Mobil Hatchback Adalah Sedan Berpintu 5? Ada Banyak Versinya Loh!

07/03/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Mobil Hatchback Adalah Sedan Berpintu 5? Ada Banyak Versinya Loh!
Hatchback menawarkan ruang kargo yang lebih besar dibandingkan sedan. Tapi apakah mobil hatchback adalah sedan? Ternyata ada banyak versi hatchback dengan sejarah yang tercipta hampir 100 tahun.

Tahukah Anda bahwa hatchback pertama kali muncul pada tahun 1930-an di Prancis? Tapi sebagian pengguna mengira mobil hatchback adalah sedan. Ternyata, penambahan pintu belakang memberikan arti tersendiri bagi perkembangan hatchback hingga saat ini. Penasaran? Mari kita mengenal lebih baik salah satu jenis kendaraan yang cukup populer di Tanah Air ini.

1. Apa itu hatchback?

Pengertian mobil hatchback bisa dibilang sebagai jenis kendaraan yang memiliki karakteristik bukaan atau pintu terpisah yang menyediakan akses ke area kargo atau bagasi. Pintu ini dikenal sebagai ‘hatch’ atau ‘menetas’. Dan karena terletak di belakang, maka pabrikan menyebut kategori ini sebagai ‘hatchback’.

Pintu belakang hatchback umumnya terpasang pada ujung atas di panel bodi belakang. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan bukaan pintu yang besar serta akses yang lebih baik ke area kargo untuk kemudahan memasukkan barang bawaan.

desain mobil hatchback denga ilustrasi 
Pengertian mobil hatchback adalah sedan dengan pintu belakang

Secara umum, hatchback tersedia dalam versi tiga pintu atau lima pintu. Hatchback tiga pintu terdiri dari dua pintu untuk entri penumpang dan pintu ketiga untuk bagasi. Demikian pula dalam versi lima pintu adalah kombinasi empat pintu samping dan satu pintu belakang untuk memasukkan dan mengeluarkan barang.

Ada pula istilah liftback yang digunakan pada model hatchback dengan pintu belakang atau hatch lebih miring secara horizontal dibandingkan hatchback pada umumnya. Membuatnya terasa lebih sedan. Hasilnya, pintu belakang perlu diangkat lebih ke atas untuk membuka bagasi.

Istilah ini digunakan, antara lain oleh Toyota, untuk membedakan dua versi Corolla E90 dua pintu yang dijual di Eropa. Yang satu merupakan hatchback 5 pintu konvensional dengan pintu belakang yang hampir vertikal. Sedangkan yang lainnya merupakan liftback 5 pintu. Corolla E90 Liftback juga pernah mengunjungi Indonesia dalam rentang 1988 hingga 1992.

mobil lawas Volkswagen Beetle berwarna biru 
Ternyata Volkswagen Beetle merupakan fastback yang populer hingga saat ini

Sedangkan istilah ‘fastback’ kadang-kadang digunakan pula untuk menjelaskan ‘liftback’. Namun pada fastback, bagian belakang mobil yang terhubung dari atap hingga ke bumper belakang. Model fastback yang populer seperti Volkswagen Beetle serta Porsche 911.

>>> Review Porsche 911 Carrera S 2019: Futuristik Namun Tetap Klasik

2. Sejarah mobil hatchback

Kemunculan pertama mobil hatchback terjadi ketika Citroën, perusahaan otomotif asal Prancis yang membuat mobil dengan bak layaknya truk pada 1938. Dikenal dengan nama Citroën 11CV Commerciale, pintu belakang terbagi menjadi dua bagi; bagian atas berengsel ke atap, sedangkan bagian bawah terhubung ke bodi bawah.

Ketika produksinya dilanjutkan setelah Perang Dunia II, pintu belakang terhubung pada atap dan menjadi satu. Sesuai dengan desain yang digunakan pada sebagian hatchback kala itu. Desain ini pun yang masih dipakai oleh hatchback keluaran terbaru hingga saat ini.

mobil hatchback Citroën 11CV Commerciale berwarna hitam 
Citroën 11CV Commerciale, hatchback pertama yang dipasarkan pada 1930-an

Pada awal 1960-an, Renault mulai fokus pada pengembangan mobil hatchback. Dan salah satu model terlarisnya adalah Renault 4. DImana lebih dari 7 unit unit diproduksi dan dijual di Eropa. Renault 5 pun meluncur dan menjadi populer di seantero Eropa. Meski Renault 4 masih terus diproduksi dan dijual di Eropa serta Argentina hingga 1992.

Hatchback Eropa populer lainnya seperti Austin Maxi dan MINI dari Inggris, Fiat Uno dari Italia, Renault R9, Mercedes-Benz A-Class dan BMW Seri 3 keluaran Jerman. Perkembangannya semakin meningkat hingga keluarnya hatchback model yang lebih tampan seperti Porsche Panamera dan Audi A7 yang diluncurkan pada 2009 dan 2010.

