Mengenal 5 Mobil Sport Toyota 2 Pintu yang Legendaris

18/05/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Mengenal 5 Mobil Sport Toyota 2 Pintu yang Legendaris
Ada beberapa model mobil sport Toyota 2 pintu yang pernah diproduksi mulai tahun 1980-an hingga kini. Apa saja model-model sport Toyota yang legendaris tersebut?

Mobil-mobil sport 2 pintu memiliki kharismanya tersendiri. Mobil ini seakan dirancang secara emosional sehingga hanya diperuntukan bagi mereka car enthusiast sejati untuk menikmati waku luang bersama kendaraan kesayangannya tanpa diganggu orang lain.

Toyota sebagai produsen mobil raksasa dari Jepang juga punya ragam tipe mobil sport 2 pintu. Bahkan mobil-mobil ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu serta masih banyak diminati sampai saat ini.

Apa saja mobil sport Toyota 2 pintu yang legendaris dan terkenal sampai sekarang? Berikut 5 diantaranya pilihan Cintamobil.com

1. Toyota AE86

Toyota AE86 dijual

Kisah di film Initial D membuat mobil ini populer sampai sekarang jadi jadi incaran kolektor

Ngaku anak mobil sejati? Pasti sudah paham betul mobil yang satu ini. Yap, nama Toyota AE86 memang langsung naik daun ketika film animasi "Initial D" booming. Mobil ini dibekali mesin 4A-GE 4 silinder DOHC bekapasitas 1.587 cc dengan tenaga 130 PS dan torsi 132 Nm.

Yang menjadikan istimewa mobil yang sempat diproduksi periode 1983 hingga 1987 tersebut adalah kemampuan dijadikan mobil drift tanpa perlu ubahan yang ekstrim. Berbekal penggerak roda belakang yang kokoh, sosok yang tertampil dalam film animasi tersebut saja mobil ini dipakai dirfting menelusuri Gunung Akina di Jepang.

Meskipun dahulu mobil ini diproduksi cukup banyak, namun kini AE86 menjadi satu dari sekian banyak mobil legendaris incaran kolektor. Tak heran dalam kondisi istimewa, harga mobil ini melambung tinggi berkali-kali lipat dibanding ketika pertama kali diperkenalkan.

>>> Review Toyota Sprinter Trueno Hatchback 1983, Legenda Drift Dari Akina

2. Toyota Celica

Toyota Celica dijual

Menjadi mobil sport dari Toyota dengan populasi yang cukup masif dengan usia mencapai 36 tahun

Celica merupakan mobil sport Toyota yang diproduksi antara 1970 hingga 2006. Cukup lama usia mobil ini hingga memunculkan 7 generasi dengan populasi lebih dari 4,1 juta unit diseluruh dunia. Desainnya yang manis membuat mobil ini tak hanya diminati kaum pria, namun para wanita juga terpikat untuk memilikinya

Sebagai catatan, Toyota Celica juga pernah menjadi mobil balap World Rally Championship (WRC) dari tahun 1972 sampai 1986 menggunakan tipe yang berpenggerak roda belakang. Selanjutnya di ajang yang sama pada 1988 hingga 1997 digunakan pula Celica berpenggerak 4WD yakni Celica GT-Four. Bagi penggemar balap reli, mobil ini juga termasuk jadi barnag incaran untuk dikoleksi.

>>> Toyota Ingin Reinkarnasi Tiga Bersaudara Sports Car

3. Toyota Soarer

Toyota Soarer dijual

Awalnya diproduksi Toyota sebagai mobil sport mewah 2 pintu yang nyaman

Toyota juga pernah memiliki model sport 2 pintu yang cukup mewah, yakni Soarer. Mobil sport Toyota 2 pintu ini diproduksi antara 1981 hingga 2005. Ada banyak varian dari Toyota Soarer yang pernah diproduksi, hal itu lantaran mobil ini selain untuk konsumsi publik di Jepang juag diekspor ke berbagai benua lainnya.

Beberapa kelebihan mobil ini adalah desain yang terlihat mewah dan elegant, interior yang nyaman, pengendalian yang menyenangkan, serta mesin yang sudah menggunakan teknologi turbo sehingga tenaganya betul-betul melonjak. Namun sejak 2005, Toyota merasa untuk divisi mobil sport mewah lebih bijak dilakukan menggunakan merek Lexus sehingga akhirnya Soarer pun dihentikan produksinya.

