Mengulik Keunggulan & Harga Suzuki XL7 2020

07/05/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Suzuki XL7 menjadi salah satu mobil LMPV keluaran Suzuki di tahun 2020. Apa saja kelebihannya dibandingkan dengan mobil lainnya?

Awal tahun 2020 lalu menjadi momen penting bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) karena mereka merilis mobil baru di pasar Indonesia sekaligus merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Mobil tersebut dinamai Suzuki XL7 yang terdiri dari 3 varian dan mengisi segmen low SUV. Kehadiran XL7 langsung dihadapkan dengan lawannya, seperti BR-V, Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios. Meski begitu, masih banyak orang yang belum paham kalau mobil ini masuk dalam golongan SUV bukan MPV. Yuk, gali lebih dalam lagi!

Suzuki XL7 2020 Hadir dengan 3 Varian

Tampak samping Suzuki XL7 orange

Mobil XL7 hadir dalam tiga varian

Perilisan mobil XL7 punya 3 varian, yaitu Alpha, Beta dan Zeta. Perbedaannya terletak pada fitur keamanan, interior, hingga eksterior meski tidak terlalu signifikan. Dimensinya 4.450 mm untuk panjang, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.710 mm. Platformnya juga serupa dengan Suzuki Ertiga. Walau terdapat kesamaan pada Suzuki Ertiga, spesifikasi XL7 cukup berbeda. 

>>> Modifikasi Digital Suzuki XL7, Bisa Jadi Inspirasi Nih!

Spesifikasi Mobil XL7 

Mesin mobil XL7 sendiri menggunakan K15B berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder dengan tenaga sebesar 102,7 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm pada putaran 4.000 rpm. Spesifikasi tersebut membuat mesin dari XL7 tidak jauh berbeda dengan Ertiga dan Carry. Meski begitu, pihak Suzuki mengklaim bahwa ada perbedaan setup pada mesin dan komponen lainnya. 

Tampilan Mesin Suzuki XL7

Mesin Suzuki XL 7 tak jauh berbeda dengan Ertiga

Mobil low SUV ini berkapasitas 7 penumpang. Bagian bumper depannya sudah tersedia fog lamp. Lampu depannya pun mengadopsi lampu LED dengan DRL berwarna putih, juga ada tambahan fitur auto ON. 

Bagian samping mobil terdapat spion yang telah dilengkapi dengan lampu sein dan memiliki fitur pelipat elektronik, terutama untuk varian Alpha dan Beta. Velg yang digunakan berukuran 16 inci dengan ukuran ban 195/60, begitu juga dengan ukuran ban cadangan yang diberikan. Bumper bawah bagian belakang beraksen krom dan memakai paduan LED pada varian Alpha dan Beta. Bumper belakang samping juga terdapat reflector. 

>>> Ini Lho Fungsi dan Cara Kerja Fitur Smart E-Mirror di Suzuki XL7

Fitur Istimewa dari XL7 

Mobil keluaran tahun 2020 ini menawarkan fitur spesial dan membuatnya sedikit lebih unggul dibanding mobil lain. Mulai dari sasis (platform), XL7 menggunakan Heartect yang mampu meningkatkan keamanan dengan bodi yang lebih ringan. Anda juga menjumpai fitur hill hold control yang dapat menahan rem saat berada di tanjakan. 

Tampilan Smart e-Mirror Suzuki XL7

Mengemudi jadi lenih aman dan nyaman dengan Smart e-Mirror

Mobil XL7 dibekali 2 airbag pada bagian depan. Struktur bodinya terbuat dari NVA dan Tect bodi. Fitur tersebut membuat platform lebih senyap dan bisa meredam kerusakan parah saat terjadi kecelakaan. Selain itu, XL7 disertai electronic brake distribution yang mencegah mobil agar tidak oversteer dan understeer. Remnya sudah menggunakan ABS. Untuk keamanan, XL7 menawarkan fitur berupa alarm, parkir sensor, dan lampu rem tambahan di bagian pintu belakang atas. 

Menariknya lagi, Anda dapat menemukan fitur Smart e-Mirror. Fitur tersebut merupakan kaca spion digital yang disertai dengan dua kamera. Smart e-Mirror bisa merekam kejadian sekitar mobil bagian depan maupun belakang. Anda dapat menggunakannya sebagai bukti rekaman, menghindari tilang di jalan raya, membuat kemampuan berkendara jadi meningkat, membantu pengemudi dalam berkendara, hingga menangkap momen menarik atau fenomenal. 