>>> Mercedes-Benz New A-class Sedan dan New GLC Hadir di Sumatera Selatan

3. Hatchback di berbagai negara

Di Indonesia, hatchback memiliki penggemarnya tersendiri. Mobil hatchback adalah satu diantara sekian banyak pilihan mobil perkotaan yang bisa Anda miliki. Ada beberapa pilihan hatchback yang bisa Anda dapatkan, seperti Honda Jazz, Suzuki Swift, hingga Toyota Yaris. Ingin lebih sporty? Ada Honda Civic Hatchback atau Mazda 3 Hatchback.

mobil baru Honda Civic Hatchback berwarna merah 
Honda Civic Hatchback memberikan kesan yang sporty di jalanan

>>> Komparasi Mazda 3 Hatchback vs Honda Civic Hatchback Turbo: Persaingan Medium Hatchback Terbaik dari Jepang

Hal yang berbeda terlihat di Amerika. Mobil jenis ini bukan termasuk kendaraan yang populer. Sebagian besar pengemudi yang mencari kendaraan dengan kapasitas bagasi yang lebih besar cenderung memilih SUV atau van. Sementara mereka yang menginginkan mobil kecil lebih menyukai sedan dengan desain tradisional.

Mobil hatchback adalah kendaraan yang sering dijumpai tahun 60-an dan 70-an di Amerika. Banyak yang percaya peningkatan penjualan hatchback dikarenakan kenaikan harga bensin memaksa orang-orang menggunakan mobil yang lebih kecil. Ketika harga bensin menurun, hatchback memperoleh reputasi negatif sebagai kendaraan murah bagi mereka yang terlalu miskin membeli sedan atau SUV.

MINI Mark III berwarna kuning dan Mr. Bean 
MINI Mark III menjadi mini klasik yang muncul dalam serial Mr. Bean

Sedangkan di Inggris sendiri, popularitas hatchback diwakili oleh MINI. Salah satunya MINI Mark III, MINI klasik yang dikendarai oleh Rowan Atkinson, aktor kawakan pemeran Mr. Bean. Diproduksi sejak 1974, baru pada 1990 mobil ini menjadi terkenal sebagai karakter sentral dalam serial Mr. Bean sebanyak 14 episode.

>>> BMW Indonesia Berencana Hadirkan MINI Cooper Listrik Setelah 2021

4. Kelebihan dan kekurangan hatchback

Dilihat dari segi dimensi, hatchback menawarkan lebih banyak ruang kargo dibandingkan dengan versi sedannya. Berkat atap yang lebih tinggi, hatchback pun disukai karena memberikan ruang kepala yang lebih lapang. Blind spot turut berkurang mengingat hatchback tak memiliki pilar C yang lebih curam seperti pada sedan.

Tapi bagi sebagian pengemudi, kerugian terbesar mobil hatchback adalah kurangnya privasi, seperti yang disebutkan oleh Autotrader. Banyak pengemudi, khususnya di Amerika, lebih memilih mengunci barang mereka di dalam bagasi sedan.

pintu belakang Honda Brio berwarna kuning 
Hatchback memiliki pintu belakang untuk akses bagasi yang lebih baik

Namun kebanyakan penggemar otomotif lebih menyukai sedan karena beranggapan hatchback tak terlalu keren. Sedan, terlebih mobil coupe, dianggap lebih menarik karena memiliki siluet yang lebih rendah dengan aerodinamika berkendara yang lebih baik.

Tapi secara keseluruhan, mobil hatchback adalah sedan dengan bagian belakang yang lebih besar untuk memberikan ruang kargo yang tak dimiliki sedan, apalagi coupe. Desain hatchback juga berkembang menjadi lebih sporty dan menawan dari masa ke masa, sehingga tak hanya dijadikan sebagai pilihan lain pengganti sedan.

>>> Tips dan trik menarik seputar perawatan mobil ada disini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Ini Rekomendasi Hatchback Bekas Rp150 Jutaan Terbaik di Yogyakarta

26/02/2020

Jual beli

5 menit

Kali ini tim Cintamobil.com memberikan 5 rekomendasi hatchback bekas Rp150 Jutaan terbaik buat Anda yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya. Apa saja pilihannya?

Lihat juga

First Drive New Honda Civic Hatchback RS, Mempertegas Karakter Sporty Civic Semakin Seksi

26/02/2020

Mobil baru

5 menit

Lahir dengan garis tangan sporty, Honda Civic Hatchback RS meneruskan warisan karakter sporty khas Honda sejak 1976 dengan tampilan yang disebut semakin seksi

Lihat juga

Render Honda City Hatchback Bocor di Internet, Suksesor Honda Jazz?

22/02/2020

Mobil baru

4 menit

Rumor seputar kehadiran Honda City Hatchback diperkuat dengan rendering varian City tanpa buntut yang beredar di media sosial. Calon kuat pengganti Honda Jazz?

Lihat juga

Desain All New Honda City Hatchback Alias All New Jazz Beredar, Honda Indonesia Tanggapi Positif

21/02/2020

Mobil baru

3 menit

Baru-baru ini beredar desain rendering wujud baru dari All New Honda City Hatchback alias All New Honda Jazz, ternyata Honda Indonesia merespon positif

Lihat juga

Mercedes-Benz EQS Sedang Lakukan Tes, Kok Jadi Mirip Hatchback?

12/02/2020

Mobil baru

4 menit

Akan jadi model EQ pertama Mercedes, Mercedes-Benz EQS tertangkap kamera sedang melakukan tes. Sepintas, modelnya tampak seperti hatchback alih-alih sedan pada umumnya.

Lihat juga