>>> Review Lexus LFA 2011: Salah Satu Tonggak Sejarah Supercar Dunia

4. Toyota 86

Toyota 86 dijual

Banyak penggemar AE86 yang bernostalgia dengan Toyota 86 sehingga populasinya pun begitu banyak

Untuk mobil sport Toyota 2 pintu yang satu ini merupakan buah kolaborasi dengan Subaru untuk pertama kalinya di 2012. Karena itu tak heran mesinnya menggunakan tipe Boxer 4 silinder DOHC berkapasitas 1.998 cc yang sama persis dengan kepunyaan Subaru BRZ. Sayangnya populasi dan pamor kembarannya itu tak sebanyak 86. Bahkan ada yang mengejek jika BRZ adalah tiruan dari Toyota 86.

Sampai saat ini populasi Toyota 86 masih cukup masif dan kebanyakan sudah tersentuh oleh modifikasi baik itu dari sisi peningkatan performa atau mempermanis penampilannya. Banyak yang mengungkapkan, jika penggemar Toyota 86 adalah mereka yang ingin bernostalgia dengan AE86. Terlebih lagi meskipun masuk dalam kategori mobil sport, Toyota 86 masih cukup menyenangkan untuk digunakan sehari-hari.

>>> Review Toyota 86 2012: Lanjutan Kejayaan Toyota AE 86

5. Toyota Supra

Toyota Supra dijual

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual beli mobil yang berguna lainnya

Yap, pamungkas dari mobil sport Toyota 2 pintu yang paling populer dan begitu banyak diidamkan oleh para cat enthusiast adalah Toyota Supra. Perlu And aketahui, awalnya mobil ini lahir pada 1978 dan masuk dalam keluarga Toyota Celica namun sebagai varian termewah dan memakai mesin 6 silinder. Baru di 1986, Toyota merasa brand Supra harus berdiri sendiri menjadi lineup dari produk mereka.

Model paling tenar dari Toyota Supra adalah generasi keempatnya dimana model inilah yang memakai mesin legendaris Toyota, 2JZ-GE dan 2JZ-GTE Turbo. Sayangnya model ini harus berhenti di 2002 kemudian dialnjutkan dengan Toyota Supra generasi kelima yang sekarang juga dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). walau demikian, masih banyak yang mencari Toyot Supra generasi keempat untuk dijadikan mobil koleksi. Dan menariknya lagi, mesin dari mobil ini di pasar aftermarket laku keras!

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Terinspirasi Sang Legenda, Toyota Kenalkan 86 Black Limited

13/03/2020

Mobil baru

4 menit

Mengikuti jejak model legendaris Toyota AE86 Black Edition, Toyota memperkenalkan 86 Black Limited dengan aura yang sama seperti pendahulunya, dan hanya diproduksi 86 unit saja.

Lihat juga

Menurut Toyota, Generasi Terbaru 86 Akan Lebih Fun To Drive Ketimbang Supra

25/09/2019

Mobil baru

3 menit

Sudah tak sabar menunggu generasi terbaru dari Toyota 86 dan Subaru BRZ? Ini kabar terbarunya

Lihat juga

Toyota Supra GR 450, Modifikasi Tak Biasa Dari Manhart

16/04/2020

Perawatan dan service

4 menit

Paket modifikasi Toyota GR Supra A90 sudah banyak beredar di pasaran. Tak terkecuali dari beberapa tuner yang identik dengan mobil BMW, salah satunya Manhart.

Lihat juga

Review Toyota 86 2012: Lanjutan Kejayaan Toyota AE 86

25/06/2018

Editor rate:

Jika membeli McLaren atau mobil-mobil sport lainnya terlalu mahal, maka Anda dapat memilih Toyota 86. Mampu menghadirkan sensasi memiliki sports car tulen, tanpa perlu menguras kantong terlalu dalam. Kenapa? Simaklah review Toyota 86 2012 di bawah ini.

Lihat juga

Toyota GR Supra 2020: Daftar Harga mobil Toyota GR Supra terbaru Desember

01/12/2020

Toyota

Bulan Oktober menjadi pertanda bahwa mobil sportscar legendaris Toyota yaitu GR Supra 2019 sudah bisa dipesan dan dimiliki calon konsumen di Indonesia. Lalu berapa harga Toyota GR Supra secara resmi ditawarkan oleh Toyota?

Lihat juga
 
back to top