Mengenal Ragam Mobil Kecil Toyota yang Bukan Cuma Agya

16/09/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Mengenal Ragam Mobil Kecil Toyota yang Bukan Cuma Agya
Toyota memang perusahaan otomotif yang memproduksi banyak tipe mobil, mulai dari yang ukurannya kecil hingga truk, dari yang harganya murah, smapai yang mahal, dari yang menggunakan mesin di bawah 1.000 cc, smapai yang bertenaga hidrogen. Kali ini yang akan kami bahas adalah beberapa mobil kecil Toyota.

Toyota memang menjadi salah satu raksasa otomotif dunia. Hampir tidak ada negara di belahan bumi ini yang tak memasarkan produk-produk dari Toyota. Mengingat lineup model mobil Toyota amatlah lengkap, mulai dari mobil perkotaan, sedan, mobil keluarga, pickup, truk, sampai mobil sport dan mobil bertenaga hidrogen pun ada.

Namun kali ini Cintamobil.com akan membahas beberapa mobil kecil Toyota yang dipasarkan di sejumlah negara, atau setidaknya pernah dimunculkan dalam bentuk konsep. Karena ternyata mobil mini Toyota bukan cuma Agya yang selama ini kita kenal. Yuk simak ulasan berikut ini mengenai beberapa mobil kecil keluaran terbaru dari Toyota untuk menambah pengetahuan Anda tentang otomotif.

Inilah Mobil Toyota Kecil yang Pakai Teknologi Terbaru

Ada beberapa mobil Toyota yang kecil dan dipasarkan di sejumah negara seperti di Jepang atau Eropa. Mungkin karena satu atau alasan lain, mobil-mobil ini tidak dimasukkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) ke Indonesia. Walau begitu bukan berarti mobil-mobil tersebut jelek, karena ternyata di negara lain mobil Toyota kecil itu justru banyak dipakai.

Sejumlah daya pikat dari mobil kecil Toyota ini antara lain teknologi yang dipakai pada mobil tersebut. Misalnya menggunakan mesin yang efisien dalam pemakaian BBM (Bahan Bakar Minyak). Menggunakan teknologi berbagai sensor elektrik, atau bahkan kendaran tersebut digerakkan hanya memakai motor dan baterai listrik sehingga bisa lebih ramah lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa contoh mobil kecil Toyota yang dipasarkan di negara lain atau pernah dimunculkan dalam bentuk mobil konsep:

1. Aygo

Toyota Aygo dijual

Aygo cukup sukses di daratan Eropa

Kalau di Indonesia Toyota punya Agya sebagai mobil kecil keluaran terbaru, maka di negara lain ada Toyota Aygo. Mobil ini beredar di Eropa karena merupakan hasil kolaborasi Toyota dengan beberapa perusahaan otomotif di benua tersebut, antara lain dengan Citroen dan Peugeot. Tak heran desainnya sedikit mirip dengan Peugeot 107 maupun Citroen C1.

Mobil ini hanya punya panjang 3.465 mm (milimeter), lebar 1.615 mm, dan tinggi 1.460 mm. Sementara mesinnya berkapasitas 1.000 cc 3 silinder 1KR-FE yang dikombinasikan dengan transmisi manual. Beberapa teknologi modern sudah tersemat sebagai fitur standar dari mobil ini, diantaranya headunit dengan sistem Apple CarPlay.

>>> Daftar Harga Mobil Toyota Bekas Rp 100 Jutaan

2. iQ

Toyota iQ dijual

iQ juga sempat dipamerkan di Indonesia

Toyota juga sempat memproduksi mobil kecil lainnya yang bernama iQ. Sayangnya mobil ini hanya bertahan dari 2008 hingga 2015. Walau begitu Toyota iQ sempat dijual di Jepang, Eropa, dan Amerika. Bahkan pada 2013 hingga 2018, mobil ini berganti jubah menjadi Aston Martin Cygnet.

Ada tiga pilihan mesin yang dipakai pada Toyota iQ, yaitu mesin 1.000 cc 1KR-FE 3 silinder, mesin 1.300 cc 1NR-FE 4 silinder dan mesin diesel 1.400 cc 1ND-FTV 4 silinder. Mobil mungil ini lebih kecil daripada Agya karena hanya memiliki panjang 2.985 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.500 mm.

