Meningkatkan Harga Jual Mobil Bekas dengan Sertifikat Buy Back Guarantee

20/04/2018

Jual beli

3 menit

Share this post:
Meningkatkan Harga Jual Mobil Bekas dengan Sertifikat Buy Back Guarantee
Membeli mobil bekas bisa menjadi sebuah pertaruah, tapi menjual mobil bekas tergantung pengetahuan. Ada mobil yang mampu menjaga harga jual tapi banyak juga mobil dengan depresiasi tinggi. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan harga jual mobil bekas.

Banyak alasan dibalik jatuhnya harga jual mobil, seperti isu daya tahan, dijadikan sebagai angkutan umum hingga mitos yang tidak jelas. Orang-orang menjadi takut membeli mobil tertentu karena dalam beberapa keadaan akan sulit dijual. Bahkan, meningkatkan harga jual mobil bekas bisa jadi lebih susah.

Tapi jangan salah, ada banyak program yang bisa Anda ikuti untuk mendongkrak harga jual kembali, seperti Buy Back Guarantee (BBG). Program ini merupakan sebuah jaminan beli kembali dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) bagi pembeli mobil baru. Dengan program ini, konsumen tak perlu lagi khawatir dengan harga jual kembali mobil mereka.

Apa itu Buy Back Guarantee

Biasanya, program BBG ini dipakai untuk pembelian dan penjualan smartphone atau properti. Adanya jaminan produk yang dibeli tidak kehilangan nilai jual ketika dijual lagi membuat pelanggan merasa aman terhadap produk yang dijual.

Gambar yang menunjukan beberapa mobil yang sedang berada di dalam diler

Penjualan kembali menjadi salah satu masalah yang dimiliki pengemudi

Dari bidang otomotif, Hyundai merupakan salah satu pabrikan yang menerapkan program BBG ini. Program ini sudah diberlakukan sejak 2005 dan mencakup semua tipe model yang dijual seperti Avega, Atoz, H1 hingga Santa Fe. Jadi, setiap pembelian mobil baru, konsumen akan memperoleh setifikat jaminan beli kembali yang berlaku hingga tiga tahun.

>>> Baca juga 5 hal yang harus diingat ketika membeli mobil bekas

Sebagai contoh, jika pembeli akan menjual mobil pada tahun pertama dari pembelian, maka mobil akan dihargai 85% dari harga off-the-road-nya. Jika harga Hyundai Grand i10 off-the-road saat ini Rp. 170 Juta, maka konsumen bisa menjual mobil ini kembali senilai Rp. 144.5 Juta.

Gambar yang menunjukan mobil-mobil bekas yang sedang diparkir

Mobil bekas seringkali mengalami penurunan nilai jual kembali

Jika mobil sudah mengalami tahun kedua pemakaian, harga jual kembali akan menurun menjadi 75%. Begitupun jika mobil sudah lebih dari 2-3 tahun, harga jual kembali menjadi 70%. Tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti batasan kilometer, modifikasi komponen, perawatan rutin di bengkel resmi, maupun tidak digunakan untuk balapan.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

Program ini menunjkan kepercayaan diri Hyundai atas produk-produknya. Jongkie D. Sugiarto selaku Direktur PT. Hyundai Mobil Indonesia, menjelaskan, “Program ini bertujuan untuk menaikkan harga jual kembali sekaligus meningkatkan image Hyundai di Indonesia,”

Program ini juga dijadikan sebagai pendongkrak penjualan Hyundai dalam menjajakan mobil barunya. Tak jarang, salesperson Hyundai menunjukan sertifikat BBG yang dilampirkan bersama leaflet maupun price list yang disebar ke calon konsumen.

Gambar yang menunjukan mobil diler mobil dengan logo Hyundai

Hyundai menjadi salah satu produsen yang memberik Buy Back Guarantee

Bukan hanya Hyundai, ATPM lain juga sudah membuat program serupa beberapa tahun silam. Misalnya BMW yang memperkenalkan layanan ini pada 2007 untuk meningkatkan harga jual mobil bekas model 320i. Tapi hal berbeda dilakukan oleh KIA Mobil Indonesia yang menghentikan program ini karena dirasa tidak efektif dalam mendatangkan konsumen.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:

Berita lain

Ingin Menjual Mobil Bekas, Lebih Baik Tukar Tambah Atau Jual Sendiri?

07/01/2019

Jual beli

3 menit

Ada beberapa cara menjual mobil bekas. Bisa dengan cara tukar tambah (trade-in) atau jual sendiri. Namun mana yang lebih menguntungkan?

Lihat juga

Ini 10 Cara Mempertahankan Harga Jual Mobil Bekas

17/02/2019

Jual beli

3 menit

Namanya juga manusia, tentu saja ogah rugi, tidak terkecuali soal mobil bekas, maunya untung terus, nah berikut kami kasih 10 cara mempertahankan harga jual mobil bekas untuk Anda

Lihat juga

Awas! Ini Resiko Menjual Mobil Bekas Yang Masih Dalam Masa Kredit

30/03/2019

Jual beli

2 menit

Menjual mobil bekas yang masih dalam masa kredit bukan tidak mungkin dilakukan. Namun, langkah yang dilakukan lebih panjang dan sedikit lebih ribet dibandingkan mobil yang tidak dalam masa kredit. Awas, ini resiko menjual mobil bekas uang masih dalam masa kredit.

Lihat juga
 
back to top