Mengenal Mobil Hot Wheel yang Bukan Sekedar Mainan

05/02/2021

Jual beli

8 menit

Mobil Hot Wheel bukan sekedar mobil-mobilan untuk mainan anak kecil pria, tapi juga bisa dikoleksi dan dijadikan barang investasi, mengingat harganya ada yang sangat mahal.

Mobil Hot Wheel bagi kebanyakan orang hanyalah dianggap mobil-mobilan untuk mainan anak-anak kecil. Tetapi bagi sebagin kalangan lagi, ternyata mobil-mobil Hot Wheels punya nilai khusus. Bahkan tak jarang sebuah Hot Wheels bisa dihargai hampir setara harga mobil sungguhan.

Karena tingginya nilai dari mobilan Hot Wheels ini membuat makin banyak bermunculan kolektor dan pedagang Hot Wheels. Selain itu komunitas-komunitas pecinta Hot Wheels dari seluruh pelosok negeri pun terus menjamur.

Anda juga pastinya akrab dengan mainan yang satu ini bukan? Namun supaya sedikit lebih mengenal tentang dunia Hot Wheels, kali ini kami akan membahas mengenai Hot Wheels. Sekali-sekali bahas mobil-mobilan bukan mobil sungguhan boleh dong...

>>> Wujud Hot Wheels Termahal di Dunia, Harganya Tembus Rp 2,08 Miliar!

Sejarah Munculnya Mobil-mobil Hot Wheels

Mobilan Hot Wheels

Hot Wheels sudah diproduksi sejak 1968

Dikutip dari Wikipedia, perusahaan pembuat Hot Wheels adalah mainan miniatur mobil berbhan metal (die-cast) yang diproduksi Mattel Inc dari Amerika Serikat (AS). Mainan ini dibuat pertama kali pada tahun 1968.

Sebenarnya Mattel juga memproduksi die-cast merk lain, yaitu Matchbox. Bahkan Machbox lebih dulu masuk ke Indonesia yaitu sejak tahun 1970-an, sementara Hot Wheels mulai beredar di Indonsia tahun 2002.

Para Diecaster alias pecinta mainan miniatur ini pun bermunculan dari tiap-tiap daerah di Indonesia. Bukan cuma di Jakarta, tapi juga diecaster dari wilayah lain seperti Bandung, Jogjakarta, Surabaya, hingga luar pulau seperti dari Sumatera dan Kalimantan pun semakin hari semakin marak.

Mobil Hot Wheels Terbaru Makin Mudah Didapatkan

Hot Wheels Fast and Furious

Seri Fast and Furious ini sering jadi buruan diecaster

Sesuai namanya, Hot Wheels berupa mainan miniatur mobil-mobilan. Dan hampir setiap mobil yang diproduksi oleh pabrikan, muncul versi Hot Wheels-nya. Dan tidak seperti dahulu, kini menemukan Hot Wheels terbaru bukanlah perkara sulit. Apalagi sejak akses internet dan perdagangan lintas negara semakin terbuka, maka ketika Hot Wheels mengumumkan telah merilis seri terbarunya, saat itu juga Diecaster di Indonesia sudah bisa memesan.

Selain meniru mobil-mobil buatan pabrikan otomotif, Hotwheels juga datang dari mobil-mobil yang muncul di serial TV atau film-film Hollywood. Mulai dari film animasi seperti Batman, Scooby Doo, Ninja Turtle, atau Ghosbusters, sampai film-film layar lebar seperti Fast and Furious pun dihadirkan Hot Wheels dengan seri yang lengkap dan menjadi mobil Hot Wheels terkeren untuk dikoleksi.

>>> Minat Koleksi Mobil Pintu 2 Honda? Ini Pilihannya

Mobil Hotwheel Langka Harganya Selangit

Hot Wheels Gulf Treasure Hunt

Untuk Hot Wheels Treasure Hunt seperti ini saja harganya terus naik dari tahun ke tahun

Seperti telah disinggung di awal tulisan ini jika bagi sebagian orang Hot Wheels punya nilai yang cukup tinggi. Umumnya Hot Wheels berharga mahal adalah mobil Hot Wheels terlangka yang hanya diproduksi dalam jumlah terbatas. Atau bisa juga Hot Wheels langka itu diproduksi di awal berdirinya Mattel, sehingga jika masih ada yang menyimpan dalam keadaan masih cukup istimewa, mobilan tersebut bisa di banderol amat fantastis. Anda mungkin pernah ingat ketika kami membahas bagaimana sebuah Hot Wheels terlangka yang punya harga miliaran rupiah.

Kemudian sebuah Hot Wheels harganya kan terus naik jika masuk kategori Treasure Hunt (TH) atau Super Threasure Hunt (THS). Jika saat beli harga mobilan tersebut mungkin hanya Rp 100.000, maka apabila dijual lagi dalam 1-2 tahun kemudian harganya bsia menjadi Rp 1 juta.

