Mobil Crossover Adalah SUV yang Lebih Mungil, Benarkah Demikian?

03/03/2020

Jual beli

3 menit

Share this post:
Mobil Crossover Adalah SUV yang Lebih Mungil, Benarkah Demikian?
Banyak yang menyebutkan mobil crossover adalah SUV dengan dimensi yang lebih kompak. Sebenarnya, anggapan tersebut tidak salah. Tetapi ada beberapa pengertian lanjutan dari segmen yang semakin berkembang ini.

SUV berkembang dengan berbagai kebutuhan. Salah satunya dikenal dengan nama crossover. Namun, masih banyak yang belum mengetahui tentang perbedaan SUV dan crossover. Sebagian menyebutkan akronim ‘SUV’ digunakan untuk menggambarkan semua kendaraan dengan sistem penggerak all-wheel-drive. Sedangkan mobil crossover adalah bagian dari SUV dengan tampilan yang lebih mungil.

Istilah mobil Crossover

Istilah ‘SUV’ sering diterapkan pada crossover dan SUV. Sebelumnya, ‘SUV’ mendapatkan stigma negatif karena ukurannya yang besar serta efisiensi bahan bakar yang buruk. Oleh karena itu pembuat mobil mulai menggunakan istilah ‘crossover’ untuk menggambarkan kendaraan dengan capaian kepraktisan dan efisiensi bahan bakar mobil yang lebih baik.

Perbedaan SUV dan mobil crossover adalah berdasarkan penggunaan platformnya. Menurut pendapat para ahli otomotif, perbedaan antara keduanya cukup sederhana; crossover dikembangkan pada platform mobil, Artinya crossover menggunakan platform ‘unibody’ yang berarti bodi dan rangkanya merupakan satu bagian.

desain unibody crossover dari mobil listrk Subaru
Mobil crossover adalah SUV namun dengan platform unibody

>>> Ingin Beli Mobil Bekas Honda Rp250 Juta, Pilih MPV atau SUV?

Sedangkan SUV menggunakan platform “body on frame”. Dalam hal ini, bodi dibuat secara terpisah dari rangka baru ditambahkan kemudian. Didefinisikan sebagai benda yang dipasang pada rangka yang terpisah, salah satunya Ford Model T yang dibuat berdasarkan gerbong yang ditarik kuda. Saat ini, kendaraan komersial berat, truk, hingga kendaraan off-road masih menggunakan konstruksi body-on-frame.

Metode ini memungkinkan pelenturan torsional yang lebih besar. Platform ini juga lebih disukai untuk kendaraan off-road karena memudahkan kendaraan untuk menghadapi jalanan yang bergelombang. Selain itu SUV tradisional dengan konstruksi body-on-frame juga lebih mudah diperbaiki dan sangat baik sebagai penarik mobil lain.

AMC Eagle 1980 mobil crossover pertama berwarna cokelat 
Model pertama mobil crossover adalah AMC Eagle 1980

Sedangkan rangka unibody merupakan singkatan dari ‘unitized body” atau konstruksi rangka yang disatukan. Melalui metode ini, bodi dan rangka kendaraan dibangun dalam satu struktur. Pabrikan mulai menggunakan metode ini pada awal 1960-an. Dengan desain yang dibantu computer mampu menghasilkan kendaraan yang lebih ringan dan menciptakan lebih banyak ruang untuk penumpang.

Banyak yang menyebutkan model pertama dari mobil crossover adalah Toyota RAV4 yang diperkenalkan pada 1996. Tapi sebelum itu ada AMC Eagle yang dijual pada 1980. Ditawarkan dengan 3 gaya tubuh, coupe 2 pintu, sedan 4 pintu, hingga station wagon 5 pintu, AMC mendapatkan mesin 4 silinder 2.5 liter dari Iron Duke milik Pontiac.

>>> Ingin membeli mobil crossover? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Pilihan mobil crossover terbaik

2020 memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki kendaraan bertema crossover. Mengharapkan tampilan yang lebih sporty namun dimensi yang lebih kompak, crossover sangat cocok dipakai di daerah perkotaan. Berikut pilihan mobil crossover terbaik yang bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com.

1. Mazda CX-30

Awal tahun 2020 Mazda melengkapi lini produknya dengan memperkenalkan Mazda CX-30 2020. Mengambil tempat di antara Mazda CX-3 dan CX-5, tampilannya yang kompak ditujukan untuk keluarga kecil Tanah Air. Desainnya tak kalah dengan pesaing lain di segmennya dengan mengusung bahasa desain KODO dari Mazda serta siluet tengah yang menawan.

mobil baru Mazda CX-30 2020 berwarna hitam 
Mazda CX-30 yang baru saja diperkenalkan awal tahun lalu

CX-30 tetap memberikan pengendaraan yang nyaman. Mesin berteknologi SKYACTIV yang dipadukan fitur G-Vectoring Control Plus akan memudahkan Anda selama menikung dalam CX-30 yang menggunakan platform generasi ketujuh Mazda. Harganya? CX-30 Touring yang menjadi varian terendah saat ini dibanderol mulai dari Rp478 jutaan.