3. BEV

Toyota BEV concept

Pernah direncanakan untuk diproduksi pada awal 2020

Saat perhelatan Tokyo Motor Show 2019 sebelum pandemi Covid-19 melanda, Toyota sempat memperkenalkan mobil konsep berukuran mungil yang diberi nama Ultra-compact BEV (Battery Electric Vehicle). Mobil kecil Toyota ini dirancang untuk mereka yang membutuhkan moda transportasi pribadi demi menunjang aktifitas harian yang jarak antara rumah dan lokasi kegiatannya tidak terlalu jauh.

Mobil ini menggunakan motor dan baterai listrik yang sanggup bergerak hingga jarak 100 kilometer (km) dalam sekali isi ulang baterai. Mobil juga bisa melaju sampai kecepatan maksimum 60 km/jam. Awalnya mobil ini direncanakan masuk tahap produksi pada awal 2020, namun akibat Covid-19 rencana itu jadi menguap.

4. Concept-I Ride

Toyota Concept-I Ride

Mobil untuk para penyandang disabilitas

Mobil konsep lainnya yang juga pernah diperkenalkan Toyota dan memiliki dimensi mungil adalah Concept-I Ride. Mobil ini menggunakan mekanisme dua tempat duduk yang disusun berbaris dan bukaan pintu ke arah atas. Jok penumpang belakangnya bisa ditekuk demi menyimpan barang misalnya kursi roda.

Ini dikarenakan Toyota Concept-I Ride lebih ditujukan sebagai kendaraan bagi mereka penyandang disabilitas. Sumber tenaganya sendiri berasal dari baterai listrik yang dapat dipakai untuk berkendara hingga sejauh 150 km. Lagi-lagi, awalnya mobil ini direncanakan masuk produksi pada tahun 2020.

>>> Inilah Mobil Toyota Termahal yang Tak Sembarang Orang Bisa Membelinya

5. Yaris

Toyota Yaris Hybrid

Yaris generasi terbaru di Eropa kerap jadi mobil kecil yang direkomendasikan untuk dimiliki

Jika di Indonesia Toyota hanya melakukan minor change pada Yaris, maka di Eropa, yaris masuk dalam kategori mobil kecil Toyota. Generasi terbaru Yaris ini ada yang menggunakan meisn 1.500 cc 4 silinder berdaya 106 Hp dana da juga yang menggunakan mesin hybrid dengan tambahan motor listrik.

Mengingat dimensinya yang mungil, fitur yang disediakan cukup lengkap, serta memakai mesin yang efisiesn dalam penggunaan bahan bakar, beberapa kali Toyota Yaris terbaru ini masuk dalam rekomendasi mobil kecil terbaik di Eropa.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Rekomendasi Mobil Kecil untuk 4 Orang yang Murah

13/09/2020

Jual beli

8 menit

Ada beberapa konsumen yang mengincar mobil kecil untuk 4 orang demi kepentingan beberapa hal. Diantaranya sebagai mobil yang menunjang aktifitas karir mereka. Apa saja kira-kira mobil dari kategori ini?

Lihat juga

Hyundai i10 X : Pilihan Mobil Kecil, Ringkas dan Stylish Tapi Bukan LCGC

21/08/2019

Jual beli

5 menit

Hyundai Grand i10 X merupakan pilihan buat Anda yang mencari mobil mungil dengan desain stylish tapi bukan masuk kategori mobil LCGC. Harga yang ditawarkan pun cukup menarik dengan kemampuan yang dimilikinya.

Lihat juga

Jelang Mudik, Simak Tips Mengatur Barang Bawaan Dengan Mobil Kecil

11/05/2019

Pengemudian

Hari raya semakin dekat, musim pulang kampung makin tiba. Salah satu masalah yang kerap kita hadapi adalah sulitnya mengatur barang bawaan dengan mobil kecil, bagaimana cara mengakalinya?

Lihat juga

Daihatsu: Orang Indonesia Tak Suka Mobil Kecil

11/08/2018

Pasar mobil

Tiga mobil kecil Daihatsu di GIIAS 2018 bukan untuk dijual di Indonesia. Konsumen Indonesia dianggap tidak suka yang kecil-kecil. Benarkah?

Lihat juga

Review Toyota Agya TRD 2020: Tambah Fitur Dan Makin Sporty

Rp. 169.200.000

20/03/2020

Editor rate:

Tak ingin tertinggal dengan rival-rival sekelasnya, Toyota New Agya TRD 2020 ini menambah fiturnya dan tampil makin sporty, inilah Review Toyota Agya TRD 2020

Lihat juga