>>> Komparasi Suzuki XL7 vs Toyota Rush vs Mitsubishi Xpander Cross, Pertarungan Panas Mencari LSUV Terbaik

Perbedaan Varian Alpha, Beta, dan Zeta

Tampilan Suzuki XL7 hitam  orange

Perbedaan varian Suzuki XL 7 pada eksterior & interior

Pada varian Suzuki XL 7 Zeta, perbedaan bagian eksterior dengan Beta tidak terlalu signifikan. Bold LED Rear Lamp pada Beta sudah disertai light guides, sedangkan untuk Zeta masih belum. Sedangkan untuk Alpha, ada tambahan bold Two-tone color, door handle dan plat nomor beraksen chrome, rear upper spoiler, door visor, serta alpha emblem. 

Lanjut ke bagian interior, steering wheel pada Zeta hanya memiliki fitur Bluetooth Phone Connection. Sementara untuk Beta dan Alpha, telah disertai Switch Audio Control dan menggunakan bahan leather. Jika varian Zeta hanya memiliki satu center armrest, Beta dan Alpha juga memilikinya di bangku pertama dan bangku kedua. Power outlet juga ada di bangku pertama, kedua, dan ketiga untuk Beta dan Alpha. Sementara fitur Smart e-Mirror hanya ada di varian Suzuki XL 7 Alpha. 

Interior Suzuki XL7

Interior Suzuki XL7 tidak jauh berbeda dengan Ertiga. Perbedaannya hanya terletak pada tekstur jok. Material pembungkus jok juga masih memakai bahan fabric, bukan kulit. Bagian dasbornya juga memakai paduan karbon, sementara Ertiga dipadukan dengan aksen kayu. 

Harga Mobil Suzuki XL7 2020 

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli mobil XL7 berikut daftar harganya: 

Tipe

Harga

Suzuki XL7 Zeta 2020 MT

Rp230.000.000

Suzuki XL7 Zeta 2020 AT

Rp240.500.000

Suzuki XL7 Beta 2020 MT

Rp246.500.000

Suzuki XL7 Beta 2020 AT

Rp257.000.000

Suzuki XL7 Alpha 2020 MT

Rp256.500.000

Suzuki XL7 Alpha 2020 AT

Rp267.000.000

>>> Review Suzuki XL7 2020: Bukan Sekadar Ertiga Ganti Muka

Simulasi Cicilan Kredit Mobil XL7 2020

Tampak depan Suzuki XL7 abu abu

XL7 mendapatkan relaksasi PPnBM

Ada kabar baik bagi Anda pecinta mobil Suzuki yang berencana untuk beli XL7, karena per Maret 2021 lalu harga mobil ini mengalami penurunan cukup besar mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 14 juta lantaran relaksasi PPnBM sampai Mei 2020. Jika ditambah dengan diskon khusus dari dealer, maka uang muka dan angsuran kredit mobil ini jadi lebih menarik. 

Namun, biasanya untuk harga yang ditetapkan APM (Agen Pemegang Merek) memiliki perbedaan dari harga yang ditetapkan dealer. Untuk kredit mobil XL7 2020, Anda bisa memilih besaran DP antara 20% dan 25%. Namun, besaran DP sifatnya fleksibel, bergantung pada kemampuan konsumen dan hasil survei leasing. 

Untuk simulasi kredit mobil XL7 dari BCA Finance, untuk tipe Zeta MT dengan uang muka 20% dan tenor 5 tahun, maka besaran DP adalah sekitar Rp 46 jutaan dan cicilan sekitar Rp 4 jutaan setiap bulannya. 

Karakter MPV sukses dilepas ke mobil XL7. Ini bisa jadi pilihan yang cocok jika Anda ingin memiliki mobil SUV dengan fitur-fitur spesial dan unik namun harganya tetap terjangkau. Desain eksteriornya juga jauh lebih sporty dan gagah. Setelah menyimak ulasan tadi apakah Anda tertarik untuk memiliki MPV ini?

>>> Temukan review mobil lainnya hanya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Suzuki XL7?
Harga Suzuki XL7 berbeda tergantung dari tipenya. Namun, harganya dimulai dari Rp 230 juta.
Apa yang perlu disiapkan untuk cicil mobil Suzuki XL7?
Anda membutuhkan DP minimal 20% dan beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan oleh pihak dealer.
Apa kelebihan Suzuki XL7?
Ada beberapa kelebihan dari mobil ini, seperti Ground Clearance Tinggi, Fitur Lengkap, Smart E-Mirror Satu Satunya Di Kelasnya, Tersedia 3 Tipe Sesuai Kebutuhan.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top