Minat Beli Hyundai Getz 2004 atau yang 2 Pintu? Cek Dulu Komponen Ini

23/09/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Minat Beli Hyundai Getz 2004 atau yang 2 Pintu? Cek Dulu Komponen Ini
Hyundai Getz 2004 adalah generasi pertama Getz yang masuk ke Indonesia. Menariknya, selain model hatchback 4 pintu, ada juga Hyundai Getz 2 pintu yang diboyong ke dalam negeri.

Hyundai Getz merupakan hatchback asal Korea Selatan (Korsel) yang lahir periode 2002 hingga 2011. Mobil ini punya banyak nama dan dipasarkan di berbagai negara. Di Korsel mobil ini bernama Hyundai Click, lalu di India namanya Getz Prime, di Malaysia berubah jadi Inokom Getz. Dipasarkan dengan model 4 pintu dan 2 pintu, menariknya Getz tidak masuk ke Amerika Serikat (AS), Canada, dan juga Cina. Walau begitu succesor Hyundai i20 ini menuai kesuksesan cukup baik di pasar Eropa.

Di Indonesia sendiri PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) baru memperkenalkan Getz pada 2003 dan dipasarkan mulai 2004. Hyundai Getz 2004 ini pula yang langsung memecut banyak peminat, bahkan sampai sekarang. Penasaran sama mobil mungil Hyundai yang tak lagi diproduksi ini? Mari simak ulasan lengkapnya pada artikel Hyundai Getz di Cintamobil.com berikut ini.

>>> KIA Mau Nebeng Produksi Mobil di Pabrik Hyundai Indonesia?

Hyundai Getz 2 Pintu yang Semakin Diburu

Hyundai Getz 2 Pintu dijual

Kelebihan Hyundai Getz 2 Pintu adalah keberadaan sunroof

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, Indonesia mulai kemasukan Hyundai Getz pada 2003. Namun mobil ini baru dipasarkan awal 2004. Saat itu HMI selaku Agen Pemegang Merk (APM) Hyundai di dalam negeri melihat ada kebutuhan konsumen Hyundai akan mobil berdimensi praktis demi pemakaian sehari-hari.

Selain ukuran bodinya yang mungil, Hyundai Getz 2003 saat itu juga menawarkan kenyamanan berkendara. Mesinnya berkapasitas 1.300 cc Alpha 4 silinder SOHC 12 valve yang sanggup menghasilkan tenaga 82 Hp dengan torsi 117 Nm. Meski kecil, namun mobil ini pada masanya mendapatkan banyak penghargaan di Eropa. Karakter meisnnya juga tidak agresif sehingga digemari pula oleh kaum wanita.

Pada generasi pertama Getz di Indonesia, mobil ini diimpor utuh dari pabrik Hyundai di Ulsan, Korsel. Namun setelah kemunculan Hyundai Getz 2004, HMI akhirnya memutuskan untuk merakit sendiri model Getz di Tanah Air dengan mendatangan secara terurai dari negara lain. Ini juga demi menekan harga jual dari mobil tersebut ke konsumen Indonesia.

Tak perlu waktu lama, setahun berikutnya Hyundai memperkenalkan facelift dari Getz di Frankfurt Motor Show. Lantas pasca munculnya Hyundai Getz 2004, versi facelift dari mobil ini pun masuk juga ke Indonesia pada 2006 dan lagi-lagi dirakit di dalam negeri. Menariknya, pada model facelift, Hyundai juga memperkenalkan Getz 2 pintu sebagai varian terbatas. Selain jumlah pintunya yang berbeda, varian ini juga telah dilengkapi fitur sunroof. Sebuah hal yang jarang terjadi untuk mobil hatchback kelas menengah dieranya.

>>> Harga Mobil Hyundai Getz Bekas di Indonesia

Tips Sebelum Membeli Hyundai Getz 2004 Bekas

Hyundai Gets bekas dijual

Umumnya Hyundai Gets 2004 di Indonesia bertransmisi otomatis

Meski usianya sudah menyentuh 17 tahun, ternyata Hyundai Getz sampai saat ini masih menjadi mobil berdimensi kompak yang dicari di Indonesia. Kenyamanan berkendara, efisiensi bahan bakar, serta durabilitas mesinnya menjadi alasan mobil ini tetap disayang. Apalagi kalau bisa mendapatkan Hyundai Getz 2 pintu dijual dengan harga murah, sudah pasti tak butuh waktu lama untuk bisa berstatus sold out.

