Menjual Mobil Bekas: Perhatikan Kebersihan dan Kerapian Kendaraan

10/08/2018

Jual beli
Share this post:
Menjual Mobil Bekas: Perhatikan Kebersihan dan Kerapian Kendaraan
Untuk menjual mobil bekas, tidak hanya bagian interior atau mesin yang harus diperhatikan. Membersihkan eksterior serta merapikan kendaraan bisa membuat mobil mudah terjual dengan harga yang lebih tinggi.

Manusia selalu tertarik dengan hal-hal yang rapi dan bersih. Sama halnya dalam hal jual beli, barang dagangan yang bersih dan kinclong bisa dipastikan lebih mudah dijual. Terlebih ketika menjual mobil, calon konsumen tidak hanya memperhatikan mesin serta komponen dalam kendaraan, tapi juga kerapian dan kebersihan. Banyak cara yang bisa dilakukan ketika menjual mobil bekas, diantaranya yaitu memberikan perawatan sebelum Anda tawarkan kepada pembeli.

1. Lakukan servis ringan

Sebagai penjual yang baik, seharusnya menghindarkan diri dari menjual barang-barang yang sudah rusak atau memiliki kekurangan tanpa dijelaskan kepada pembeli. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pastikan Anda melakukan servis ringan terhadap kendaraan yang ingin Anda jual. Dengan begitu, kendaraan akan lebih sehat dan memudahkan Anda untuk menjualnya.

Sebelum menjual mobil, perhatikan beberapa hal berikut,

  • Cek kondisi ban,
  • Kondisi dan bunyi rem ketika digunakan,
  • Cek kondisi lampu peringatan pada dasbor,
  • Bersihkan lampu depan,
  • Mengecek kondisi dan terangnya lampu depan.

​​Gambar yang menunjukan petugas yang sedang memeriksan bagian mesin mobil

Pastikan untuk melakukan perawatan ringan sebelum menjual mobil

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan informasi terpercaya hanya di Cintamobil.com

Anda bisa menaikan harga lebih tinggi ketika mobil yang ingin Anda jual memiliki tampilan yang bersih layaknya mobil baru. Bawalah ke bengkel untuk memeriksa semua kesalahan atau kerusakan yang mungkin dirasakan pengemudi ketika melakukan uji jalan mobil Anda.

2. Bersihkan eksterior mobil

Ketika Anda ingin menawarkan mobil, usahakan agar mobil terlihat lebih bersih dan mengkilap, apalagi untuk bagian luar atau eksterior. Mobil bekas yang bersih dan berkilau merupakan cara terbaik untuk mendapatkan pembeli potensial. Jangan takut untuk mengeluarkan sedikit uang untuk membersihkan mobil Anda.

>>> Dapatkan tips jual beli mobil paling lengkap hanya di Cintamobil.com

Gambar yang menunjukan seorang pekerja yang sedang membersihkan bagian eksterior mobil

Eksterior yang bersih mampu menarik pembeli lebih cepat

Untuk menambahkan harga serta membuat mobil cepat terjual, jangan ragu untuk membersihkan mobil hingga detail terkecil. Mulai dari kotoran hingga karat yang menggerogoti bodi mobil. Pertimbangkan melakukan langkah-langkah berikut untuk membersihkan mobil Anda,

  • Bersihkan semua kotoran yang menempel di bodi hingga bagian kolong kendaraan,
  • Jangan hanya membersihkan karpet mobil, pertimbangkan untuk mencuci atau menggantinya dengan yang baru.
  • Bersihkan cermin serta gagang pintu dari bekas-bekas sidik jari yang mengganggu
  • Bersihkan interior dan eksterior. Waxing merupakan salah satu cara tepat untuk membuat mobil lebih berkilau.
  • Gunakan pembersih roda yang tepat dan sikat ban untuk membuatnya bersinar.​

>>> Teknik mencuci mobil: dari atas atau dari bawah?

Gambar yang menunjukan bagian ban mobil yang sudah dibersihkan

Jangan lupa untuk membersihkan dan membuat ban berkilau sebelum dijual

Selain itu, untuk bodi serta eksterior lain, jangan sampai ada penyok serta suara-suara yang mengganggu ketika mobil sedang berjalan. Hal itu akan menyusahkan Anda ketika bertemu dengan calon pembeli yang ingin melakukan uji jalan.

Yang perlu diperhatikan ketika menjual mobil bekas adalah dengan memperhatikan semua komponen kendaraan. Salah satunya AC mobil yang sering dicek oleh calon pembeli. Karena itu, pastikan semua komponen kendaraan Anda berada dalam kondisi terbaik untuk membuat mobil terjual lebih mudah, bahkan bisa terjual dengan harga yang tinggi.

>>> Tips dan trik otomotif terpercaya bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top