Simak Untung Rugi Mobil Bekas Tabrak dan Banjir

28/10/2020

Jual beli

4 menit

Share this post:
Simak Untung Rugi Mobil Bekas Tabrak dan Banjir
Dalam memilih mobil khususnya mobil bekas, harus pastikan bahwa mobil yang dibeli bebas bekas tabrak dan banjir. Salah-salah Anda akan dapat banyak kerugian.

Membeli mobil bekas yang berkualitas bukan hal yang sulit karena banyak dealer mobil bekas menjamin mobil bekas yang mereka dijual bergaransi bebas tabrak ban banjir. Menilik banyak dealer mobil bekas menjadi mobilnya dijual dengan kondisi terbaik sebenarnya apa sih dampaknya jika mobil bekas yang kita beli memiliki riwayat bekas tabrak dan banjir?

>>> Bingung Deteksi Mobil Bekas Banjir? Coba Cek STNK-nya

Gambar menunjukan Mobil bekas banjir

Mobil bekas banjir

Kerugian Membeli Mobil Bekas Tabrak dan Banjir

Masyogi Adhiputra selaku General Manager Operation Dealer mobil bekas CARRO mengungkapkan bahwa banyak kerugian yang didapatkan jika konsumen membeli mobil bekas tabrak dan banjir. Apa sajakah itu? 

“Pertama kalau kita bicara dari dampak ke mobilnya sendiri, ketika mobil bekas tabrak itukan struktur rangkanya berubah ketika yang namanya mobil kan diciptakan di pabrik sudah rigid gitu ya, ketika struktur angkanya berubah itu di bawah di atas kecepatan 80 km per jam pasti akan ada masalah, seperti mobil akan goyang atau tidak akan sama seperti mobil yang bebas dari benturan.” Kata Masyogi kepada Cintamobil.com.

“Kedua kalau misalkan bekas banjir akan berpengaruh kepada elektrikal, jadi kalau misalkan bekas banjir seringkali tiba-tiba mobil pelanggan mengalami kerusakan seperti Engine Control Unit (ECU)  mobilnya rusak dan lain yang dipastikan mahal biaya perbaikannya. Misalkan ECU dan yang lainnya rusak bisa sampai Rp 20 juta itu secara perbaikan mobil sendiri.” sambungnya.

>>> Dealer Mobil CARRO Menandai Tonggak Sejarah Baru dengan Perayaan ke-5 Tahun

Nilai Mobil Berkurang

Selain itu Masyogi juga mengungkapkan bahwa orang Indonesia melihat sebuah mobil bukan sebagai kendaraan saja tetapi sebagai aset. Masyogi menuturkan jika membeli mobil bekas tabrak dan banjir membuat nilai mobil berkurang hingga 40 persen.

“Disisi lain untuk nilai mobil sendiri ketika bekas tabrakan parah atau misalkan bekas banjir atau dengan BPKB hilang itu sebenarnya nilai mobil itu sudah berangkat 40 Persen. Jadi kalau misalkan harga pasarannya mobil Rp 100 juta ketika dijual bekas tabrakan atau banjir nilainya jadi 60 juta nilainya.” tambah Yogi.

“Tapi seringkali customer juga tidak tahu, ada saja dealer mobil bekas yang nakal mengatakan bilang mobilnya bebas bekas tabrak dan banjir, tapi customer tidak tahu dan bisa tertipu. Lalu untuk orang Indonesia akan membeli mobil ini sebenarnya bukan cuma sebagai alat kendaraan atau transportasi saja, tapi banyak orang Indonesia memandang kendaraan mereka sebagai aset. Bagaimana aset mereka yang sudah beli mahal-mahal tapi ternyata ini mobil ada tuh banjir jadi aset yang mereka beli ini sudah banyak hilang sejak awal. Terlebih ada depresiasi lagi nantinya.” sambungnya.

>>> CARRO Automall, Kemudahan Membeli Mobil Bekas Secara Online dan Offline

Gambar menunjukan Dealer mobil bekas Carro

Dealer mobil bekas CARRO menjamin setiap unit mobil yang dijual berkualitas

Dealer Mobil CARRO Memiliki Standar Inspeksi 150 Titik 

Dealer mobil CARRO menerapkan standar inspeksi sebanyak 150 titik sebagai standar operasional saat memeriksa suatu mobil bekas. Tak hanya sekali proses ini dilakukan hingga tiga tahap. Jadi bisa dipastikan semua mobil bekas yang dijual di CARRO Automall berkualitas terbaik.

“Kita sebenarnya sangat komprehensif dibandingkan kompetitor di luar sana. Pertama kita punya 150 titik pengecekan. Kedua kita yang melakukan pengecekan ini bukan hanya 1 orang saja.  Kita ada 3 step pengecekan, tim pertama kita bernama inspektor, kedua tm verifikator yang benar-benar ahli dibandingan inspektor dan ketiga tim quality control.” papar Masyogi.

“Semua mobil yang dijual di Carro sudah melewati 3 tahap pengecekan 150 titik yang diulang dengan 3 tim yang berbeda. Ketika ketiga tim menyatakan mobil ini memiliki nilai A maka akan di display di dealer mobil bekas CARRO. Itulah yang membuat kita berbeda dari dealer mobil bekas lainnya kualitas mobil yang kami juga dijamin.” tutupnya.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top