Mengenal Wuling City Car yang Akan Masuk Indonesia

17/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Mengenal Wuling City Car yang Akan Masuk Indonesia
Wuling city car diprediksi merupaka sosok Baojun 310 yang ada di Beijing. Disebut-sebut mobil jenis small hatchback itu akan dijual harga Rp 150 jutaan.

Wuling Motors (Wuling) saat ini menjadi produsen Cina yang cukup mendapat perhatian masyarakat Indonesia. Selain menyodorkan banyak produk menarik dengan harga terjangkau, Wuling juga telah mendirikan pabrik perakitan unit dan gudang suku cadang di Bekasi, Jawa Barat.

Pertama kali Wuling menggebrak pasar otomotif dalam negeri dengan model Confero pada tahun 2017. Mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) tujuh penumpang ini menggegerkan publik karena menawarkan fitur yang jauh lebih lengkap dengan kabin lebih lapang dibanding kompetitornya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga.

Gebrakan kedua dari Wuling adalah meluncurkan Cortez yang masih dari jenis MPV 7 seater tapi dimensinya lebih besar dari Confero. Mobil ini pun diposisikan melawan Toyota Innova tapi dengan harga hampir setengah lebih murah dari Innova. Hanya saja fitur yang ditawarkan Wuling untuk Cortez jauh lebih lengkap, termasuk kehadiran sunroof yang tak pernah diterapkan Toyota pada Innova.

Selanjutnya Wuling lagi-lagi membuat kejutan dengan kehadiran Almaz. Kali ini segmen SUV (Sport Utility Vehicle) yang diguncang, lantaran fitur Wuling Almaz juga berlimpah, termasuk mesin dengan teknologi turbo dan sistem WIND. Yakni fitur perintah suara untuk mengaktifkan sejumlah fitur di mobil menggunakan bahasa Indonesia yang bukan cuma pertama di negara ini tapi juga pertama di dunia.

Ketiga model Wuling ini tentu saja sudah membuat merk Tiongkok itu disejajarkan dengan produsen Jepang di Indonesia. Tapi ada satu segmen yang belum dijamah Wuling, yaitu city car. Sejumlah sumber yang dihimpun Cintamobil.com memprediksi tentang Wuling city car yang juga akan dipasarkan di Tanah Air dalam waktu dekat.

>>> Mulai Dipasarkan, Harga Wuling Victory Tak Sampai Rp 300 Juta

City Car Wuling Direncanakan Rilis Tahun 2020

Baojun 310 Eksterior

Sosok Baojun 310 yang diprediksi merupakan wujud Wuling city car

Niat untuk kehadiran mobil city car Wuling ini sebenarnya pernah diisyaratkan petinggi Wuling saat 2017 silam. Kala itu Xu Feiyun sebagai Presiden Wuling Motors menyebut kalau pihaknya sedang mempersiapkan satu model lain dengan mesin lebih kecil dari Confero. Prediksi pun langsung tertuju pada sosok Baojun 310 di Cina.

Mobil ini memang berbentuk small hatchback yang dikembangkan secara independen oleh SAIC-GW-Wuling. Calon Wuling city car tersebut diperkenalkan di Beijing pada April 2016 dan mulai dipasarkan September 2016. Konfgurasinya hatchback 4 pintu dengan kapasitas 4-5 penumpang. Panjangnya 4.032 mm (milimeter), dengan lebar 1.672 mm, tinggi 1.440 mm dan memiliki jarak sumbu roda 2.550 mm.

Mesinnya berkapasitas 1.200 cc P-TEC yang dikombinasikan transmisi manual 5 percepatan. Mesin ini sanggup menghasilkan daya puncak sekitar 80 hp pada 5.600 rpm dengan torsi maksimum 116 Nm di 3.600-4.000 rpm. Desain eksterior dan interiornya terlihat modern, dan ruang kabinnya memiliki 18 tempat penyimpanan barang. Bahkan jok belakangnya bisa dilipat rata guna menciptakan ruang bagasi lebih lapang.

Kalau melihat spesiifikasi dari Baojun 310, rasanya city car dari Wuling ini memang cocok di Indonesia. Bahkan sempat diprediksi kalau Wuling city car tersebut dijadwalkan rilis tahun 2020. Namun mungkin karena pandemi Covid-19 yang melanda Cina dan Indonesia, rencana ini pun berubah.