Karena kondisi inilah banyak dari Diecaster yang merasa menyimpan Hot Wheels juga merupakan sebuah investasi. Karena mungkin saja, dalam 5-10 tahun kemudian, harga mainan tersebut berkali-kali lipat lebih mahal dari saat pertama kali ia beli.

>>> 5 Game Simulator Ini Bisa Buat Belajar Nyetir Mobil Lho!

Mencermati Harga Hot Wheels di Toko Mainan, Indomart atau Alfamart

Hot Wheels di Alfamart

Alfamart dan Indomart sering memberikan promo untuk produk Hot Wheels

Menyinggung soal harga Hot Wheels, sebenarnya tidak bisa dipukul rata untuk setiap mobilan merk tersebut. Karena balik lagi, jika itu adalah unit yang langka, baik itu Hot Wheels terbaru atau produksi tahun tua, maka banderolnya bisa lebih mahal daripada yang Anda temukan pada mobil-mobil Hot Wheels di toko mainan. Sebaliknya, jika unit tersebut bukan mobil yang cukup istimewa di mata Diecaster, maka akan menjadi Hot Wheels murah.

Misalnya harga Hot Wheels reguler di toko mainan berskala Nasional dipatok Rp 32.900, maka ketika ternyata Hot Wheels itu masuk kategori THS, maka ketika dijual kembali harganya bisa naik 2-3 kali lipat. Sebaliknya jika ternyata itu bukan Hot Wheels yang punya banyak peminat, maka bisa saja, sepekan kemudian harga tersebut di diskon jadi hanya Rp 20.000-an saja atau ada promo beli 1 gratis 1.

Namun menariknya, kini mobil Hotwheels terbaru juga sudah masuk ke gerai-gerai mini market seperti Indomart atau Alfamart. Umumnya Hot Wheels di dua gerai ini dipasarkan di rentang Rp 25.000 - Rp 30.900. Tapi menariknya, sering kali ada promo pembelian Beli 2 Gratis 1 dari beberapa gerai. Bahkan Hot Wheels yang ditawarkan juga bukan model yang sepi peminat, namun jenis mobil Hot Wheels terkeren seperti seri Fast and Furious atau Car Culture.

>>> Bosan di Rumah Saja? Lima Game Balap Pilihan Ini Bisa Anda Coba

Trik Berburu Hot Wheels Terkeren dengan Harga Murah

Hot Wheels Termahal

Inilah yang sekarnag diklaim sebagai Hot Wheels termahal di dunia

Ketika Anda mulai ingin mengoleksi Hot Wheels, ingatlah jika Anda tidak sendirian. Karena Anda bakal bersaing dengan Diecaster lainnya di luar sana yang bisa lebih dulu merebut mobil-mobil Hot Wheels incaran Anda. Supaya tidak kejadian seperti itu, maka ada beberapa tips dari kami untuk berburu mobil Hot Wheels murah tapi mendapatkan Hot Wheels yang keren untuk dikoleksi.

Antara lain perbanyaklah jalinan pertemanan dengan sesama diecaster atau komunitas diecast. Karena dengan cara ini Anda bisa mendapatkan akses untuk memiliki seri Hot Wheels terbaru dan terkeren menurut Anda, lebih dulu dari orang lain atau sebelum masuk ke gerai toko mainan.

Kemudian perbanyaklah hunting ke toko-toko penjual Hot Wheels jika ingin mendapatkan Hot Wheels dengan harga yang masih cukup murah. Jangan sungkan berburu ke Indomaret atau Alfamart, karena mungkin saja di tempat-tempat seperti ini Anda bisa mendaptkan Hot Wheels THS dengan harga hanya Rp 30.000-an.

Terakhir jika ingin koleksi Hot Wheels yang cukup langka, maka sering-seringlah ikut lelang Hot Wheels. Boleh lelang yang masih sesama diecaster Indonesia, atau lelang melalui online seperti di eBay. Karena dengan cara ini Anda bisa mendapatkan Hot Wheels dengan harga lebih murah daripada membeli langsung dari kolektor tanpa lelang.

Selamat berburu Hot Wheels!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan infomasi menarik lainnya seputar mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja macam mobil Hot Wheels?
Ada banyak seri Hot Wheels yang dijual, ada yang seri dari serial animasi tertentu, ada yang seri film layar lebar seperti Fast and Furious, ad ajuga yang seri fantasy car.
Dimana bisa mendapatkan Hot Wheels?
Hot Wheels dijual di berbagai toko mainan yang ada di Indonesia seperti Toys R Us, Toys Kingdom, hingga gerai mini market seperti Alfamart atau Indomart, dan juag di toko buku Gramedia.
Berapa harga Hot Wheels?
Harga Hot Wheels sangat bervariasi tergantung tingkat kelangkaan unit Hot Wheels tersebut. Namun untuk Hot Wheels reguler atau basic yang dijual di toko mainan atau mini market, umumnya dihargai Rp 20.000-an sampai Rp 30.000-an. Sementara untuk Hot Wheels premium seris harganya Rp 50.000-an sampai Rp 150.000-an.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top