Mobil Korban Kerusuhan, Bisakah Mendapatkan Klaim Asuransi?

02/10/2019

Jual beli

4 menit

Mobil Korban Kerusuhan, Bisakah Mendapatkan Klaim Asuransi?
Beberapa hari ini, kondisi di Indonesia sedang kurang kondusif dengan banyaknya unjuk rasa yang berujung ricuh khususnya di sekitaran ibu kota.

Di tengah kondisi yang tidak kondusif ini, jelas bukan keselamatan Anda saja yang terancam, melainkan mobil kesayangan Anda juga berpotensi terkena amuk masa. Namun demikian, pihak asuransi biasanya enggan menerima klaim yang disebabkan kerusuhan atau aksi anarkis.

>>> Beberapa kejadian ini tak akan bisa diklaim asuransi, sekalipun All Risk

Menurut ketentuan polis asuransi, perbuatan jahat merupakan tindakan seseorang/kelompok yang berjumlah kurang dari 12 (dua belas) orang yang dengan sengaja merusak harta benda orang lain karena berbagai alasan.

Namun jika penyebabnya karena huru-hara atau terorisme, klaim tidak akan diterima karena berada di luar ketentuan polis. Oleh karena itu, dalam proses klaim pihak asuransi tidak serta merta memberi tanggung jawab sebelum mengetahui penyebabnya.

Bangkai mobil korban kerusuhan

Mobil yang terkena dampak kerusuhan tidak dicover asuransi

Lalu, apakah mobil yang jadi korban kerusuhan tetap bisa diklaim oleh pihak asuransi? Tentu bisa, yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan perluasan jaminan, yaitu layanan perlindungan tambahan di luar ketentuan polis asuransi umum.

>>> Mobil pilihan dengan harga terbaik bisa Anda temukan di sini

Proteksi ini menjamin penggantian risiko kendaraan yang disebabkan beberapa penyebab, mulai dari bencana alam seperti banjir, gempa bumi, tsunami, sampai kerusakan akibat huru-hara, terorisme, sabotase, dan lainnya.

Untuk mengaktifkan proteksi tambahan ini, Anda hanya cukup menghubungi asuransi kendaraan yang Anda gunakan, dan mengajukan perluasan jaminan tambahan terhadap risiko kerusakan akibat huru-hara.

>>> Simak tips jual beli mobil lainnya di sini

Setelah itu, perusahaan asuransi akan menjadwalkan survei untuk memastikan kondisi kendaraan. Waktu prosesnya cukup singkat, yakni hanya 1x24 jam. Adapun biaya tambahan yang akan dibebankan adalah sebesar 0,3% dari harga mobil.

Ilustrasi klaim asuransi mobil

Anda harus mengeluarkan premi tambahan sebesar 0,3% dari harga kendaraan

Semisal, jika mobil Anda seharga Rp 300 juta, maka premi tambahan yang harus Anda bayarkan adalah sekitar Rp 900 ribu. Nilai yang tidak seberapa dibandingkan manfaat yang Anda dapatkan, terlebih jika sewaktu-waktu mobil Anda terkena hal yang tidak diinginkan semisal menjadi korban bencana alam ataupun demo anarkis.

Semoga artikel ini dapat menjawab kekhawatiran Anda yang saat ini sedang was-was karena selalu melintasi kawasan yang sedang ramai dengan demo dan kerusuhan. Untuk tips & trik lainnya, klik link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top