Meski Sudah Berumur, Ini Alasan Toyota Kijang Kapsul Bekas Masih Banyak yang Cari

16/01/2020

Jual beli

5 menit

Meski Sudah Berumur, Ini Alasan Toyota Kijang Kapsul Bekas Masih Banyak yang Cari
Usia Toyota Kijang Kapsul bekas sudah diatas 20 tahun, namun masih banyak peminat mobil ini. Harga mobil bekasnya pun terbilang bertahan dan perputarannya cepat. Apa alasan dibalik larisnya mobil ini?

Pasar mobil bekas memang terkadang unik. Tidak selamanya mobil bekas keluaran tahun muda yang dicari pembeli. Tetapi mobil-mobil yang sudah cukup "berumur" juga tak kalah sepi peminat. Contohnya saja unit Toyota Kijang.

>>> Pilihan Mobil Bekas Keluarga: Toyota Kijang Krista 2002 yang Melegenda

Setidaknya inilah yang diungkapkan Marno, pemilik showroom mobil bekas di kawasan Jakarta Selatan. Ia yang sudah puluhan tahun bergulat di industri mobil bekas menuturkan kalau jenis Toyota Kijang yang sering diburu pembeli adakan Kijang generasi keempat. Mobil yang diproduksi mulai dari 1997 ini sering dijuluki Kijang Kapsul.

Pembeli dari Luar Jakarta

Toyota Kijang tahun 1997

Kijang Kapsul yang selalu dicari pembeli

Marno menyebutkan kalau pembeli Toyota Kijang Kapsul bekas kebanyakan dari luar Jakarta. "Dari Tangerang, Depok, Bogor, ada juga yang dibawa ke kampung, ke Jawa," katanya. Sementara varian yang banyak dicari adalah tipe LGX dan SGX. "Atau kalau mau yang tua sedikit, tipe Grand Extra tahun 1995-an juga banyak yang cari," katanya.

>>> Promo mobil baru dengan harga menarik ada disini

Untuk varian Toyota Kijang tahun 1997 - 1999 masih menggunakan mesin 1800 cc karburator. Untuk produksi tahun 2000 ke atas barulah memakai sistem injeksi Electronic Fuel Injection (EFI). Pilihan mesinnya pun ada dua, yaitu 7K-E 1800 cc dan 1RZ-E 2000 cc. Sedangkan pilihan transmisinya ada manual dan otomatis.

Boros Tapi Laris Manis

Toyota Kijang tahun 2000

Mesin mudah perawatan dan suku cadang berlimpah alasan Kijang Kpasul selalu diminati

Untuk Toyota Kijang bermesin 2000 cc diungkapkan Marno tidak selaris tipe mesin 1800 cc. "Mungkin karena lebih boros, apalagi yang matik, yang mau gak terlalu banyak," katanya. Meskipun ia mengakui, dibanding mobil keluaran tahun muda, konsumsi bahan bakar Toyota Kijang tidak sebaik mobil-mobil saat ini.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

"Kalau dibanding Avanza, Xenia, Ayla memang lebih boros, tapi perawatan Kijang kan gampang banget," ucap dia. Dalam merawat mesin mobil ini, ungkapnya, tidak memerlukan teknisi khusus. "Hampir semua bengkel bisa, sparepartnya juga banyak, mau yang didaerah juga gak khawatir sparepart pasti ada," jelas Marno.

Kondisi inilah yang membuat Toyota Kijang Kapsul bekas menurutnya masih sangat diminati. Berdasarkan Situs Jual beli Mobil Online Terpercaya, Cintamobil.com, harga Toyota Kijang Kapsul produksi 1997 masih di rentang Rp50 juta - Rp75 juta tergantung kondisi. Sementara untuk yang lansiran tahun 2000 harganya antara Rp67 juta sampai Rp88 juta.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top