>>> Media Test Drive Mazda CX-30: Ajang Uji Keunggulan Compact SUV Mazda Terbaru

2. Hyundai Kona

Memenangkan North American Utility Vehicle of the Year 2018, debut Hyundai Kona di Indonesia dimulai tahun lalu. Desainnya yang menawan di luar disandingkan dengan fitur berlimpah di dalam. Mobil ini sudah dilengkapi dengan layar 9” LCD bergaya floating yang sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Anda juga sudah mendapatkan fitur cruise control serta Electronic Speed Controller (ESC).

mobil baru Hyundai Kona 2020 berwarna kuning 
Hyundai Kona memiliki desain menawan untuk memikat generasi muda

Di Indonesia sendiri, Hyundai Kona mendapatkan mesin NU 2.0 Multi Point Injection dengan keluaran tenaga maksimal 149 PS dan torsi puncak mencapai 180 Nm. Dengan tampilannya yang menawan, Hyundai Kona yang dibanderol mulai dari Rp363 jutaan ini bisa menjadi pilihan menarik untuk keluarga.

>>> Review Hyundai Kona 2019 Indonesia, Spesifikasi dan Harganya

3. Suzuki XL7

Tak banyak yang mengira bahwa Suzuki XL7 merupakan crossover. Meskipun PT Suzuki Indomobil Sales menyebut mobil ini sebagai SUV. Namun dari bentuk badan, XL& yang dikembangkan dari MPV Suzuki Ertiga merupakan bagian dari crossover. Membuatnya menjadi salah satu crossover terbaik yang bisa Anda dapatkan di Indonesia saat ini.

mobil baru Suzuki XL7 2020 berwarna merah 
Desain maskulin Suzuki XL7 bisa dibilang sebagai crossover

>>> Komparasi Suzuki Ertiga vs Suzuki XL7: Perang Saudara Satu Platform

XL7 memang memiliki tampilan yang lebih maskulin dan badan yang lebih berotot dibandingkan Ertiga, membuatnya terkesan lebih sporty dibandingkan saudaranya. Fitur yang disematkan pun tak kalah, mengingat XL7 sudah dilengkapi dengan Smart E-Mirror serta sistem pengereman ABS dan EBD. Saat ini, varian terendah Suzuki XL7 bisa Anda dapatkan dengan harga Rp230 jutaan.

Tadi itu Cintamobil.com sudah bagikan beberapa informasi tentang mobil crossover dan rekomendasi beberapa mobil crossover terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda saat membeli mobil

>>> Kumpulan artikel tips dan trik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

7 Beda SUV dan MPV, Mulai dari Sejarah Hingga Profil Ban

03/03/2020

Jual beli

3 menit

Masih bingung akan membeli SUV atau MPV? Bagi Anda yang masih penasaran dengan beda SUV dan MPV, berikut Cintamobil.com menjelaskan beberapa perbedaan untuk memudahkan Anda memilih mobil pilihan Anda.

Lihat juga

Media Test Drive Mazda CX-30: Ajang Uji Keunggulan Compact SUV Mazda Terbaru

27/02/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah resmi meluncur di akhir Januari 2020 lalu, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) langsung mengajak para media untuk mencicipi Mazda CX-30, Compact SUV Mazda terbaru untuk diketahui keunggulannya.

Lihat juga

Volkswagen Perkenalkan VW Touareg R, SUV Hybrid Dengan Tenaga Buas

26/02/2020

Mobil baru

4 menit

Volkswagen mempersiapkan VW Touareg R, SUV kencang berteknologi hybrid untuk diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show 2020, dan mulai dipasarkan paruh kedua tahun ini.

Lihat juga

Audi E-Tron S, Super Crossover listrik yang Siap Menantang Para Speedgoers

24/02/2020

Pasar mobil

4 menit

Beberapa aspek peningkatan daya dilakukan agar Audi E-Tron S dapat berlari lebih cepat. Salah satunya dengan penambahan sebuah motor listrik di roda belakang

Lihat juga

Suzuki Indonesia Buka Peluang Lebih Banyak Jual SUV Dan Crossover Di Indonesia

12/02/2020

Mobil baru

3 menit

Segmen SUV (Sport Utility Vehicle) memang sedang tumbuh subur di dunia tak terkecuali di Indonesia, peluang ini ditangkap Suzuki Indonesia untuk jualan lebih banyak model SUV.

Lihat juga