Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio Merah, Perawatannya Mahal?

26/11/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Pemilihan Honda Mobilio merah memang hanya bisa ditemukan pada tipe RS. Simak lebih lengkap apa saja kelebihan dan kekurangan serta tips perawatannya.

Honda Mobilio merah merupakan salah satu item yang cukup eksklusif di Indonesia. Mengingat mobil ini tak begitu banyak di pasaran dan menjadi salah satu incaran pembeli mobil bekas yang menginginkan mobil dengan warna tak biasa. Bagi Anda yang ingin membeli Low MPV Honda ini, kelir berwarna ngejreng ini bisa menjadi pilihan.

Tapi hanya ada satu pilihan warna merah yang diberikan pada Honda Mobilio, yaitu Phoenix Orange Pearl Two Tone. Bahkan pilihan kelir ini sendiri merupakan warna khusus yang hanya tersedia pada tipe tertinggi, Mobilio RS dan tidak ditemukan pada tipe lainnya yang lebih rendah.

Dan sama seperti namanya, pilihan warna Mobilio merah bukanlah merah menyala seperti pada model Honda Civic maupun Honda HR-V. Kedua mobil tersebut mendapatkan kelir merah yang lebih gelap bernama Rallye Red. Sedangkan warna Mobilio lebih condong ke oranye, walaupun terlihat lebih merona dibandingkan warna orange milik Honda lainnya, seperti pada Honda Brio Satya.

Kelebihan Mobilio merah

Warna merah seringkali diasosiasikan sebagai semangat dan pemberani. Maka tak jarang orang-orang yang memiliki mobil merah memiliki sifat yang suka tantangan. Berikut beberapa keunggulan Mobilio warna merah yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Nyentrik dan berbeda

Di Indonesia, sebagian besar mobil perkotaan biasanya terdiri dari dua warna umum, yaitu hitam dan putih. Menggunakan mobil berwarna cerah tentunya bisa membedakan mobil Anda dibandingkan mobil lainnya. Belum lagi warna merah yang nyentrik bisa membuat Anda menjadi pusat perhatian.

mobil baru Honda Mobilio merah
Honda Mobilio merah dengan tampilan yang nyentrik

2. Terlihat lebih sporty

Selain ditawarkan pada Mobilio RS yang memang memiliki tampilan lebih sporty dibandingkan varian lainnya, warna merah juga sering dikaitkan dengan mobil sport yang menawan. Dibandingkan pilihan warna yang ditawarkan oleh Honda pada Mobilio, tentunya pilihan warna ini terlihat lebih mentereng dan atraktif.

3. Harga jual lebih tinggi

Mobil berwarna putih dan hitam yang notabene merupakan mobil berwarna umum memang mudah ditemukan. Tapi mobil berwarna khusus seringkali memiliki harga yang lebih tinggi bila dijual kembali. Bahkan warna yang jarang terlihat bisa dibanderol lebih mahal hingga Rp 5 jutaan dibandingkan warna standar.

>>> Pilihan Warna Mobilio yang Elegant dari Honda

Kekurangan Mobilio merah

Namun jangan langsung bergegas membeli. Pasalnya ada beberapa kekurangan yang bisa ditemukan pada mobil berwarna merah yang mungkin membuat Anda berpikir dua kali sebelum membeli. Diantaranya yaitu

1. Perawatan mahal

Bukan rahasia lagi jika perawatan mobil berwarna merah lebih mahal dibandingkan mobil putih maupun hitam. Pasalnya Anda perlu mencari warna cat yang sesuai dengan kelir mobil. Apalagi jika warna tersebut merupakan warna khusus yang hanya bisa didapatkan pada bengkel resmi saja. Beberapa cat berwarna cerah juga lebih mahal 20% dibandingkan warna standar.

mobil baru Honda berwarna merah
Mobilio merah disebut memiliki biaya perawatan yang terbilang tinggi

2. Mudah kusam jika tidak dirawat

Warna merah bisa dibilang membutuhkan perhatian ekstra. Mengingat jika Anda tidak melakukan perawatan yang teratur, maka warna merah yang harusnya bersinar dan mentereng akan berubah menjadi kusam dan tak menarik lagi. Sehingga Anda perlu memperhatikan bagaimana cara merawat mobil berwarna merah agar tidak tekor selama pemakaian.

>>> Dari Velg Hingga Bodykit, Intip Inspirasi Modifikasi Mobilio RS

Tips merawat mobil berwarna merah

Sebenarnya merawat Mobilio merah atau mobil berwarna cerah pada umumnya tidak begitu jauh berbeda dibandingkan merawat mobil lainnya. Namun kelir berwarna cerah tentunya harus berhadapan dengan kotoran-kotoran di udara serta oksidasi yang membuatnya lebih mudah kusam pada saat digunakan.

Tapi jangan takut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat mobil terlihat lebih menarik dalam jangka waktu lama. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

1. Bersihkan secara teratur

Membersihkan mobil secara teratur merupakan cara terbaik untuk merawat cat agar tidak mudah pudar, apalagi untuk mobil berwarna cerah. Gunakan sabun khusus mobil berkualitas tinggi dan oleskan pada spons busa dengan gerakan lurus, bukan melingkar. Membilas secara melingkar bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan goresan kecil yang berbentuk pusaran.

mencuci mobil merah bersama keluarga
Bersihkan mobil secara teratur untuk menjaga cat lebih lama

Untuk menjaga cat tetap bilas dengan air bersih, hindari membiarkan cat mengering sendiri. Hal ini bisa meninggalkan mineral dari air yang bisa berbahaya bagi cat. Untuk menghindari hal ini, keringkan mobil dengan handuk microfiber. Hindari handuk kamar mandi maupun kain lap yang dapat meninggalkan goresan kecil yang seiring waktu dapat menyebabkan cat terkikis.

>>> Cintamobil TV: Avanza, Ertiga atau Mobilio, Pilihan Taksi Online 7 Penumpang

2. Hindari dari sinar matahari langsung

Sinar ultraviolet dari matahari bukan hanya berbahaya bagi kulit, tapi juga pada cat mobil. Sinar matahari bisa mengoksidasi dan memudarkan cat pada mobil, membuat mobil terlihat jauh lebih tua dari umur sebenarnya. Bila memungkinan, parkir mobil Anda di tempat teduh atau di ruang tertutup.

3. Gunakan wax

Waxing memberikan ‘tameng’ yang akan melindungi cat dari kotoran, debu, polusi, air, dan zat berbahaya lainnya. Mengaplikasikan wax pada mobil juga dapat menutupi goresan maupun noda kecil lain yang membuat mobil terkesan kotor dan kusam serta membuat cat mobil bisa bertahan lebih lama.

Selain Mobilio merah, ada lima pilihan warna lain yang tersedia, Pilihan warna yang tersedia yaitu Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Taffeta White, dan dua warna khusus tipe RS, yaitu White Orchid Pearl. Sayangnya tak ada lagi Mobilio kuning yang menjadi salah satu pilihan nyentrik pada masanya.

>>> Simaklah tips dan trik yang menarik lainnya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah Honda Mobilio adalah mobil manual?
Honda Mobilio menawarkan dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan CVT otomatis.
Berapa kapasitas tempat duduk Honda Mobilio?
Honda Mobilio memiliki kapasitas 7-seater dengan tiga baris bangku di dalam kabin.
Berapa harga Honda Mobilio 2022?
Harga Honda Mobilio mulai dari Rp 197 jutaan pada tipe S hingga Rp 250 jutaan untuk tipe Mobilio RS CVT sebagai varian tertinggi. 

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top