Mengenal Sejarah Toyota Corolla 2 Pintu Dijual di Seluruh Dunia

20/05/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Mengenal Sejarah Toyota Corolla 2 Pintu Dijual di Seluruh Dunia
Corolla 2 Pintu dijual Toyota untuk pasar negara-negara tertentu, sehingga populasinya tidak begitu banyak. Tak heran mobil-mobil ini jadi incaran para kolektor mobil klasik.

Corolla merupakan sedan paling laris dari Toyota. Selain itu Corolla juga model paling banyak tipe dan variannya yang pernah diproduksi oleh Toyota. Akibat terlalu banyak model yang diproduksi, penamaan dari Toyota Corolla pun bermacam-macam.

Penamaan varian keluarga Toyota Corolla bisa dilihat dari kodenya. Kode-kode ini menunjukkan tipe rangka, jenis bodi, jenis mesin, hingga generasinya. Misalnya untuk Toyota Corolla AE86. Huruf "A" menunjukkan kode mesin yang dipakai yaitu 4AG, lalu "E" menujukkan kode jenis mobil yakni Corolla, angka "8" berarti generasi Corolla kedelapan, dan "6" menunjuk pada jenis bodi.

Meski begitu ada beberapa tipe khusus dari Corolla yang kini banyak dicari sebagai barang koleksi. Diantaranya Toyota Corolla 2 pintu dijual dengan cara terbatas atau karena memang dahulu modelnya kurang diterima pasar. Nah apa saja model-model dari Toyota Corolla yang hanya memiliki 2 pintu? Simak penjelasan Cintamobil.com berikut ini.

1. Corolla KE15

Gambar menunjukkan sebuah mobil Corolla kode KE15 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Pertama kali Toyota memperkenalkan Corolla 2 pintu menggunakan kode KE15

Sejarah Corolla 2 pintu dijual di dunia oleh Toyota dimulai pada 1966. Saat itu Toyota memperkenalkan tiga varian Corolla, KE10 untuk yang tipe Sedan, KE15 untuk tipe Coupe 2 pintu, dan KE16 untuk yang model Wagon. Mesin yang dipakai berkode 2K berkapasitas 1100 cc.

Dua tahun berikutnya Toyota menggelontorkan facelift dari model ini yang kemudian diberi kode KE11 untuk Sedan, KE17 untuk Coupe dan KE18 untuk Wagon. Mesinnya juga diganti dengan kode 3K 1.200 cc.

>>> [INFOGRAFIK] Lain Lubuk Lain Ilalang, Ini Daftar Mobil Terlaris di Masing-Masing Negara

2. Corolla E20

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Corolla E20 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Pada generasi ini Toyota mulai memasarkan Corolla dengan banyak varian

Mulai 1971, Toyota menawarkan generasi terbaru dari Corolla yang diberi kode E20. Model ini muncul setelah Corolla mengalami sukses pada generasi pertamanya. Jika awalnya selain di Jepang, Toyota memasarkan Corolla hanya di Australia, maka sejak generasi kedua ini, target negara ekspor Corolla pun melonjak tajam termasuk juga Indonesia.

Tak heran akhirnya Toyota menyediakan berbagai tipe mesin untuk Corolla 20-series. Ada yang tetap pakai mesin 3K 1.200 cc, ada yang 3K-B yang memakai 2 karburator, mesin T 1.400 cc, mesin 2T 1.600 cc, serta mesin 2T-G DOHC 1.600 cc. Model bodi yang diproduksi juga ada Sedan, Coupe, Wagon, sampai 3 Doors.

>>> Jika Anda adalah orang yang suka mobil klasik, lihatlah koleksi Mobil Klasik Retro ini

3. Corolla E30

Gambar menunjukkan foto mobil Toyota Corolla E30

Populasinya di Indonesia juga cukup banyak

Penjualan Corolla di negara-negara lain di luar Jepang semakin melonjak manakala pada periode 1974-1975 krisis bahan bakar membuat banyak orang selektif dalam membeli mobil. Masyarakat khususnya di Eropa dan Amerika lebih memilih mobil yang hemat bahan bakar, dan Corolla dianggap memenuhi kebutuhan itu.

Karenanya model Corolla yang diproduksi Toyota pun semakin banyak. Tipe bodi yang diproduksi saat itu adalah Sedan, Hardtop Coupe, Wagon, Sprinter Sedan, Sprinter Sport Coupe, dan Liftback.Tipe Hardtop Coupe dan Sport Coupe sama-sama berjenis Corolla 2 pintu dijual Toyota.

