Modal Hyundai Staria Senyaman Mercedes-Benz V-Class

13/08/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Meski tak sepadan soal harga dan prestige-nya, Hyundai Staria punya modal untuk jadi mobil keluarga senyaman Mercedes-Benz V-Class. Yuk kita bandingkan!

Hadir sebagai MPV super lapang, Hyundai Staria punya lawan-lawan tangguh dari kelas premium, salah satunya Mercedes-Benz V-Class.  Mobil ini punya harga lebih mahal, fitur sangat lengkap, dan prestige yang tentu sangat tinggi. V-Class juga sudah cukup dikenal karena sudah mengaspal di tanah air sejak akhir Maret 2016.

Lantas, apa modal Hyundai Staria untuk jadi mobil keluarga senyaman mobil Eropa tersebut?

Dimensi

Dimensi berpengaruh terhadap pengaturan interior dan tentu berpengaruh terhadap kenyamanan. Baik V-Class maupun Staria keduanya sama-sama berdimensi besar dengan panjang lebih dari 5 meter.

Foto Mercedes-Benz V-Class tampak samping depan

V-Class, MPV premium andalan Mercedes-Benz

Mercedes-Benz V-Class memiliki ukuran panjang 5.140 mm, lebar lebar 1.928 mm, dan tinggi 1.890 mm, dan jarak sumbu roda 3.430 mm. Sementara Hyundai Staria berukuran panjang 5.255 mm, lebar 1.955 mm, tinggi 1.990 mm, dan jarak sumbu roda 3.275 mm.

Eksterior

Dibanding van Hyundai lain seperti H1, tampilan Staria cukup mainstream. Sangat berbeda dan terlihat kekinian. Terlebih untuk varian premiumnya yaitu Staria Lounge, tampilannya sangat futuristik untuk mobil berdesain boxy.

Foto Hyundai Staria tampak samping depan

Panjang Hyundai Staria lebih dari 5 meter

Mercedes-Benz V-Class juga tak kalah menarik. Model faceliftnya yang diluncurkan 2020 memiliki tampilan muka yang lebih sporty dengan bumper hitam doff motif honeycomb membentang dari kanan ke kiri. Selebihnya tidak jauh berbeda dengan model V-Class yang lain.

>>> Tertarik mobil Mercy, Cek harganya di sini!

Interior

  • Mercedes-Benz V-Class

Dimulai dari kursi baris depan dashboard V-Class menghadirkan kemewahan khas Mercedes-Benz. Dengan panel-panel kayu dan kisi-kisi AC model turbin pesawat. Layar MID di balik kemudi juga berukuran lebih besar dengan high resolution dan warna lebih cerah.

Dua cup holder di bagian tengah konsol antara kursi pengemudi dan penumpang depan siap menampung dua botol atau dua cup minuman. Sedangkan cup holder lain agak dilengkapi dengan pemanas pendingin. So, pengendara bisa mendapatkan menjaga kesegaran minumannya sesuai yang diinginkan.

Foto menunjukkan Dashboard Mercedes Benz V Class

V-Class dilengkapi kisi-kisi AC model turbin khas Mercedes Benz

Dengan ukuran panjang lebih dari 5 meter, Mercedes-Benz V-Class sangat lapang untuk 7 seater. Konfigurasi kursinya 2-2-3 dengan kursi baris kedua paling istimewa. Tidak lagi captain seat seperti sebelumnya, melainkan pilot seat.

Dua kursi masing-masing dilengkapi arm rest kiri kanan, serta leg rest untuk mengistirahatkan kaki. Kursi juga bisa dimaju mundurkan hingga maksimal tanpa mengganggu kenyamanan penumpang di belakang.

Kursi pilot seat ini juga dilengkapi dengan pemanas dan pemijat yang memberikan relaksasi kepada penumpang.

Di bagian atap ada dua sunroof terpisah, yaitu di depan untuk penumpang baris kedua dan di belakang untuk penumpang di paling belakang. Ini menambah kenyamanan saat berkendara karena bisa membuka sesuai kenyamanan.

>>> New Mercedes-Benz V-Class Tampil Baru dengan Kenyamanan Lebih Unggul

Foto Interior Mercedes Benz V Class

Semakin nyaman dengan seater mewah

Jendela baris kedua fix tidak bisa dibuka. Sedangkan jendela baris ketiga bisa dibuka dengan porsi yang tidak terlalu lebar. By the way itu tak jadi masalah besar karena pengendara V-Class juga jarang-jarang membuka jendela.

