Murah Banget! Ini Harga Mobil Bekas Toyota Kijang di Bawah Rp 50 Juta

07/05/2021

Jual beli

4 menit

Hadir pertama kali 1977 di Indonesia, kehadiran Toyota Kijang hingga saat ini masih terlihat mengaspal di jalan. Bagaimana masalah harga mobil bekas Toyota Kijang saat ini?

Salah satu mobil yang menamani masa kecil Anda mungkin Toyota Kijang yang pertama hadir pada tahun 1977 dan menjadi salah satu model Toyota yang sukses secara komersial. Pada awalnya, mobil Toyota Kijang dikenal sebagai kendaraan niaga atau pengangkut barang yang kemudian bertransformasi menjadi mobil keluarga yang berkembang hingga berbagai varian dan generasi. Meskipun menjadi mobil yang terbilang lawas, mobil bekas Toyota Kijang masih banyak dicari oleh pecinta otomotif.

Tampak samping Toyota Kijang 1977 orange

Dulunya Toyota Kijang digunakan untuk mobil pengangkut barang

Selain di Indonesia, mobil ini memiliki versi internasional di beberapa negara. Seperti Toyota Unser di Malaysia, Toyota Tamaraw dan Revo di Filipina, Toyota Zace di Taiwan dan Vietnam, Toyota Qualis di India, dan Toyota Stallion dan Toyota Condor di Afrika Selatan.

Jika Anda mencari Toyota Kijang bekas dengan harga dibawah Rp 50 juta, maka Kijang generasi ketiga dan keempat bisa jadi pilihan. Yuk, ketahui dahulu variannya di setiap generasi.

1. Toyota Kijang Generasi Ketiga (1986-1996)

Kijang generasi ketiga menjadi generasi emas dalam sejarah Toyota Astra Motor (TAM) di Indonesia. Selama 10 tahun produksi, Toyota Kijang telah terjual sebanyak 500 ribu unit. Di generasi inilah, mobil Kijang dimodifikasi sebagai kendaraan penumpang, meskipun masih diproduksinya varian pick up.

Tampak samping Toyota Super Kijang merah

Toyota Super Kijang yang masih suka mengaspal di jalan

Ada dua tipe Kijang pada generasi ini, yakni Super Kijang dan Grand Extra yang kehadirannya cukup lama jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mobilnya memiliki desain yang lebih halus dengan teknologi full pressed body. Untuk mesin masih menggunakan tipe 5K dengan tenaga 63 hp dengan transmisi 5-percepatan untuk varian Deluxe, 4-percepatan untuk varian Standard & Pick Up.

Pada generasi ini,Toyota Kijang memiliki varian yang cukup luas, yakni Commando dan Ranger. Untuk varian Commando terdapat pilihan Commando LSX (KF50: 5-percepatan, Rem cakram depan), Commando SSX (KF40: 5-percepatan, Rem cakram depan), Commando LX (KF50: 4-percepatan), dan Commando SX (KF40: 4-percepatan).

Sedangkan untuk varian Ranger memiliki 3 pintu dengan kode sasis KF40 dan sistem transmisi 5-percepatan. Karena hanya diproduksi selama 3 tahun, yakni pada tahun 1987 hingga 1990, bisa dibilang varian ini cukup jarang ditemukan. 

>>> Jual beli mobil Toyota Kijang bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia

Perubahan Toyota Kijang Generasi Ketiga

Modifikasi Kijang Super

Banyak pemilik Toyota Kijang Super melakukan modifikasi

Toyota Kijang generasi ketiga beberapa kali mengalami perubahan. Seperti di tahun 1992, Toyota memperbaiki body mobil, mengubah letak tangki bensin yang sebelumnya di bawah bemper belakang menjadi di tengah samping kiri. Begitu juga mesin yang masih menggunakan tipe 5K tetapi memiliki tenaga yang lebih tinggi yakni 70,9 hp pada putaran mesin 5.000 rpm dan torsi maksimal 120 Nm.

Perubahan pada versi Toyota Kijang LX dan SX terjadi pada lampu depan, grille, dan penambahan power steering. Khusus untuk LGX & SGX, ada penambahan tachometer, over fender hitam, footstep, power window, velg alloy Enkei, dan AC double blower.

Di tahun 1995, Toyota menghadirkan mesin 7K dengan kapasitas 1.800 cc karburator yang menghasilkan tenaga 80 hp dan torsi maksimal 139 Nm. Hingga saat ini Toyota Kijang baik seri Super dan Grand Extra masih banyak di pasar jual beli mobil bekas.