>>> Review Toyota Corolla 1974: Simbol Mobil Orang Kaya Di Era 70-an

4. Corolla E70

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Corolla E70 dilihat dari sisi depan

Awalnya model liftback ini tidak begitu diminati pasar

Selain E30, tipe E70 juga merupakan Corolla yang paling banyak variannya. Ada Sedan 2 pintu, Coupe 2 pintu, Sedan 4 pintu, Hardtop Coupe. Liftback, Wagon, hingga Van. Mesin yang dipasang juga amat beragam, ada 4K 1.300 cc, 5K 1.500 cc, 2T 1.600 cc, 2T-G DOHC 1.600 cc, 2T-C 1.600 cc, dan 3T-C 1.800 cc.

Untuk Indonesia sendiri yang hadir mayoritas adalah Sedan dan menggunakan mesin 4K 1.300 cc yang dikenal dengan nama Corolla DX. Meski begitu, ada pula yang memasukkan varian Coupe dan Liftback. Namun karena peminatnya sepi maka mobil ini kurang laku di masanya. Meski begitu, sekarang Corolla 2 pintu dijual ini malah jadi incaran kolektor.

5. Corolla E80

Gambar menunjukkan gambar sebuah mobil Toyota Corolla E80 dilihat dari sisi depan

Sang legenda yang hingga kini masih diburu kolektor

Anda pasti kenal dengan Toyota Levin atau Trueno. Nah model Corolla 2 pintu ini merupakan generasi Corolla E80. Sayangnya model ini hanya dijual di Jepang, Amerika dan Australia. Untuk Indonesia sendiri Corolla generasi ini muncul dengan nama GL dan SE Saloon. Mesinnya pakai kode 2A dan 2E berkapasitas 1.300 cc.

>>> Simaklah tips dan trik jual beli mobil lainnya di sini

6. Corolla E90

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Corolla E90 dilihat dari sisi depan

Toyota Corolla E90

Mungkin inilah model Corolla 2 pintu dijual Toyota terakhir kalinya. Di rentang tahun 1988 hingga 1995, model Coupe muncul dalam kode AE92 yang dijual di Amerika selain tipe Sedan dan Liftback. Di Indonesia sendiri untuk generasi ini dikenal dengan sebutan Corolla Twincam namun cuma hadir dengan model Sedan.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Toyota Corolla Long Wheelbase 2021: Lebih Panjang Dan Mesin Lebih Canggih

07/05/2020

Mobil baru

3 menit

Seakan tak puas menggertak pasar mobil dunia dengan Toyota Yaris, kini Toyota Corolla Long Wheelbase 2021 disiapkan Toyota dengan mesin yang lebih canggih.

Lihat juga

Pilih Mobil Bekas Mid Sedan: Toyota Corolla Altis 2008 vs Honda Civic 2008

10/04/2019

Jual beli

2 menit

Kali ini yang akan Cintamobil.com bahas adalah mengenai Toyota corolla Altis 2008 vs Honda Civic 2008. Kedua mobil ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari mobil bekas mid sedan dengan budget tidak sampai Rp200 juta.

Lihat juga

Komparasi Baru Atau Bekas: Pilihan Sedan Harga Rp 400 Jutaan, Toyota Corolla Altis V 2019 vs Toyota Camry V 2017

17/09/2019

Jual beli

10 menit

Dengan uang 400 jutaan, Anda memiliki banyak sekali pilihan mobil dari berbagai segmen baik baru ataupun bekas. Termasuk sedan eksekutif, dua mobil yang akan kami bandingkan di sini adalah Toyota Corolla Altis V 2019 yang baru saja rilis, dan Toyota Camry V lansiran 2017. Mana lebih baik? Simak komparasi berikut ini.

Lihat juga

Preview Toyota Corolla Hatchback 2018

16/08/2018

Editor rate:

Mungkin di Indonesia, pasar sedan tidak begitu tinggi dibanding kategori Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV). Beda cerita dengan negara maju lainnya yang minat sedan masih dinilai cukup tinggi. Melihat potensi tersebut, Toyota menghadirkan versi baru dari Corolla yakni berbodi Hatchback. Bagaimana tampilannya? Mari kita simak preview Toyota Corolla Hatchback 2018.

Lihat juga

Toyota Corolla 2020: Harga mobil Toyota Corolla & Promo November

01/11/2020

Toyota

Di jajaran sedan, Toyota selaku perusahaan otomotif terkemuka, memiliki berbagai produk yang mampu unjuk gigi di pasar otomotif Indonesia seperti Toyota Camry, Toyota Corolla Altis dan Toyota Vios. Di kesempatan kali ini, Cintamobil.com akan membahas lebih mendetail kepada satu produk tersebut yakni Toyota Corolla. Jika melihat dari sejarahnya, mobil ini sudah pertama kali dirilis sejak tahun 1996 dan masih terus diberikan pembaharuan hingga kini. Kira-kira berapa harga Toyota Corolla ini?

Lihat juga
 
back to top