  • Hyundai Staria

Hyundai Staria khususnya 7 seater menawarkan kelapangan mulai dari kursi baris depan hingga baris ketiga. Di bagian depan atau ruang kemudi sangat lapang karena tidak ada konsol di bagian tengah lantai. Tombol-tombol pengoperasian seluruhnya ada di bagian dashboard.

Dashboard-nya juga simpel. Layar MID untuk informasi kendaraan diletakkan di atas dashboard di balik kemudi dan berkesan floating. Di bagian tengah ada head unit floating berukuran besar untuk kebutuhan infotainment dan pengaturan fitur kendaraan. Di bawahnya wireless smartphone charger dan laci penyimpanan.

Di bagian tengah antara pengemudi dan penumpang depan ada tempat penyimpanan dan 2 cup holder.

Foto Dashboard Hyundai Staria

Interior Hyundai Staria, simpel namun mewah

Beralih ke belakang untuk pengaturan 7 seater Hyundai Staria menggunakan konfigurasi 2-2-3. Jok baris kedua captain seat dengan arm rest kiri dan kanan serta leg rest untuk mengistirahatkan kaki.

Di bagian atap ada dua sunroof terpisah, di depan untuk pengemudi dan penumpang sebelahnya berukuran kecil. Sedang di belakang untuk penumpang di kabin belakang dengan ukuran lebih besar.

Foto Interior Hyundai Staria

Hyundai Staria terinspirasi dari pesawat terbang

Di jendela baris kedua kiri dan kanan juga dilengkapi sunshade untuk melindungi penumpang dari silau matahari atau untuk menjaga privasi di dalam kendaraaan. Untuk akomodasi Mercedes-Benz V-Class dan Hyundai Staria sama-sama punya bagasi sangat luas untuk membawa banyak barang.

Fitur

Sebagai mobil berkelas, fitur Mercedes-Benz V-Class memang tak perlu diragukan. Ada jok kulit Nappa, lingkar kemudi kulit AC THERMOTRONIC automatic climate control, dan yang lain.

Untuk keselamatan ada Active Parking Assist, Blind Spot Assist, Crosswind Assist, Rain sensor
ATTENTION ASSIST, Headlight assistant, LED Intelligent light system, Lane Keeping Assist, 360° Camera, Cruise Control, Hill-start assist dan masih banyak yang lain.

Foto kabin Hyundai Staria

Ada banyak fitur kepraktisan pada Staria sebagai mobil keluarga

Hyundai Staria juga memiliki beragam fitur keselamatan canggih seperti Safe Exit Assist, Parking Distancing Warning, Intelligent Speed Limit Assist, 7 airbag, Advanced Rear Seat Passenger Notification, Surround view monitor, dan 3-point seat belt/headrest untuk semua tempat duduk.
 
Juga ada fitur kenyamanan seperti Share My Car Location, peta digital dengan layar 10,25 inci, AC full otomatis, roof tray, high pass system untuk pembayaran tol secara otomatis, penghangat setir, serta masih banyak lagi.

>>> Ini Fitur Hyundai Staria yang Bikin Nggak Kalah dari Alphard

Performa

Untuk performa Mercedes-Benz V-Class didukung mesin bensin 2.000 cc 4 silinder. Tenaga yang dihasilkan mencapai 211 Hp pada 5.500 rpm dan torsi 350 Nm pada 1.800-4.000 rpm.

Sedangkan Hyundai Staria dibekali mesin diesel 2.200 cc 4-silinder DOHC 16 katup berteknologi Variable Geometry Turbocharger (VGT) dengan intercooler. Tenaga yang dihasilkan mencapai (174,5 Hp pada putaran 3.800 rpm dan torsi maksimal 431 Nm pada 1.500-2.500 rpm.

Terakhir dari sisi harga, Mercedes-Benz V-Class dijual dengan harga di atas Rp 1,5 miliar. Sedangkan Hyundai Staria kabarnya dijual mulai Rp 800 jutaan.

Kesimpulan

Dari sisi manapun Mercedes-Benz V-Class jelas lebih prestige untuk dikendarai. Satu karena alasan brand, kedua karena harga. Namun demikian, jika prestige bukan sesuatu yang sangat penting, Hyundai Staria varian premium bisa jadi pilihan. Selain lebih terjangkau, kenyamanan yang diberikan sudah lebih dari cukup.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Secara Cash atau Kredit

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top