Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2, SUV Rp 500 Jutaan yang Menggoda

24/03/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2, SUV Rp 500 Jutaan yang Menggoda
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT punya harga Rp 575 jutaan terpaut lebih murah lebih dari Rp 150 juta dibanding varian Pajero Sport Dakar tertinggi. Tapi ternyata varian ini menawarkan keunggulan yang tak kalah banyak.

Ketika orang ingin membeli sebuah SUV di kelas medium, lebih sering pilihannya disodorkan pada dua nama besar, yaitu Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner. Namun dengan harga tertingginya di atas Rp 700 juta, maka beberapa orang mulai melirik varian menengah atau bahkan terendah dari kedua model ini.

Misalnya untuk Pajero Sport, Mitsubishi juga menyediakan varian Dakar 4x2 transmisi otomatis (AT). Tipe ini per Maret 2021 dihargai Rp 575 jutaan. Cukup terjangkau dibanding varian Dakar Ultimate 4x4 AT yang ada di angka Rp 733 juta. Tetapi meski jadi varian menengah, namun Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 punya beberapa keunggulan yang layak diperhitungkan dengan banderol jauh lebih terjangkau daripada tipe tertinggi.

Nah biar gak penasaran apa saja keunggulan dari varian ini, berikut akan kami coba bandingkan dengan kompetitornya.

>>> Prediksi Harga Toyota Fortuner dan Kijang Innova Bila Dapat Diskon PPnBM

1. Harga

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2021

Harga Pajero Sport Dakar 4x2 cuma lebih mahal Rp 600 ribu dari Fortuner VRZ TRD

Saat hendak membeli mobil, pasti orang akan bertanya lebih dulu tentang harganya. Untuk Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT ditawarkan oleh Mitsubishi seharga Rp 575.700.000. Sementara harga Toyota Fortuner VRZ 2.4 TRD AT harganya Rp 575.100.000. Sangat tipis perbedaannya memang, tapi Fortuner lebih murah Rp 600.000 dibanding Pajero Sport. Sementara kompetitor lainnya ada Isuzu MU-X, yang ahrganya lebih murah dari keduanya yaitu Rp 509.500.000 untuk varian tertingginya.

2. Desain

Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Desain Dynamic Shield adlaah bahasa desain global dari Mitsubishi

Soal desain tentu balik lagi pada selera masing-masing individu. Namun pada Mitsubishi Pajero Sport terbaru mengandalkan desain Dynamic Shield khas pabrikan berlambang Tiga Berlian itu yang juga sudah diterapkan pada Xpander, Exlipse Cross, serta Triton terbaru. Jadi parasnya bisa dibilang masih ada garis kesamaan antara semua model tersebut.

Sementara untuk kompetitornya seperti Toyota Fortuner terbaru ataupun Isuzu MU-X, masih punya desain cenderung masih serupa generasi sebelumnya. Hanya saja Toyota sedikit lebih menawan sebab ada beberapa aksesoris TRD pun sudah menempel di Fortuner varian tersebut. Misalnya spoiler di bemper depan dan belakang, roof spoiler, sampai decal sticker di sisi kiri dan kanan bodi.

>>> Isuzu MU-X Vs Pajero Sport, Mana Paling Layak Dibeli?

3. Dimensi

Interior Mitsubishi Pajero Sport 2021

Tubuh Pajero Sport ternyata lebih ramping daripada Fortuner

Lanjut perbandingan mengenai dimensi mobil ini. Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT, sebenarnya punya ukuran tubuh yang serupa Pajero Sport tipe lain. Yaitu panjangnya 4.825 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.835 mm. Mobil ini juga punya ground clearance 218 mm sehingga memudahkan saat harus melewati kondisi jalan yang kurang bersahabat. Velgnya sendiri pakai ukuran ring 18 dibalut ban profil 265/60.

Untuk Fortuner VRZ TRD AT, punya panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm, dan juga pakai velg 18 inci dengan ban 265/60. Sedangkan Isuzu MU-X panjangnya 2.845mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.860 mm. Dengan profil tubuh seperti ini, maka Pajero Sport lebih panjang 130 mm tapi lebih ramping 40 mm.

4. Mesin

Mitsubishi Pajero Sport 2021 Panel Instrumen

Pajero Sport terbaru ada mode Gravel, Mud/Snow, Sand, dan Rock

Meksipun harganya yang terpaut lebih dari Rp 150 juta lebih murah dari tipe tertinggi, ternyata Pajero Sport Dakar 4x2 tetap menggunakan mesin berkode 4N15 MIVEC dengan teknologi Turbocharged bertenaga 181 PS pada 3.500 rpm dengan torsi 430 Nm di 2.500 rpm. Mesin ini serupa dengan varian Dakar Ultimate 4x4 yang merupakan varian termahal Pajero Sport.

Sementara untuk Fotuner VRZ sebagai rival terkuatnya pakai meisn berkode 2GD FTV dengan teknologi Variable Nozzle Turbo Intercooler berkapasitas 2.400 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 150 PS pada 3.400 rpm dengan torsi 400 Nm di 1.600-2.000 rpm. Catatan ini membuat Fortuner pun harus mengakui kekuatan mesin Pajero Sport dari sisi power maupun torsinya.

5. Fitur

Fitur Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Fitur Pajero Sport lebih lengkap dari Fortuner

>>> Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Akhir Kisah Sebuah Legenda Reli Paris Dakar

Nah yang akan kita bahas terakhir adalah mengenai fitur-fitur unggulan di mobil ini. Dari sisi keselamatan misalnya Pajero Sport sudah dilengkapi 7 airbags, kemudian juga sudah ada fitur ABS, EBD, dan BA. Lantas ada pula fitur Traction Control, Hill Start Assist, Hill Desent Control, Trailer Safety Control, Keyless Entry, Immobilizer, dan kick sensor untuk membuka bagasi belakang hanya menggunakan gerakan kaki di bawah bumper belakang.

Selain itu Mitsubishi juga menambahkan fitur Misacceleration Mitigation System, Forward Collision Mitigation System, Blind Spot Warning, Lane Change Assist, dan Rear Cross Traffic Alert. Lantas Mitsubishi pun menyediakan aplikasi mobile Mitsubishi Remote Control, sehingga untuk membuka pintu bagasi belakang hanya melalui sentuhan di ponsel. Jadi bisa dibilang, Pajero Sport menawarkan fitur yang sangat advance dan kekinian.

Nah itu dia 5 hal keunggulan dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT yang harganya masih cukup terjangkau tapi fiturnya tidak kalah dari varian tertingginya.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top