>>> Nostalgia, Yuk! Varian Toyota Kijang Kapsul & Harganya​​​​​​

2. Toyota Kijang Generasi Keempat (1997-2004)

Ada banyak pilihan mobil bekas Toyota Kijang generasi keempat. Pada generasi ini, Toyota menghadirkan desain yang lebih aerodinamis. Ada total 18 model dengan pilihan sasis panjang dan pendek serta mesin bensin dan diesel.

Toyota Kijang LX-D merah

 Toyota Kijang Lx-d 2.4 MT 1997

Model ini akrab disebut Kijang Kapsul dan menjadi loncatan desain pada masanya. Toyota mengeluarkan dua tipe mesin, yakni bensin 1.800 cc tipe 7K dan mesin diesel 2.400 cc tipe 2L yang menjadi pesaing Isuzu Panther.

Di tahun 2000, Kijang sudah tersedia mesin bensin dengan sistem injeksi elektrik, Electronic Fuel Injection (EFI) dengan dua pilihan mesin, yakni 7K-E dengan kapasitas 1.800 cc bertenaga 80 hp dan mesin 1RZ-E dengan kapasitas 2.000 cc dengan tenaga 100 hp. Jika dibandingkan, mobil dengan mesin 7K-E laku di pasaran Indonesia karena konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit.

Kijang Kapsul LGX 2004

Kijang Kapsul LGX 2004 hanya menemani selama empat tahun

Beberapa perubahan dilakukan pada Toyota Kijang Kapsul. Seperti perubahan mesin yang dinamai New Kijang EFI dengan mengubah desain lampu menjadi lampu kristal pada lampu belakang, bumper dengan desain baru, velg roda yang berbeda, dan hadirnya seat belt pada jok bagian tengah.

Varian Kijang Kapsul juga beragam. Ada varian SX, SSX, SGX dengan sasis pendek, LX, LSX, LGX dengan sasis panjang, dan pick up. Di generasi inilah, Kijang mulai mengekspor ke beberapa negara, seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina, Taiwan, Vietnam, hingga ke Afrika Selatan.

 

>>> Review Toyota Kijang 1977: Kijang Generasi Pertama Sang Pembesar Toyota Indonesia

3. Harga Mobil Bekas Toyota Kijang

Lantas berapa harga Toyota Kijang Super bekas dan varian lainnya? Sebagai informasi, Anda bisa mendapatkan mobil bekas Kijang dengan harga terbaik dan terpercaya di Cintamobil.com.

Mobil bekas Toyota Kijang

Harga mobil bekas Toyota Kijang bisa didapatkan mulai dari Rp 25 jutaan

Harga Toyota Kijang bekas memang berbeda-beda tergantung dari variasi yang akan Anda pilih dan juga kondisi mobilnya. Namun, berikut ini kisaran harga mobil bekas Kijang di bawah Rp 50 juta:

  • Harga Toyota Kijang LGX: mulai Rp 32 jutaan
  • Harga Toyota Kijang Kapsul: mulai Rp 35 jutaan
  • Harga Toyota Kijang LSX: mulai Rp 56 jutaan
  • Harga Toyota Kijang LX: mulai Rp 49 jutaan
  • Harga Toyota Kijang Grand Extra: mulai Rp 26 jutaan
  • Harga Toyota Kijang Krista: mulai Rp 45 jutaan
  • Harga Toyota Kijang SGX: mulai Rp 43 jutaan
  • Harga Toyota Kijang SSX: mulai Rp 43 jutaan

Nah, sebelum membeli Kijang bekas, jangan lupa untuk mengecek bagian eksterior, interior, jingga mesin dan kaki-kaki pada mobil. Meskipun harganya tergolong terjangkau, jangan sampai asal beli sehingga merugikan Anda karena perawatan yang besar di kemudian hari.

>>> Temukan mobil bekas dan baru dijual dengan harga terbaik hanya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga mobil bekas Toyota Kijang?
Harga mobil bekas Kijang tergantung dari tipe dan kondisi mobil. Anda bisa membeli Toyota Kijang mulai Rp 26 jutaan.
Di mana saya bisa beli mobil Toyota Kijang?
Anda bisa beli di showroom terdekat atau beli online melalui Cintamobil.com
Apa yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas?
Cek bagian mobil, seperti interior, eksterior, bagian kaki-kaki mobil, dan mesin. Pastikan jika Anda mendapatkan dokumen yang asli.
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top