Model Lama Masih Menggiurkan, Ini 5 Tips Membeli Honda City Modifikasi

03/12/2019

Jual beli

3 menit

Share this post:
Model Lama Masih Menggiurkan, Ini 5 Tips Membeli Honda City Modifikasi
Membeli mobil bekas modifikasi memang butuh ketelitian lebih dibandingkan mobil biasa. Bagi Anda yang tertarik membeli Honda City modifikasi? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Honda City modifikasi bisa ditemukan di mana saja. Karena sedan kompak Honda ini merupakan salah satu model yang sering dipermak untuk kebutuhan dan tampilan yang baru. Tertarik membeli sedan yang baru saja mendapatkan generasi terbaru ini? Perhatikan beberapa tips membeli Honda City bekas hasil modifikasi berikut ini.

1. Cek eksterior dan interior

Dari mata turun ke hati. Dan dari pandangan pun Anda bisa mengetahui kondisi kendaraan yang ingin Anda beli. Periksa tampilan luar kendaraan, seperti sekat-sekat yang terbuka pada fender atau pintu yang tidak menutup dengan sempurna. Lihat kembali kondisi cat yang sudah kusam, atau warna bodi yang berbeda akibat bekas tempelan stiker.

eksterior Honda City modifikasi berwarna putih
Perhatikan eksterior dan interior Honda City modifikasi

Masuk ke bagian dalam, perhatikan dengan seksama interior kendaraan. Periksa bagian dashboard, setir, kursi, hingga bagasi. Lihat kembali kabin mobil, apakah masih mulus atau sudah kusam, atau terdapat beberapa komponen yang sudah mengelupas. Cek bagian-bagian sudut untuk melihat terawatt atau tidaknya mobil tersebut.

>>> Honda City 2020 Generasi ke-5 Debut di Thailand, Tampil Lebih Sporty dan Irit BBM

2. Pastikan kondisi mesin

Mesin merupakan nyawa dari kendaraan. Kondisi kesehatan mesin pun sangat penting bagi ketika membeli mobil bekas, terlebih untuk mobil bertransmisi otomatis. Selalu perhatikan kondisi mesin ketika Anda melakukan pengecekan pertama. Terlebih jika Anda membeli Honda City modifikasi dengan umur lebih dari 5 atau bahkan 10 tahun.

mesin Honda City berwarna hitam 
Lihat kembali kondisi mesin sebelum membeli

Jika perlu, unakan kendaraan untuk berkeliling untuk mengetes semua komponen kendaraan, bukan hanya mesin. Ketika dibawa berjalan, perhatikan kondisi transmisi. Cek apakah perpindahan gigi terasa halus tanpa celah, atau terasa ada hentakan ketika mengganti gigi. Pada saat mesin idle atau dalam kondisi berhenti, perhatikan apakah mesin stabil atau tidak.

Memang bukan keharusan, tetapi disarankan untuk menghindari mesin yang sudah dimodifikasi. Sebagian mempermak mesin untuk membuatnya menjadi lebih cepat. Tapi jika tidak dilakukan dengan benar, maka modifikasi mesin akan berakibat fatal dan merusak.

>>> Cari Mobil Sedan? Simak Tips Lengkap Membeli Honda City Bekas

3. Periksa kondisi kelistrikan

Sebagian modifikator mengubah komponen kelistrikan, seperti memasang audio maupun lampu tambahan. Hal ini pun berakibat aki yang bekerja lebih keras. Untuk itu, Perhatikan apakah lampu redup ketika AC dihidupkan. Jika hal ini terjadi, berarti aki mobil sudah mulai soak.

multimeter berwarna kuning melihat kondisi aki 
Anda bisa melihat kondisi aki menggunakan multimeter

Untuk lebih mudahnya, cek apakah terdapat suara berat ketika mobil pertama kali dihidupkan; apakah mobil bisa langsung hidup atau tidak. Jika mobil sudah dihidupkan, berarti terdapat masalah pada dinamos stater. Anda bisa mengecek tegangan aki menggunakan multimeter. Tegangan yang kurang dari 12,5 volt mengindikasikan aki sudah mulai lemah.

