Mengetahui Apakah Odometer Mobil Bekas Sudah Dimundurkan atau Diatur

18/04/2018

Jual beli

10 menit

Share this post:
Mengetahui Apakah Odometer Mobil Bekas Sudah Dimundurkan atau Diatur
Jarak tempuh biasanya menjadi salah satu parameter umum untuk membeli mobil bekas. Tapi, penjual mobil bekas biasanya menggunakan kesempatan ini untuk memanipulasi odometer. Lalu, bagaimana cara mengetahui odometer mobil bekas sudah dimundurkan atau masih asli?

Semakin besar angka odometer mobil bisa diartikan bahwa mobil tersebut memiliki masa pengendaraan yang lebih jah sehingga membuat komponen-komponen didalamnya lebih rentang mengalami kerusakan atau keausan. Karena itu, mengurangi odometer menjadi salah satu cara untuk menarik pembeli dan mengetahui apakah odometer mobil bekas sudah dimundurkan menjadi tantangan tersendiri bagi pembeli.

Bagi mobil bekas, pengendaraan 10.000 – 20.000 km per tahun merupakan salah satu batasan wajar. Lebih dari itu, mobil dianggap ‘lelah’ karena berlari lebih jauh dibandingkan mobil lain. Dengan begitu, mesin lebih sering dipakai dan akhirnya membuat mobil tersebut kurang diminati konsumen mobil bekas.

Menyetel odometer mobil bekas menjadi salah satu cara curang yang biasa dilakukan oleh oknum penjual mobil bekas untuk melariskan dagangannya. Mengurangi mobil yang sudah menempuh 70.000 km bisa disetel menjadi 20.000an km pada odometernya.

Gambar yang menunjukan odometer mobil yang sedang dimundurkan

Odometer mobil bekas sering dipermak untuk mendongkrak penjualan

Isu ini bahkan lebih rentan terjadi pada mobil-mobil kelas premium. Dengan asumsi mobil tersebut tidak sering digunakan sebagai kendaraan operasional serta status mobil premium yang identik dengan jarak tempuh rendah, mobil ini sering dijadikan bahan praktek pengurangan mileage.

Meskipun bagi mobil-mobil yang sering digunakan sebagai ‘mobil angkut’ seperti APV atau Avanza yang seringkali memiliki mileage yang tinggi, angka odometer yang lebih rendah tetap menjadi nilai plus tersendiri bagi konsumen.

>>> Baca juga 5 hal yang harus diingat ketika membeli mobil bekas

Bagi konsumen, cara paling mudah untuk memeriksa akurasi odometer pada mobil bekas adalah dengan berkonsultasi ke bengkel resmi ATPM. Contohnya bagi Toyota Camry keluaran 2002 yang diservis di Auto 2000, Anda bisa memeriksa apakan Camry tersebut benar menepuh jarak yang tertera pada odometer.

Gambar yang menunjukan odometer mobil yang sedang dibuka untuk dipermak

Mengatur odometer mobil bisa dilakukan dengan software atau manual

Tapi, tips berbeda harus dilakukan jika mobil tidak servis di bengkel resmi. Salah satu penjual mobil bekas di Jakarta Selatan, Novan, menjelaskan bagaimana cara mengamati tanda-tanda tersembunyi di dalam kabin untuk menebak keaslian odometer. Contohnya pada bagian jok pengemudi, rata-rata jok kulit yang dikendarai akan menunjukan keausan pada jarak tempuh 20.000 km.

Bagi mobil matik, kondisi pedal rem bisa menjadi salah satu acuan. Karakter transmisi matik cenderung membuat pengemudi lebih sering menginjak rem. Hal ini bisa membuat sisi pedal rem menipis akibat sering diinjak sepatu. Kondisi ini sering ditemui ketika mobil sudah menempuh 30.000 km atau lebih.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

Selain itu, Anda bisa mengamati keempat roda mobil. Mobil yang sudah berjarak tempuh 20.000 km sangat jarang memiliki ban baru. Dengan jarak segini, biasanya ban hanya menipis sedikit. Rata-rata ban mobil baru habis sekitar 35.000 sampai 40.000 km.

Berikut bagaimana menghindari terjebak dengan odometer yang sudah dimundurkan

Untuk menurunkan odometer mobil, penjual cukup me-reset, mengganti software atau chip seperti pada mobil Eropa terkini. Dengan kemudahan prakteknya, mengetahui apakah odometer mobil bekas sudah dimundurkan merupakan salah satu pengetahuan penting yang harus dimiliki ketika ingin membeli mobil bekas agar tidak terkecoh dengan harga mudah yang diberikan penjual.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:

Berita lain

5 Mobil Bekas 7-Seater Pilihan untuk Teman Mudik Tahun Ini

27/04/2018

Jual beli

10 menit

Dengan musim mudik yang tinggal beberapa bulan lagi, SUV menjadi salah satu kendaraan paling disukai untuk perjalanan jauh bersama keluarga. Deretan mobil bekas 7-seater pilihan ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang sedang mempersiapkan perjalanan mudik bersama keluarga.

Lihat juga

Cara Agar Mobil Bekas Tidak Boros Oli

23/06/2018

Perawatan dan service

10 menit

Salah satu isu utama mobil bekas adalah borosnya pemakaian oli. Berikut ini adalah cara agar mobil bekas tidak boros oli.

Lihat juga

Cocok Untuk Mejeng di Kampus, Pilihan Mobil Bekas Untuk Mahasiswa Dibawah Rp 200 Juta

07/10/2018

Jual beli

10 menit

Bagi beberapa kalangan mahasiswa, mobil pribadi dianggap sebagai transporter yang pas. Tidak hanya praktis menunjang aktifitas perkuliahan dan dipercaya lebih aman ketimbang transportasi umum, mobil juga bisa menjadi peningkat gengsi.

Lihat juga
 
back to top