Modifikasi BMW M5 CS ala Manhart, Tampil Agresif dengan 777 HP

31/08/2021

Jual beli

3 menit

Manhart meluncurkan mobil spesial yang mengambil platform BMW M5 CS bertajuk MH5 GTR. Tak hanya tampil agresif, mobil ini juga dibekali dengan tenaga 777 HP.

Tuner asal Jerman yang sudah berpengalaman selama 30 tahun ini memang dikenal dengan modifikasi BMW berperforma tinggi. Tak hanya itu, mereka kerap mengeluarkan BMW spesial yang diproduksi secara terbatas.

Salah satunya adalah MH5 GTR yang mengambil basis dari BMW M5 CS yang baru saja mereka perkenalkan. Mobil ini mungkin jadi modifikasi total pertama dari M5 CS yang diluncurkan awal tahun 2021.

Hanya Ada 1 Unit

Gambar MH5 GTR

Cuma ada 1 unit di seluruh dunia!

Iya, mobil ini tidak ditawarkan dalam bentuk paket atau kit seperti yang biasa tuner seperti Manhart lakukan. Mereka hanya memproduksi 1 unit MH5 GTR untuk konsumen yang beruntung mendapatkannya.

>>> Manhart Hadirkan Paket Modifikasi BMW M2 CS Super Ekstrem

Konsumen beruntung tersebut dapat menikmati MH5 GTR yang dapat dibedakan dari BMW M5 CS biasa melalui warna 'Moonlight' dan decal Manhart berwarna abu-abu.

Sang tuner menghilangkan semua aksen emas dari BMW M5 CS bawaan pabrik untuk tampilan yang lebih gelap. Namun, mereka mempertahankan LED kuning yang terinspirasi dari dunia motorsport di bagian depan, dan semua komponen serat karbon yang sudah tersemat pada M5 CS.

Ubahan eksterior juga hadir melalui pemilihan velg 21 inci dengan desain 5-dual spoke berwarna hitam yang dibalut ban berkururan 275/30ZR21 dan 295/30ZR21, serta spacer di bagian belakang untuk menyempurnakan offset velg.

Gambar Interior MH5 GTR

Tak banyak ubahan di sektor interior

Beralih ke interior, Manhart memilih untuk bermain aman karena M5 CS sudah memiliki kabin yang cukup menarik. Satu-satunya perbedaan yang dapat kami temukan adalah lencana Manhart di setir berbalut Alcantara. Selain itu, MH5 GTR hadir dengan jok kulit hitam, jahitan merah, dan aksen merah pada serat karbon di belakang joknya.

>>> Bentley Flying Spur Garapan Mansory, Makin Kencang nan Menawan

Lonjakan Tenaga 150 HP

Mesin V8 4.4 liter twin-turbo bawaan BMW M5 CS sebenarnya sudah menghasilkan tenaga 627 HP dan torsi 750 Nm. Tetapi para insinyur Manhart berhasil mengekstrak lebih banyak tenaga. Hal ini berkat penambahan powerbox MHtronic plus intake berbahan serat karbon.

Dengan kedua komponen tersebut, mobil ini sekarang menghasilkan tenaga 777 HP dan torsi 935 Nm, melonjak 150 HP dari standar pabrikan. Tenaga Toyota Raize, sebuah mobil utuh saja tak sampai 150 HP.

Uniknya, meski ini merupakan peningkatan yang cukup besar, angkanya justru kurang mengesankan dibanding Manhart MH5 800 dengan menggunakan platform M5 biasa yang dapat menghasilkan tenaga 804 HP dantorsi yang mencapai 1.050 NM.

Gambar MH5 GTR

Lekukan pada intake berbahan serat karbon membuat tampilan di balik kap mesin tampak berotot

Mobil tersebut bertenaga karena modifikasi yang lebih luas termasuk penggantian turbo, intercooler, knalpot, dan remapping ECU. Mungkin Manhart tidak ingin terlalu mengutak-atik sektor mesin M5 CS mengingat kolektibilitas mobil ini.

>>> Toyota Supra GR 450, Modifikasi Tak Biasa Dari Manhart

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top