>>> Anda mau membeli mobil Honda City? Jangan tinggal daftar ini

4. Lakukan pengecekan di bengkel

Salah satu masalah yang sering ditemui oleh pembeli mobil bekas yaitu ketidaktahuan tentang komponen-komponen mobil. Sebagian membawa teman maupun kolega yang mengerti otomotif untuk membantu mengecek kendaraan. Tapi untuk pemeriksaan yang lebih tepat, Anda bisa membawa mobil bekas yang Anda inginkan ke bengkel untuk pengecekan.

Honda City berwarna putih di bengkel mobil
Jika ragu, lakukan pengecekan di bengkel mobil terdekat

Jangan takut untuk bertanya. Karena beberapa showroom mobil bekas pun memperbolehkan mobil dagangannya untuk dicek di bengkel. Terlebih ketika Anda membeli mobil bekas melalui pengguna mobilnya, bisa meminta persetujuan untuk ke bengkel dan melihat kondisi kendaraan.

>>> Review All New Honda City 2020: Evolusi sebuah sedan perkotaan

5. Cek harga

Idealnya, sebagian pemilik mobil yang sudah memodifikasi mobilnya akan mengubah hingga tampilan standar sebelum menjual. Namun, beberapa pengguna bahkan menjual kendaraan dalam kondisi sudah dimodifikasi, sekaligus dengan aksesori baru. Seperti velg yang sudah diganti, atau sistem audio yang sudah ditingkatkan.

mobil lawas Honda City modifikasi berwarna putih 
Modifikasi original membuat harganya melejit tinggi

Tergantung dengan modifikasinya, beberapa Honda City modifikasi bahkan bisa dihargai lebih mahal dibandingkan model standarnya. Masalah harga sebagian besar berhubungan dengan harga aksesorif dan biaya modifikasi. Belum lagi jika modifikasi memakai komponen original yang mahal atau susah ditemukan di pasar aftermarket Tanah Air.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

[INFOGRAFIK] Sejarah Honda City: Dari Hatchback Tiga Pintu Hingga Sedan

27/11/2019

Pasar mobil

2 menit

Honda memperkenalkan generasi ketujuh Honda City di Thailand pada tanggal 25 November 2019. Sejak kemunculannya, sejarah Honda City menjadi bagian dari salah satu sedan kompak terpopuler milik Honda.

Lihat juga

Honda City 2020 Generasi ke-5 Debut di Thailand, Tampil Lebih Sporty dan Irit BBM

25/11/2019

Mobil baru

3 menit

Honda City adalah salah satu model paling penting untuk pembuat mobil asal Jepang, dan akhirnya hari ini diperkenalkan generasi kelima dari sedan segmen-B untuk debut globalnya di Thailand.

Lihat juga

Generasi Terbaru Honda City Hadir Di Thailand Pada 25 November Dengan Mesin 3 Silinder Turbo

13/11/2019

Mobil baru

3 menit

Honda City generasi terbaru sedang dipersiapkan debutnya untuk pasar Thailand pada 25 November kelak. Sedan kompak ini juga akan menggunakan mesin terbaru dari Honda yang memiliki performa dan efisiensi lebih baik

Lihat juga

Diperkenalkan Bulan Depan, Seperti Ini Bocoran Wajah Honda City 2020

08/10/2019

Mobil baru

5 menit

Jelang debut global November mendatang, bocoran bagaimana desain akhir Honda City 2020 mulai bertebaran di dunia maya. Penasaran dengan tampilan small sedan Honda itu?

Lihat juga

Tak Hanya LCGC, Harga City Car Juga Naik Pada Oktober

07/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Selain para APM menaikkan harga mobil LCGC, di bulan Oktober 2019 kenaikan harga juga terjadi pada mobil kota. Harga city car itu juga mengalami kenaikan hingga Rp 4 jutaan.

Lihat juga