitur ini, harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperbaikinya. Sehingga harga mobil bekasnya bisa lebih murah dari pasar mobil bekas.

Non-teknis

Ground clearance Honda Odyssey cukup rendah cek bagian samping bodi dan bumper

Honda Odyssey 2012 termasuk dalam kategori MPV dengan ground clearance yang rendah, periksa sekililing bodi bagian bawah

Mengingat bentukya yang panjang dan lebar, maka Honda Odyssey mempunyai ground clearance yang sangat rendah untuk sebuah MPV. Padahal mobil yang identik dengan keluarga ini biasanya cukup sering dibawa keluar kota. Anda bisa cek bagian bawah apakah kerusakannya masih wajar atau ada baret dan penyok yang membuat body kit harus diganti.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Satu hal penting lagi ketika Anda berencana beli Honda Odyssey 2012 bekas adalah versi importir umum (IU) atau agen pemegang merek (APM). Di Indonesia ada dua versi Honda Odyssey yakni yang dijual oleh IU dan APM. Pastikan mobil yang Anda beli dikeluarkan atau dijual oleh APM karena ada jaminan ketersediaan sparepart dan harga lebih terjangkau. Untuk mengeceknya bisa melalui VIN (vehicle identification number). Nah, sudah jelas bukan tips dari kami? Untuk harga bisa Anda cek di listing kami Cintamobil.com.

Share this post:
 
back to top