>>> 10 Fitur Wuling Almaz Smart Enjoy yang Tidak Ada di SUV Rp 200 Jutaan

Fitur Wuling City Car Ini Setara Mobil yang Lebih Mahal

Baojun 310 Interior

Tampilan interior Baojun 310

Apabila benar Baojun 310 yang menjadi model Wuling city car untuk Indonesia, tentu tidak ada salahnya kita sedikit mengulas kelebihan yang tersimpan di mobil ini. Karena sempat digembar gemborkan kalau mobil tersebut ketika tiba di Indonesia maka harganya akan ada di kisaran Rp 120 juta sampai Rp 150 juta.

Dengan harga setara mobil LCGC terbaru itu, fitur yang ada di city car Wuling tersebut ternyata malah setara mobil dengan harga di atasnya. Antara lain untuk varian teratasnya sudah menggunakan jok depan dengan pengaturan elektrik. Kemudian sistem kuncinya juga sudah keyless entry, serta untuk menghidupkan dan mematikan mesin cukup dengan menekan tombol Start/Stop Engine.

Itu saja? Tahan dulu, karena city car Wuling 2020 bernama Baojun 310 ini juga punya fitur cruise control serta head unit model layar sentuh berukuran 8 inci. Fitur yang terdapat di head unit ini juga sudah lengkap termasuk keberadaan GPS navigasi dan kamera mundur.

Kemudian fitur keselamatannya juga patut diacungi jempol. Antara lain keberadaan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), serta 4 buah airbags. Fitur-fitur di mobil Wuling city car ini tentunya setara mobil harga Rp 200 juta ke atas di Indonesia.

>>> Review Wuling Confero STD 2017: Mobil Penumpang Wuling Paling Murah Dan Basic

Bersaing dengan Mobil LCGC di Indonesia

City Car Wuling

Jika ke Indonesia, city car Wuling ini bersaing di harga mobil LCGC

Dengan prediksi harga antara Rp 120 juta hingga Rp 150 juta, maka city car dari Wuling ini akan setara mobil-mobil LCGC (Low Cost Green Car). Diantaranya Daihatsu Ayla, Datsun GO, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon R, dan Toyota Agya. Apalagi mobil-mobil ini juga memiliki varian yang menggunakan mesin 1.200 cc.

Mari kita bandingkan harga Boujun 310 atau city car Wuing ini dengan harga LCGC di Indonesia. Untuk Daihatsu Ayla misalnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menawarkan Ayla dengan harga mulai dari Rp 102.150.000 sampai Rp 159.900.000. Kemudian Datsun GO harganya ada antara Rp 112.090.000 hingga Rp 160.490.000. Sementara Suzuki Wagon R harganya Rp 120.500.000 - Rp 151.000.000. Lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) mematok harga Agya mulai dari Rp 143.800.000 sampai Rp 169.290.000.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Wuling Hongguang Mini EV Banjir Pesanan, Sebulan Tembus 50.000 Unit!

25/08/2020

Mobil baru

3 menit

Sebulan lalu, tepatnya pada Chengdu Auto Show Wuling meluncurkan mobil listrik mungil Hongguang Mini EV yang sudah dipesan sebanyak 50.000 unit di China.

Lihat juga

Perbedaan Wuling Cortez CT Type S dengan Type C dan Type L

28/07/2020

Jual beli

5 menit

Ada beberapa perbedaan Wuling Cortez CT Type S dengan Cortez CT Type C dan Type L. Inilah yang membuat Type S menjadi Wuling Cortez paling murah saat ini.

Lihat juga

Wuling Kini Punya Cortez CT Type S 8-Seater

15/07/2020

Mobil baru

5 menit

Wuling kini menghadirkan Cortez CT Type S sebagai varian baru dari Wuling Cortez. Mobil ini menyasar konsumen fleet yang membutuhkan kendaraan operasional perusahaan.

Lihat juga

Lebih Detail dengan SUV Wuling Hong Guang X, Model Pertama Berbahasa Desain Ursa

25/07/2020

Mobil baru

3 menit

SUV Wuling Hong Guang X sukses diperkenalkan di pameran Chengdu Motor Show 2020. Model konsep ini menjadi model pertama yang menggunakan bahasa desain Ursa.

Lihat juga

Wuling Rilis MPV Hong Guang 1.2L yang Dibekali Pintu Geser

20/07/2020

Mobil baru

4 menit

Wuling baru-baru ini merilis MPV terbarunya yakni Hong Guang 1.2L di China. Mobil akan mengisi pasar komersial dan telah dibekali dengan fitur pintu geser.

Lihat juga