Namun sebelum membeli Hyundai Getz 2004 atau produksi tahun-tahun lainnya, termasuk Getz 2 pintu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Pastikan Mesin Kering

Mengingat usianya yang tak muda, maka kondisi mesin adalah hal yang pertama kali harus diperhatikan. Pastikan kondisi mesin kering, tidak ada tetesan oli yang terlihat di sela-sela ruang mesin atau dari kolong mobil. Sebenarnya mesin Hyundai Getz 2004 atau yang veris facelift terkenal bandel jika pemilik sebelumnya rutin melakukan perawatan berkala. Jadi coba tanyakan dulu kepada penjual, apa saja komponen yang telah diganti, sebagai estimasi apa saja perbaikan yang wajib dilakukan setelah Anda memilikinya nanti.

2. Cek Kondisi Transmisi

Hyundai Getz yang masuk ke Indonesia sebagian besar menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Lalukan tes jalan sebelum membawa pulang unit Hyundai Getz yang diincar. Jika terasa perpindahan gigi menghentak, maka mungkin tanda-tanda kerusakan pada gearbox matic atau ECU mobil membaca hal yang abnormal pada transmisi. Kalau terdeteksi dini, kerusakan ini bisa diperbaiki, tapi kalau sudah akut, maka harus turun gearbox.

3. Periksa Kondisi Cat dan Bodi

Lagi-lagi soal faktor usia, sebelum membeli Hyundai Getz 2004 atau tahun-tahun lainnya, baik yang unit 4 pintu atau Hyundai Getz 2 pintu, perhatikan kondisi bodi. Periksa dengan seksama sambungan antar bagian bodi. Kalau ada jarang cukup renggang, boleh jadi bagian itu pernah diperbaiki. Cek juga cat pada sekitar ruang mesin, kalau terlihat mengkilap, hampir dipastikan bodi pernah mengalami cat ulang total. Sebenarnya tidak masalah asalkan perbaikannya rapih, tapi akan lebih memuaskan kalau Anda mencari yang kondisi catnya masih original.

>>> Jangan lupa klik disini untuk menemukan tips dan trik menarik dan bermanfaat lainnya

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Hyundai Rilis Kona Facelift 2021, Kini Ada Varian N Line

02/09/2020

Mobil baru

3 menit

Facelift Hyundai Kona 2021 diperkenalkan dengan model baru Hyundai Kona N Line yang baru diresmikan dengan mesin baru serta peningkatan fitur keselamatan.

Lihat juga

Hyundai Selidiki Keluhan Bau Menyengat dari Kabin Hyundai Palisade

29/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Hyundai sedang menyelidiki keluhan dari konsumen terkait bau menyengat yang disinyalir berasal dari kabin Hyundai Palisade yang baru saja diluncurkan Hyundai.

Lihat juga

Muncul NJKB Hyundai Palisade, Segera Masuk Indonesia?

28/08/2020

Mobil baru

4 menit

Berita menarik hadir dari Hyundai, pabrikan Korea Selatan itu akan memasukan Palisade ke Indonesia. Hal ini diyakini setelah NJKB SUV Besar tersebut terdaftar di situs Samsat.

Lihat juga

Ioniq Sekarang Jadi Sub-Merek Hyundai yang Berfokus di Segmen Mobil Listrik

10/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Pembuat mobil asal Korea akan meluncurkan tiga mobil listrik baru dalam tiga gaya tubuh di bawah merek baru Ioniq. Semuanya akan diperkenalkan secara bertahap.

Lihat juga

Spyshot Hyundai i30 N 2021 Beredar, Hot Hatchback Rival Golf GTI

06/08/2020

Mobil baru

3 menit

Diluncurkan Hyundai akhir tahun ini, spyshot i30 N 2021 beredar dengan bagian depan dan belakang masih dibalut kamuflase tebal. Menguatkan rumor tampilan baru di kedua sisi mobil.

Lihat juga
 
back to top